Compound Interest Calculator, Simulasi Investasi Masa Depan

13 Sep 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 13 Sep 2022

Compound interest tak bisa terpisahkan dari menabung dan investasi. Namun, karena itu pula keberadaan compound interest calculator harus selalu diperhatikan. Agar investasi tetap dapat menghasilkan keuntungan sesuai harapan.

Compound Interest Calculator

Kalkulator bunga majemuk ini penting perannya dalam menghitung nilai masa depan investasi. Penggunanya hanya perlu memasukkan saldo awal, setoran bulanan, suku bunga, serta jumlah tahun kalkulator bunga majemuk ini akan menentukan jumlah akhirnya.

Baca Juga: Pengertian dan Rumus ROE, ROI dan ROA

Keberadaan kalkulator bunga majemuk atau bergulung, membuat penggunanya bisa menentukan sendiri tambahan dana investasi tiap bulan, persentase bunga berbunga, dan nilai akhir masa depan. Kalkulator ini memperoleh hasil berdasar akumulasi bunga yang diperoleh dari investasi. Bisa juga disebut dengan bunga menghasilkan bunga lagi.

Cara Menghitung Compound Interest Calculator

Compound interest calculator ini menjanjikan keuntungan lebih pasti. Oleh karena itu pula cara menghitung compound interest pun berbeda dengan single interest.

Berikut adalah cara menggunakan kalkulator bunga majemuk:

  1. Investasi awal : Nominal pada investasi awal sebelum efek bunga dilakukan, misalnya 20.000.000.
  2. Investasi Bulanan : Nominal dana investasi yang ditambahkan secara rutin tiap bulan, contohnya : 10.000.000. 
  3. Suku Bunga per Tahun (%) : Persentase suku bunga yang dimasukkan tanpa lambang persen, misalnya: 6. 
  4. Jangka Waktu (Tahun) : Jangka waktu yang ditentukan untuk berinvestasi dan menikmati keuntungan bunga dalam satuan tahun, contohnya: 2,8. 
  5. Future Value : Nilai uang yang diinvestasikan terus bertambah nilainya seiring lama tahun investasi.
  6. Bunga Keuntungan : Total nilai keuntungan yang diperoleh selama masa bunga berbunga dan jangka waktu yang berlaku.

Dari perhitungan rumus di atas pada nilai akhir masa depan yang diperoleh adalah Rp346.028.167. Namun, jumlah tersebut masih bisa bertambah semakin banyak. Tergantung dari seberapa cepat perputaran investasi tersebut.

Contohnya saja, jika dalam proses tersebut pihak peminjam melakukan pelunasan dalam hitungan minggu atau hari. Artinya imbal hasil yang diperoleh bisa dengan cepat pula akan diinvestasikan lagi. Sehingga, bunga pertahun yang dimiliki oleh investor pun akan bertambah semakin besar secara otomatis.

Baca Juga: Keuntungan, Resiko, Cara Membeli dan Arti Saham

Fungsi Kalkulator Bunga Majemuk

Compound Interest Calculator

Compound interest calculator atau bisa juga disebut dengan kalkulator bunga majemuk memiliki banyak fungsi. Bunga berbunga atau bunga majemuk adalah bunga yang akan kembali berbunga dari dana pokok yang diinvestasikan oleh investor.

Jadi bunga yang diinvestasikan tadi pun akan kembali menghasilkan bunga. Bisa juga dikatakan dengan pendapatan investor akan menghasilkan pendapatan lagi titik begitu seterusnya hingga keuntungan investor dalam investasi menjadi lebih maksimal.

  1. Bunga dari hasil compounding bisa diperoleh jika uang yang dihasilkan dalam investasi kembali menghasilkan keuntungan ketika diinvestasikan lagi
  2. Efek compounding dapat juga disebut sebagai salah satu cara paling mudah untuk memenuhi tujuan keuangan. Semakin cepat berinvestasi, semakin banyak kesempatan yang akan diperoleh investasi itu untuk menikmati efek compounding
  3. Efek compounding ini juga sering menjadi andalan investor karena pengaruhnya sangat signifikan terhadap tujuan keuangan seiring dengan berjalannya waktu
  4. Mengingat waktu adalah hal yang paling penting setiap orang dapat menikmati efek compounding jika mereka dapat memulai investasi lebih awal dibanding yang lain
  5. Semakin awal memulai investasi, semakin kuat pengaruh efek compounding ini terhadap keuntungan investor

Mengapa Memilih Bunga Majemuk? 

