Cara Print Bolak Balik yang Bisa Dicoba, Lebih Hemat Kertas

29 Jun 2022 by Laruan, Last edit: 04 Jul 2022

Cara print bolak balik untuk suatu dokumen seringkali membuat seseorang merasa ribet. Padahal sebenarnya hanya belum tahu saja proses mudah dan gampang melakukannya.

Proses print bolak balik akan membantu lebih efisien dari sisi dana, pasalnya kertas yang digunakan akan lebih sedikit. Sehingga biaya cetak jadi makin hemat.

Mungkin untuk beberapa dokumen, proses print bolak balik tidak penting dilakukan. Karena memang mengharuskan satu lembar kertas hanya untuk satu halaman dokumen saja.

Namun, sebagian dokumen mengizinkan proses penggunaan satu lembar kertas untuk digunakan secara bolak balik. Nah, biar tidak membuang-buang dana untuk kertas print, yuk simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Panduan Lengkap HP Terbaik dari Semua Merek

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Menerapkan Cara Print Bolak Balik

Meminimalisir pemborosan kertas bisa Anda lakukan dengan cara memanfaatkan kedua sisinya untuk mencetak dokumen. Sebelum melakukan, ada hal yang perlu pengguna perhatikan untuk melakukan langkah tersebut.

Memperhatikan bagaimana kemampuan printer yang hendak Anda gunakan adalah faktor penting. Pasalnya tidak semua printer mendukung proses tersebut. Beberapa merk printer yang mendukungnya antara lain Canon, HP, Epson, dan Fuji Xerox.

Selain melihat dari segi merek, pengguna bisa menemukan beberapa informasi kemampuan printer dengan cara berikut ini.

1. Cek di Buku Panduan

Ketika membeli perangkat mesin printer, tentunya akan mendapatkan yang namanya buku panduan. Di dalamnya berisikan berbagai informasi terkait perangkat printer tersebut.

Mulai dari spesifikasi, cara penggunaan, tipe, dan banyak lagi lainnya. Dari situ pengguna bisa melihat apakah printer dapat mendukung untuk melakukan proses print bolak balik atau tidak.

2. Browsing di Internet

Langkah lainnya jika buku panduan sudah tidak ada, maka bisa melihatnya di internet. Silahkan browsing dengan mengunjungi situs resmi produk atau merek printer tersebut. Ketikkan merek dan serinya untuk melihat detail informasi.

3. Cek Langsung Microsoft Word

Cara mudah lainnya adalah mengecek melalui software Microsoft Word yang seringkali orang gunakan untuk membuat dokumen. Lantas bagaimana cara mengeceknya?

Tekan tombol print pada halaman dashboard Microsoft Word. Kemudian cari kotak ‘Printing’ dan lihat ‘Double Side’, ‘2 Sided’, atau ‘Duplex’. Cek bagian tersebut sebelum mencetak dokumen.

Pilih Sendiri Cara Print Bolak Balik Sesuai Kebutuhan

Mencetak dokumen dalam kertas tentunya akan membuat seseorang mengeluarkan biaya. Baik untuk kertas, tinta printer, atau bahkan jasa percetakan jika tidak memiliki print sendiri.

Untuk mengantisipasinya bisa menerapkan cara print bolak balik agar lebih hemat kertas. Mungkin tidak banyak yang tahu caranya, tapi sebenarnya cukup simpel dan praktis.

Setelah memperhatikan bahwa mesin printer mampu melakukannya, maka saatnya untuk eksekusi. Dokumen dalam bentuk PDF, Word, hingga Excel adalah yang paling banyak orang gunakan.

1. Cara Print Bolak Balik pada PDF

1. Otomatis

Apabila menggunakan dokumen dalam bentuk PDF, bisa menggunakan cara otomatis sebagai berikut.

  1. Pertama, buka file PDF yang hendak dicetak;
  2. Klik di bagian menu ‘File’ dan pilih ‘Print’;
  3. Setelah muncul tampilan, pada bagian menu ‘Booklet Subset’ silakan diganti menjadi ‘Both Sides’;
  4. Kemudian cari menu ‘Page Sizing & Handling’ kemudian klik ‘Booklet’;
  5. Ganti bagian tulisan pada menu ‘Booklet Subset’ ke ‘Both Sides’ dan tekan tombol ‘Print’. Tunggu beberapa saat karena proses mencetak sedang dimulai.

2. Manual

Proses lain yang bisa Anda lakukan untuk mencetak dokumen bolak balik dari file PDF adalah dengan langkah manual seperti berikut ini.

