Akan Segera Dibuka, Berikut Formasi dan Syarat Pendaftaran CPNS 2021

10 May 2021 by kreditpintar
cpns 2021

CPNS 2021 tidak lama lagi akan dibuka kembali. PNS memang menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diinginkan oleh orang indonesia. Jutaan orang selalu menunggu momen CPNS dan akan berlomba-lomba mendaftar. Hal ini membuktikan bahwa pekerjaan sebagai PNS masih menjadi salah satu primadona. Banyak yang mengidam-idamkan pekerjaan ini. Salah satu alasan terkuatnya adalah jaminan gaji yang bisa menjamin kesejahteraan PNS tersebut sampai tua. 

Selain jaminan pensiun dan gaji yang cukup, gajian ASN dalam setahun juga mencapai 14 kali dan banyak tunjangan kinerja ataupun profesi. Biasanya tunjangan diberikan berbarengan dengan gaji pokok tiap bulannya. Jaminan kesehatan juga tersedia ketika Sobat Pintar menjadi PNS. Tak hanya Sobat Pintar, keluarga Sobat Pintar juga akan mendapatkan keuntungan jaminan kesehatan baik melalui BPJS ketenagakerjaan maupun BPJS kesehatan.

Penting untuk memperhatikan persyaratannya

Sebelum Sobat Pintar mendaftar CPNS 2021, Sobat Pintar perlu memperhatikan dengan benar syarat untuk mendaftar yang telah tertulis di beberapa kementerian yang memang membuka lowongan atau formasi CPNS. Setiap kementerian memiliki syarat yang berbeda-beda. Pastikan Sobat Pintar membaca dengan seksama kualifikasi lulusan umur dan juga syarat administrasi lainnya. Salah satu persyaratan saja bisa berakibat fatal. 

Waktu pendaftaran

Pemerintah melalui kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi atau yang biasa disingkat dengan KEMENPAN-RB memastikan akan diadakan pendaftaran CPNS 2021 di bulan Mei. Pembukaan tahun ini sempat mengalami penundaan yang harusnya dijadwalkan bulan Maret. Namun mundur di bulan Mei karena pemerintah sebelumnya focus pada penanganan wabah corona. Beberapa instansi baik daerah maupun pusat sudah memberikan beberapa daftar usulan informasi ke kementerian terkait oleh karena itu bulan Mei ini akan segera dibuka. 

Satu Portal

Tahun ini pendaftaran CPNS hanya akan menggunakan satu portal yaitu sistem seleksi calon ASN atau sscasn.bkn.go.id. Sebelum dibuka pendaftaran pemerintah berharap para calon pendaftar CPNS pada tahun ini untuk menyiapkan dokumen berupa KK, KTP transkrip nilai dan pas foto ijazah serta dokumen pendukung lainnya sesuai dengan kementerian yang akan dilamar seperti SKCK. 

Syarat pendaftaran

Selain dokumen yang harus dipersiapkan, Sobat Pintar juga perlu mengikuti beberapa syarat pendaftaran CPNS 2021 

  • Sobat Pintar harus memastikan usia Sobat Pintar minimal 18 tahun dan 35 tahun maksimal namun di beberapa formasi tertentu memiliki batas maksimal 40 tahun 
  • Peserta yang memiliki usia 40 tahun saat mendaftar antara lain dokter, dokter spesialis, dokter pendidik klinis, peneliti, dosen dan perekayasa dengan pendidikan minimal doctoral
  • Sobat Pintar harus memastikan bahwa Sobat Pintar tidak pernah memiliki masalah pidana
  • Tidak pernah diberhentikan secara hormat maupun tidak hormat baik di instansi PNS sebelumnya tni-polri maupun pegawai swasta
  • Bukan anggota atau pengurus partai politik
  • Sehat rohani dan jasmani 
  • Bersedia ditempatkan di semua wilayah Indonesia, formasinya bisa dilihat sesuai kebutuhan instansi yang dibutuhkan

Formasi yang dibutuhkan

Formasi CPNS kali ini didominasi untuk tenaga kesehatan dan pendidikan terutama PPPK. Total yang yang dibutuhkan tahun ini adalah 1.275.387 PNS atau ASN. Tenaga kesehatan yang dibutuhkan antara lain perawat, dokter, perekam medis, apoteker. Tenaga teknis yang dibutuhkan di pemerintah daerah antara lain di bidang komputer, kehutanan, tanaman, keuangan, penyuluhan dan lain-lain.