Formula compounding effect pada sejatinya tidak hanya mengutamakan nominal dana yang diinvestasikan. Namun, juga menitikberatkan pada waktu investasi. Intinya, semakin cepat berinvestasi, maka semakin besar pula peluang yang diperoleh untuk menikmati hasil compounding effect.

Compound Interest Calculator

Selain itu, investor juga disarankan untuk tidak memutus rantai compounding effect di pertengahan investasi. Pasalnya, langkah yang diambil itu akan mengurangi hasil investasi secara menyeluruh.

Baca Juga: Rekomendasi Saham Terbaik untuk Investasi

Sayangnya, ada banyak investor yang gagal mempertahankan rantai compounding karena banyak alasan. Salah satu alasan yang paling sering dilakukan adalah rasa bosan di mana investor merasa investasi berjalan sangat lambat. Sehingga mereka memutuskan untuk mencairkan dana sebelum akhir masa.

Secara menyeluruh, compounding effect ini akan sangat membantu investasi dalam memperoleh keuntungan berinvestasi. Tidak hanya itu, compounding effect juga dapat dijadikan senjata untuk mengalahkan inflasi yang terus mengurangi nilai mata uang. 

Jadi daripada menggunakan uang untuk hal kurang produktif atau dibiarkan saja di dalam tabungan yang terus mengalami pengurangan nilai karena inflasi dan biaya administrasi bank. Lebih baik membiarkannya tumbuh beberapa persen setiap tahun sebagai investasi. 

Apalagi mengingat compound interest ini adalah bentuk investasi dengan risiko minim bersifat jangka panjang, sehingga memungkinkan investor dapat memiliki rasa aman finansial untuk keuangan di masa yang akan datang.

Bagaimana Memanfaatkan Compound Interest Calculator 

Setelah mengetahui banyaknya keuntungan dari compound interest calculator ini, Anda tentu tertarik untuk mencobanya. Lalu, bagaimana cara memanfaatkan bunga majemuk? Berikut caranya:

1. Berinvestasi Sejak Dini 

Seperti lazimnya instrumen investasi lain, semakin cepat berinvestasi akan semakin baik. Pasalnya dapat mengumpulkan lebih banyak hasil dari bunga yang diperoleh. 

2. Berinvestasi Lebih Sering 

Semakin sering berinvestasi, akan memperoleh keuntungan yang lebih tinggi. Contohnya saja, berinvestasi setiap bulan, bukannya setiap enam bulan. Hasil yang diperoleh pun akan lebih banyak dibandingkan yang per enam bulan. 

3. Berinvestasi Lebih Lama 

Semakin lama jangka waktu investasi, semakin banyak hasil bunga majemuk yang akan diperoleh investor.

4. Dapatkan Pilihan Suku Bunga Kompetitif

Saat berinvestasi, gunakan formula kalkulator bunga majemuk. Semakin tinggi tingkat bunga tahunan, semakin baik hasil yang diperoleh.

5. Interval Penggabungan 

Semakin sering dilakukan penggabungan investasi semakin tinggi bunga yang didapat. Hal ini penting untuk diingat saat akan memilih produk investasi bagi investor baru.

Hal-hal yang Harus Diketahui Tentang Bunga Majemuk

Meski berinvestasi adalah cara yang paling mudah dan cepat untuk mencapai tujuan keuangan titik Masih banyak orang yang memiliki keyakinan bahwa investasi itu harus dilakukan dengan modal besar.

Keyakinan tersebut membuat orang beralasan bahwa harus mengumpulkan modal besar terlebih dulu. Hal tersebut pun akan semakin memperlambat proses investasi. Pasalnya, banyak yang berpikir bahwa mereka akan membutuhkan waktu panjang dan lama agar dapat mengumpulkan modal besar tersebut.

Namun kau masih sesungguhnya investasi dapat dimulai dengan modal kecil. Penghalang utama dalam memaksimalkan efek compounding interest calculator sebenarnya adalah waktu.

Waktu yang dimaksud di sini adalah waktu ketika memulai investasi tanpa harus menunggu modal besar terkumpul dulu. Seharusnya investasi dilakukan sejak dini untuk memperoleh bunga majemuk lebih besar.

Investasi yang dilakukan sejak dini akan terasa efek majemuknya untuk jangka panjang. Dengan kata lain semakin cepat seseorang investor memulai investasi. Semakin terasa efek compounding effect dalam investasi yang dilakukannya.

Jadi bagi para investor sebaiknya memahami compound interest calculator terlebih dulu. Agar dapat memperoleh keuntungan berlipat dari investasi jangka panjang yang dilakukannya. Jadi jangan takut berinvestasi, semakin cepat berinvestasi semakin banyak keuntungan yang diperoleh.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
13 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download