Cara Mudah Mengetahui Rute Transjakarta

14 Jun 2022 by Laruan, Last edit: 20 Jun 2022

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, transjakarta adalah transportasi yang sangat memudahkan mobilitas. Mengetahui rute transjakarta adalah hal yang wajib untuk diketahui, khususnya bagi Anda yang masih baru di ibu kota.

PT Transportasi Jakarta – SMART Mobility for SMART City

Bagi orang yang masih baru di Jakarta, mengetahui rute bukan sesuatu yang mudah. Ini dikarenakan transjakarta memiliki rute yang begitu banyak. Tapi jangan khawatir karena ada cara mudah untuk mengetahui jalur transjakarta ini.

Bagaimana cara mengetahui rute dan jalur transjakarta ini? Yuk simak penjelasan lebih lengkapnya mengenai cara mengetahui rute lengkap beserta informasi halte transjakarta, jalur transjakarta, transjakarta rute, dan juga peta transjakarta.

Baca Juga: Rute MRT dan Informasi Lainnya yang Penting

Cara Mudah Mengetahui Rute Transjakarta

Sebelum bepergian menggunakan bis, Anda disarankan untuk mengetahui terlebih dahulu Rute TransJakarta agar tidak kebingungan saat di Jalan nanti. 

Cara mengetahui rute transjakarta melalui Google Map

Untuk memudahkan masyarakat Jakarta, Transjakarta bekerjasama dengan Google Maps menghadirkan sebuah fitur canggih. Fitur tersebut bernama Google Maps Transit, di dalamnya Anda bisa mengetahui kapan Bus tiba di lokasi, menarik bukan?

Anda bisa mencoba fitur tersebut dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Google Maps yang ada di smartphone Anda.
  • Pada kolom rute, masukkan tujuan perjalanannya lalu tekan ikon berwarna biru sebagai simbol angkutan umum seperti kereta dan bus di pojok kanan bawah. 
  • Nantinya akan muncul beberapa pilihan rute perjalanan, untuk TransJakarta muncul dengan logo TransJakarta berwarna biru dilengkapi dengan nomor koridor, waktu tempuh dan biayanya. 
  • Klik rute yang menjadi tujuan Anda bepergian, klik lagi nama halte tempat Anda menunggu Bus-nya. 
  • Terakhir, Google Maps akan menunjukkan estimasi waktu kedatangan bus yang Anda tunggu. 

Sebagai informasi tambahan, Anda bisa mengetahui posisi bus TransJakarta secara real-time, klik kembali kolom pilihan bus yang menunjukkan waktu kedatangan dengan warna hijau. Bahkan di fitur tersebut Anda bisa mengetahui TransJakarta sedang di perjalanan. 

Cara Mengetahui Rute Transjakarta melalui Website Resmi

Selain menggunakan google maps, Anda bisa mengetahui posisi TransJakarta secara real time dari website resminya. Meskipun belum sampai di halte TransJakarta, Anda bisa mengetahui sedang dimanakah bus tersebut. 

Nama website resminya adalah smartcityjakarta.com, Anda tak perlu menginstall aplikasi apapun di perangkat smartphone. Cukup buka browser dan kunjungi situs tersebut dengan sangat mudah. 

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui di dalam website tersebut, di antaranya:

  • Pin warna merah melambangkan posisi shelter atau halte TransJakarta. 
  • Pin biru menyajikan informasi di koridor mana Bus tersebut beroperasi, nomor operasi, kecepatan Bus, TransJakarta, dan informasi tanggal saat ini. 
  • Sedangkan Pin Merah akan memberikan informasi nama halte TransJakarta, dengan begitu bisa mempermudah mencari tujuan Anda.

Fasilitas yang tersedia pada website resmi smartcityjakarta.com benar-benar memberikan informasi yang real time. Fitur tersebut tentunya sangat memaksimalkan perangkat GPS yang terpasang di setiap Bus, informasi yang tersedia bisa seakurat mungkin. 

Cara Mengetahui Rute Transjakarta melalui Trafi Jakarta

Trafi merupakan aplikasi yang bisa Anda install di smartphone dan bisa memberitahu Anda mengenai transportasi umum apa yang bisa digunakan untuk menuju ke suatu tempat. Fungsi Trafi mirip dengan Google Maps, bedanya Trafi bisa menyarankan Anda untuk menggunakan salah satu jenis transportasi umum.

Setelah menginstall Trafi pada Smartphone Anda, cobalah untuk masuk ke aplikasi tersebut:

  • Tulis lokasi tujuan dan lokasi saat Anda berada, lalu akan muncul berbagai pilihan alternatif jalur dan transportasi umum lengkap dengan estimasi waktu perjalanan, termasuk jalur TransJakarta.
  • Anda juga bisa mengetahui rute perjalanannya kemana saja melalui fitur rute perjalanan. Ada juga transportasi umum lainnya seperti Commuter Line, Bus, Kopaja hingga Angkot. 
  • Pada aplikasi Trafi juga Anda bisa menggunakan akses live location setiap bus, dengan begitu bisa tahu posisi TransJakarta sedang berada dimana sehingga tak perlu melihat peta transjakarta juga.
  • Di Trafi juga ada live updates yang memungkinkan penggunanya untuk share info perjalanan ke pengguna lain atau bisa juga bertanya ke pengguna lainnya. 

