Fraksi Harga Saham: Pengertian, Fungsi, dan Manfaat

05 Oct 2021 by Laruan

Sobat Pintar tahu gak kalau fraksi harga saham merupakan hal yang sangat penting untuk kalian pahami saat bermain saham? 

Fraksi Harga Saham: Pengertian, Fungsi, dan Manfaat

Fraksi harga saham ini perlu kalian pahami sehingga ketika kalian hendak membeli saham di pasar modal tidak sembarangan saja. Jika Sobat Pintar memasukan order yang tidak sesuai dengan nilai fraksi saham, orderan Sobat Pintar akan ditolak oleh sistem otomatis mereka yang bernama Jakarta Automatic Trading System atau JATS.

Tidak usah berlama-lama lagi, yuk kita mulai saja pembahasan mengenai fraksi harga saham.

Apa Itu Fraksi Harga Saham?

Menurut Investopedia, fraksi harga saham adalah yang biasa disebut sebagai satu bagian penuh ekuitas (equity) itu disebut sebagai fraksi harga. Saham tersebut bisa merupakan hasil dari fraksi saham, dividend reinvestment plans (DRIPs) atau aksi korporasi serupa. Biasanya nih, saham fraksional tidak tersedia di kanal pasar saham, meskipun saham ini memiliki nilai bagi investor, fraksi saham ini terbilang sulit untuk dijual.

Apa Fungsi Fraksi Harga Saham?

Berdasarkan dari Bursa Efek Indonesia (BEI), fraksi harga saham adalah sebuah sistem yang berperan sebagai pedoman negosiasi perdagangan saham yang sesuai dengan harga sahamnya serta maksimal perubahan harganya. Biasanya fraksi saham tersebut sudah ditetapkan untuk menciptakan sebuah transaksi perdagangan yang efisien, teratur, dan transparan. Dengan begitu akan memudahkan dan menyederhanakan sistem transaksi harga saham. 

Coba kalian bayangkan, jika tidak ada fraksi harga saham, maka perubahan harga saham yang berawal dari $ (Dollar) akan menggunakan mata uang Rp. (rupiah) yang dimana kita tahu bahwa nilai terkecilnya adalah Rp.1. Jadi makin pusing deh melihat perubahan harga setiap detiknya.

Memahami Fraksi Saham

Fraksi Harga saham muncul dalam beberapa cara, seperti rencana reinvestasi dividen, fraksi harga saham, merger, dan akuisisi:

Dividend reinvestment plans (DRIPs)

Dividend reinvestment plans (DRIPs) sering membuat fraksi saham. Dividend reinvestment plans ini adalah rencana di mana perusahaan yang menawarkan dividen atau perusahaan pialang memungkinkan investor menggunakan pembayaran dividen untuk membeli lebih banyak saham yang sama. Karena jumlah ini disebut “drips” kembali ke pembelian lebih banyak saham, itu tidak terbatas pada seluruh saham. Menginvestasikan kembali distribusi keuntungan modal dan program rata-rata biaya dolar juga dapat menghasilkan fraksi harga saham.

Pembagian Saham

Pembagian saham tidak selalu menghasilkan jumlah saham yang genap. Pemecahan saham 3-untuk-2 akan menghasilkan tiga saham untuk setiap dua saham yang telah investor tersebut miliki, sehingga investor dengan jumlah saham ganjil akan mendapatkan bagian pecahan setelah pemecahan saham terjadi. Tiga bagian akan menjadi 4½, lima akan menjadi 7½, dan seterusnya.

Merger dan akuisisi

Merger dan akuisisi (M&As) juga dapat menciptakan pecahan saham karena perusahaan menggabungkan saham biasa baru menggunakan rasio yang telah ditentukan. Rasio sering menghasilkan pecahan saham bagi pemegang saham.

Beberapa perusahaan pialang atau broker akan membagi seluruh saham dengan sengaja sehingga mereka dapat menjual fraksi saham kepada klien. Pembagian saham ini biasanya paling sering dilakukan saat terjadi kenaikan pada saham-saham berharga tinggi seperti Amazon (AMZN) atau Alphabet, perusahaan induk Google (GOOGL). Berdasarkan kasus yang terjadi pada Maret 2020, AMZN menjual lebih dari $1.800 per saham, dan GOOGL menjual lebih dari $1.100 per saham.12 Fraksi harga saham seringkali dapat menjadi satu-satunya cara bagi setiap investor individu dapat membeli saham di perusahaan seperti itu.

Misalnya, seorang investor muda yang memiliki dana terbatas tertarik untuk membeli saham di Amazon. Dengan melakukan order minimal $1.000 untuk diinvestasikan, mereka tidak akan memiliki cukup uang untuk membeli seluruh saham, jadi mereka mungkin menemukan perusahaan pialang atau broker yang bersedia menjual sebagian kecil. Investor muda tersebut dapat menginvestasikan setengah uang yang mereka miliki di sepertiga saham Amazon. Sedangkan sisanya bisa mereka gunakan untuk berinvestasi pada saham dengan harga yang lebih rendah.