  1. Buka dokumen atau file PDF;
  2. Jika sudah muncul tampilan, maka bisa klik menu ‘File’ dan pilih ‘Print’;
  3. Masuk dalam tampilan halaman pengaturan mencetak, kemudian ubah pilihan ‘Odd or Even Pages’ menjadi ‘Odd Pages Only’;
  4. Jika sudah, silakan klik ‘Print’. Tunggu mesin mencetak halaman depan dokumen;
  5. Kalau sudah tercetak halaman depan, maka silakan membalik semua kertas dan memasukkan lagi ke box kertas;
  6. Sebelum proses cetak masuk kembali ke menu ‘Print’, dan ubah bagian ‘Odd or Even Pages’ ke ‘Even Pages Only’;
  7. Lanjutkan dengan mengklik kembali ‘Print’ dan tunggu mesin mencetak halaman dokumen tersebut.

Langkah manual terkesan lama dan ribet karena tidak bisa langsung saat mencetaknya. Tapi tidak jadi masalah, bisa jadi solusi alternatif ketika printer Anda tidak memiliki kemampuan cetak bolak balik.

Baca juga: Cara Mudah Mengetahui Rute Transjakarta

2. Cara Print Bolak Balik di Microsoft Word

Sama dengan bentuk PDF, dokumen pada Microsoft Word juga bisa Anda cetak bolak balik dengan beberapa cara. Yakni metode manual, otomatis, dan bisa pakai ganjil genap.

1. Manual

Langkah pencetakan dokumen bolak balik dengan metode manual bisa diaplikasikan untuk mesin printer yang tidak fiturnya tidak mendukung proses otomatis.

Meskipun lebih rumit dan lama, namun tidak jadi masalah. Berikut langkah-langkah yang bisa pengguna lakukan.

  1. Buka file pada Microsoft Word, kemudian klik menu ‘File’ dan pilih ‘Print’;
  2. Setelah muncul halaman, pada bagian ‘Setting dan Pages’ silahkan ubah pengaturannya. Klik ‘Manually Print on Both Sides’;
  3. Jika sudah, tekan tombol ‘Print’ dan tunggu mesin melakukan proses pencetakan.

Setelah semuanya pada satu sisi bagian kertas selesai tercetak akan muncul perintah membalikkan kertas. Ikuti perintah tersebut dengan membalik bagian kosong kertas.

Kemudian mesin akan melakukan pencetakan pada tahapan kedua untuk mengisi halaman kosong tersebut.

Dalam melakukan proses manual ini, kuncinya adalah memastikan bahwa pada tahap pertama mesin tidak mencetak halaman kedua pada kertas nomor dua.

Begitu juga saat tahapan kedua pastikan cetakan pertama adalah sisi belakang halaman dua dari file Anda.

2. Otomatis

Apabila memiliki printer yang sudah mumpuni untuk melakukan cara print bolak balik, maka bisa menggunakan langkah otomatis. Tidak butuh banyak pengaturan, karena mesin sudah menyelesaikannya sendiri.

  1. Buka dokumen yang hendak Anda cetak bolak balik pada Microsoft Word;
  2. Klik menu ‘File’ dan pilih tulisan ‘Print’ atau memakai shortcut di keyboard dengan menekan ‘Ctrl + P’;
  3. Kemudian setelah muncul halaman, Anda bisa fokus ke menu ‘Setting’. Di bagian bawah ada ‘Pages’ dan pastikan pilihannya adalah ‘Print on Both Sides’;
  4. Setelah beres, maka klik tombol ‘Print’ di bagian bawah. Tunggu beberapa saat, mesin akan memulai mencetak dokumen secara otomatis bolak balik.

3. Metode Ganjil Genap

Metode lainnya untuk mencetak dokumen secara bolak balik pada Microsoft Word adalah dengan menerapkan halaman ganjil genap. Prosesnya hampir sama dengan langkah manual dan bisa membantu ketika kemampuan printer tidak mendukung.

  1. Buka dokumen Microsoft Word;
  2. Lakukan perubahan pada bagan ‘Setting’ dengan mengganti ke ‘Only Print Odd Pages’;
  3. Klik ‘Print’, tunggu proses pencetakan selesai;
  4. Balik semua kertas dan masukkan lagi ke tempat kertas di mesin printer;
  5. Buka lagi file Microsoft Word yang sama, masuk ke pengaturan ‘Print’ menjadi ‘Only Print Even Pages’;
  6. Klik tombol ‘Print’ dan tunggu mesin melakukan proses cetak sampai selesai.

Baca juga: Ini Cara Mengedit Background Foto yang Mudah

Nah, itulah beberapa cara print bolak balik yang bisa Anda terapkan pada dokumen dalam bentuk Word dan PDF. Semoga membantu untuk bisa lebih hemat kertas dan tentunya biaya operasional.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
04 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download