Kelebihan dari aplikasi yang satu ini bisa memberikan informasi akurat dimana jalan yang sedang macet atau sedang diperbaiki. Anda bisa dengan cepat mendapatkan informasi rute mana yang bisa diambil agar tidak terjebak macet. 

Aplikasi Trafi sudah tersedia di Google Play dan App Store, di Indonesia sendiri baru bisa digunakan di Jakarta saja. 

Anda yang berasal dari Daerah bisa menggunakan Trafi ketika berkunjung ke Jakarta agar mengetahui rute dan transportasi umum yang bisa Anda gunakan. Dengan begitu bisa mengetahui posisi saat mengantri di halte dan mengetahui juga posisi Bus TransJakarta-nya dimana. 

Baca Juga: Tarif MRT: Apakah Bikin Hemat Biaya Transportasi?

Rute Transjakarta Paling Mudah Ditemukan

Transjakarta – PT Transportasi Jakarta

Rute Transjakarta 01 Blok M – Kota

Peta transjakarta per rute pertama adalah 01 Blok M – Kota. Transjakarta ini merupakan bus dengan nomor bus 01 dengan rute Blok M – Kota. Berikut informasi lengkap transjakarta rute 01 Blok M – Kota:

  1. 1A: Pantai Maju – Balai Kota
  2. 1B: St. Pal Merah – Tosari
  3. 1C: Blok M – Pesanggrahan
  4. 1E: Pondok Labu – Blok M
  5. 1F: Stasiun Pal Merah – Bundaran Senayan
  6. 1H: Stasiun Tanah Abang – Stasiun Gondangdia
  7. 1M: Meruya – Blok M
  8. 1N: Tanah Abang – Blok M
  9. 1P: Senen – Bundaran Senayan
  10. 1Q: Rempoa – Blok M
  11. 1R: Senen – Tanah Abang
  12. 1V: Lebak Bulus – Bundaran HI
  13. Shuttle 1: Shuttle bus koridor 1 selama revitalisasi halte.

Rute Transjakarta 02 Pulogadung – Harmoni Central

Kedua adalah 02 dengan rute Pulogadung – Harmoni Central. Berikut informasi lengkap rute beserta nama halte transjakarta untuk pemberhentian:

  1. 2A: Pulogadung – Rawa Buaya
  2. 2B: Harapan Indah – ASMI
  3. 2D: Kalideres – ASMI
  4. 2E: Rusun Rawa Bebek – Pakin
  5. 2K: JGC – Harapan Indah
  6. 2P: Gondangdia – Senen
  7. 2Q: Gondangdia – Balai Kota

Rute TransJakarta 03 Kalideres – Juanda

Untuk rute yang ketiga ada jalur Kalideres – Juanda, berikut ini informasi lengkap rute TransJakarta serta nama halte TransJakarta-nya. 

3A : Rusun Daan Mogot – Kalideres 

3B : Rusun Flamboyan – Kalideres

3C : Rusun Kapuk Muara – Kalideres 

3D : Penjaringan – Rawa Buaya 

3E : Sentraland Cengkareng – Puri Kembangan 

3F : Kalideres – Gelora Bung Karno 

3X : Pasar Baru 1 – Pecenongan

Rute TransJakarta 04 Pulogadung – Duku Atas

Mulai Hari Ini hingga 8 Januari Jadwal Operasional Transjakarta Berubah!  Catat Jamnya - Ayo Jakarta

Ada juga rute Pulogadung – Dukuh Atas, barangkali Anda memiliki tujuan ke beberapa daerah di Jakarta seperti di bawah ini maka bisa menggunakan halte TransJakarta berikut ini.

4A : TU Gas – Grogol 2 

4B : St. Manggarai – Universitas Indonesia 

4C : Bundaran Senayan – TU Gas 

4D : TU Gas – Departemen Kesehatan 

4F : Pondok Gede – Pulo Gadung 

4H : Pulogadung 2 – Ragunan 

4K : Pulogadung 2 – Blok M 

4M : Pulogadung – Kota

Jalan-jalan di Jakarta menggunakan bus TransJakarta bisa menjadi solusi yang murah ketika liburan. Tarifnya juga terjangkau oleh semua kalangan sehingga Anda bisa berkeliling Kota Jakarta menggunakan TransJakarta. 

Halte Pulogadung sudah memberlakukan e-tiket yakni menggunakan kartu untuk proses transaksinya. Jadi bagi Anda yang tidak memiliki e-tiket sebaiknya jangan masuk ke halte Pulogadung atau membeli e-tiket terlebih dahulu ya!

Rute yang sudah lengkap membuat semua orang bisa menggunakan TransJakarta untuk mendukung mobilitas sehari-hari. Apalagi kemacetan Jakarta bisa Anda hindari dengan naik Bus TransJakarta ini. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Baca Juga: Kenaikan Tarif KRL Yeay or Nay? Simak Di Sini

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Jun 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download