Fraksi Harga Saham

Satu-satunya cara untuk menjual fraksi harga saham adalah melalui perusahaan pialang besar, yang dapat menggabungkan mereka dengan pecahan saham lainnya sampai seluruh saham tercapai. Jika saat suatu periode saham yang hendak Sobat Pintar jual tidak memiliki permintaan yang tinggi di pasar perdagangan, menjual dengan metode fraksi harga saham akan memakan waktu yang lebih lama.

Tidak semua orang ingin memegang fraksi harga saham, terutama jika mereka berakhir dengannya karena alasan yang tidak disengaja seperti fraksi saham. Seorang investor mungkin memiliki 225 lembar saham XYZ dengan harga $12 per lembar. Setelah fraksi saham 3-untuk-2, mereka akan mendapatkan 337½ saham dengan harga $8 per saham. Jika ada permintaan yang tinggi untuk saham XYZ di pasar, mereka akan lebih mungkin menemukan perusahaan pialang yang bersedia mengambil sebagian kecil saham tersebut. Atau mereka dapat menemukan perusahaan pialang yang bersedia menjual setengah saham lagi sehingga jumlah total saham mereka menjadi 338.

Manfaat Fraksi Harga Saham 

Seperti namanya, fraksi harga saham berfungsi seperti namanya. Karena memiliki nilai pecahan kurang dari setengah bagian penuh, kalian bisa melakukan investasi dengan dana yang lebih kecil.

Sebagai contoh, pertimbangkan sebuah perusahaan dengan harga saham $1000. Dengan perdagangan saham fraksional, Anda dapat berinvestasi sesedikit $10 dan memiliki 1% saham.

Salah satu manfaat utama dari investasi fraksional adalah memungkinkan investor baru atau konservatif memasuki pasar dengan risiko terbatas. Tanpa saham pecahan, akan sulit bagi investor rata-rata untuk membangun portofolio dengan saham Tesla, Amazon, Netflix, atau Google, karena masing-masing akan menelan biaya ratusan dolar. Seorang investor India yang ingin memulai dengan mengatakan Rs. 1 lakh (US$1300), tidak akan mampu membeli keempat saham ini. Investasi fraksional telah memudahkan investor baru maupun berpengalaman untuk berinvestasi di saham favorit mereka.

Perhatikan bahwa Anda tidak mendapatkan hak suara atas fraksi saham yang Anda miliki. Anda masih memiliki hak suara untuk setiap saham yang Anda miliki di perusahaan yang sama. Dividen, bagaimanapun, didistribusikan secara proporsional ke bagian dari saham yang Anda miliki, dibulatkan ke bawah ke sen terdekat.

Mengapa Kamu Harus Membeli Fraksi Harga Saham?

Untuk berinvestasi dalam saham yang tidak dapat Anda beli

Fraksi saham dapat membantu Anda membangun portofolio yang Anda inginkan tetapi sebelumnya tidak mampu. Misalnya, jika sebuah saham diperdagangkan seharga $3.000 per saham — yang tidak pernah terdengar sebelumnya — Anda memerlukan setidaknya $3.000 hanya untuk menambahkannya ke portofolio Anda. Ingin membeli lebih dari satu saham? Anda harus membeli kelipatan $3.000 ($6.000 untuk dua saham, $9.000 untuk tiga saham, dan seterusnya). Jika Anda tidak memiliki banyak sisihkan, Anda harus mencari investasi lain.

Tapi ini tidak terjadi dengan saham fraksional. Perdagangan fraksional memungkinkan Anda membeli jumlah saham yang Anda mampu, apakah itu $5, $50, $500 atau $5.000.

Untuk membangun portofolio yang terdiversifikasi

Membangun portofolio yang terdiversifikasi dengan baik yang terdiri dari hanya beberapa saham dari masing-masing dapat membutuhkan puluhan ribu dolar dalam modal awal.

Misal, Sobat Pintar memiliki $6.000 untuk diinvestasikan. Dengan fraksi saham kalian dapat mengalokasikan dana tersebut ke perusahaan-perusahaan yang kalian inginkan. Jika itu 10%, maka kalian bisa menginvestasikan saham bernilai $600 di 10 perusahaan yang berbeda.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari investasi Anda

Jika Sobat Pintar rutin menginvestasikan dana setiap bulannya ke akun investasi, kecil kemungkinannya Sobat Pintar membeli jumlah saham yang sama persis setiap kontribusinya.

Menurut Michael Pappis, perencana keuangan bersertifikat dan CEO Amity Financial Planning di Pittsburgh, saham pecahan dapat mengatasi masalah ini.

“Rata-rata biaya dolar dengan saham pecahan memungkinkan Anda untuk menginvestasikan jumlah penuh uang tunai yang Anda masukkan ke akun investasi Anda setiap minggu atau setiap bulan,” kata Pappis. “Sedangkan tanpa pecahan saham, sebagian uang Anda mungkin telah disimpan dalam bentuk tunai sebelum cukup untuk membeli satu bagian penuh.”

Jadi jika Sobat Pintar menyumbang $100 per bulan dan saham yang diinvestasikan senilai $55, maka kalian hanya dapat membeli satu saham utuh. Tanpa adanya fraksi saham, kalian akan meninggalkan $45 dalam bentuk uang tunai yang tidak bisa kalian putar kembali.

Jadi itulah penjelasan mengenai Fraksi Harga saham yang wajib kalian ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
06 Oct 2021
mobile-closeKredit PintarDownload