Kesalahan Umum Yang terjadi Saat Pendaftaran

Banyak peserta CPNS mengeluh karena tidak lolos seleksi. Padahal bisa saja hal itu terjadi karena kecerobohan mereka sendiri. Penting bagi semua peserta untuk memperhatikan semua detail syarat pendaftaran dan posisi yang sudah tersedia di beberapa instansi atau pemerintah daerah. Perhatikan juga data pribadi yang bisa menentukan apakah Sobat Pintar akan lolos administrasi atau tidak. Demi menghindari kesalahan fatal yang terjadi saat pendaftaran, simak beberapa kesalahan umum sebagai berikut;

1. NIK dan nomor KK

Salah satu kesalahan yang umum terjadi saat pendaftaran cpns adalah salah dalam menginput no KK dan KTP. Sobat Pintar harus mengecek nomor tersebut. Pastikan tidak ada kesalahan nomor sebelum Sobat Pintar submit di laman situs pendaftaran CPNS tahun ini. Situs akan secara otomatis memverifikasi nomor Sobat Pintar dan akan menginfokan kesalahan input. Penting untuk menyiapkan dua dokumen paling penting tersebut sebelum online dan mendaftar cpns di laman sscn.bkn.go.id.

2. NIK dan KK tidak valid

Jika Sobat Pintar mendapati error atau kesalahan, padahal Sobat Pintar sudah yakin nomornya tidak salah kemungkinan ada kesalahan pada nomor Sobat Pintar. Sobat Pintar harus sesegera mungkin mengoreksi nomor KK atau KTP Sobat Pintar ke disdukcapil terdekat untuk melakukan perbaikan data.

3. Data Pribadi

Selain kesalahan pada nomor KK dan NIK, kesalahan yang umum juga terjadi pada input data pribadi. Yang biasa salah seperti nama, TTL , nomor ijazah, akreditasi dan lain-lain. Pastikan data-data tersebut telah Sobat Pintar siapkan sebelum menginput data pribadi.

4. Ketidakcocokan Formasi

Sebelum mendaftar cpns tahun ini, Sobat Pintar harus memperhatikan susunan yang dibuka. Pastikan kualifikasi pendidikan dan susunani telah sesuai. Misalnya Sobat Pintar ingin melamar menjadi guru Bahasa Inggris tapi Ijazah Sobat Pintar Bahasa Indonesia, maka sudah otomatis Sobat Pintar akan tidak lolos seleksi administrasi. Biasanya dalam susunan yang sudah disebutkan di lampiran pengumuman pendaftaran CPNS, ada beberapa informasi detail terkait lulusan yang dibutuhkan. 

Jika kualifikasi tidak cocok dengan susunan yang dibutuhkan, maka Sobat Pintar tidak akan lolos seleksi administrasi. 

Menyiapkan kemampuan dan pengetahuan agar lolos SKD

Bisa dikatakan Sobat Pintar telah lolos seleksi administrasi, lalu Sobat Pintar harus melaksanakan CBT untuk SKD. Biasanya Sobat Pintar akan diberi tahu di mana lokasi tes dan berapa skor passing grade yang harus Sobat Pintar lewati. Passing grade yang biasa dipasang tergantung kebutuhan instansi. Beberapa instansi atau latar belakang peserta memiliki passing grade yang berbeda. Sobat Pintar harus lolos passing grade untuk ke tahap selanjutnya. 

Ada beberapa perbedaan passing grade yang perlu Sobat Pintar ketahui. Untuk lulusan terbaik atau cumlaude, passing grade yang berlaku adalah TKD 271 dan TIU 85. Bagi Sobat Pintar yang disabilitas, TKD minimal 260 dan TIU minimal 70. Untuk putra-putri papua, TKD minimal 260 dan TIU minimal 60. Sedangkan untuk passing grade umum adalah TKP 126, TIU 80 dan TWK 65.

TKP atau biasa disebut dengan Tes Karakteristik Pribadi adalah tes yang terkait dengan jejaring kerja, pelayanan publik, sosial budaya, komunikasi dan teknologi informasi. Ini juga akan mengukur profesionalisme peserta. TWK atau Tes Wawasan Kebangsaan diujikan untuk mengukur pengetahuan, dan kemampuannya dalam nasionalisme, pilar negara, bela negara, integritas dan bahasa indonesia. Sedangkan TIU adalah Tes Intelegensi Umum yang mencakup kemampuan numerik, verbal dan figural. Semua tes tersebut harus Sobat Pintar kerjakan melalui Computer Based Test yang akan diadakan di instansi yang Sobat Pintar lamar.

kredit pintar

mobile-closeKredit PintarDownload