Mengapa PNS Masih Jadi Profesi Idaman?

19 Nov 2018 by Edwin

Hasil tes SKD CPNS 2018 baru aja diumumkan, lho! Selamat bagi Sobat Pintar yang lolos! Bagi yang belum lolos, jangan patah semangat ya, karena bisa coba lagi di kesempatan berikutnya.

Setiap kali pendaftaran CPNS dibuka, beritanya selalu jadi highlight di semua media. Hal ini pun jadi fenomena yang unik di tengah masyarakat Indonesia. Di saat anak muda yang berbondong-bondong berebut pekerjaan di berbagai perusahaan Startup, masih banyak pula yang mengidamkan bekerja sebagai PNS.

Data BKN menunjukkan sebanyak 4.436.694 akun pelamar tercatat pada tahap pendaftaran CPNS 2018. Sedangkan sejumlah 3.627.981 akun yang menuntaskan pendaftaran (sumber: kompas.com). Meski di bawah perkiraan jumlah pendaftar yang awalnya sebanyak 6 hingga 8 juta pelamar, namun jumlah pelamar ini masih mencengangkan setiap tahunnya.

Lantas mengapa PNS masih jadi profesi idaman bagi sebagian besar orang di Indonesia?


Stabilitas penghasilan dan kemananan pekerjaan

Stabilitas dan keamanan memang bikin hati tenang. Memang pekerjaan di sektor swasta juga memberi gaji yang stabil, namun ada masanya suatu perusahaan mengalami masalah bahkan sampai harus gulung tikar. Tentunya kondisi ketidakpastian ini membuat para pekerja melihat PNS sebagai profesi yang ideal. Penghasilan yang stabil, pekerjaan yang jauh dari kata PHK, dan jenjang karir yang pasti jadi poin utama yang dicari-cari para pendaftar PNS.

Selain itu jam kerja PNS yang pasti juga jadi incaran orang-orang untuk menjadi seorang Abdi Negara. Jam kerja yang pasti dan tidak ada lembur membuat PNS jadi profesi yang fleksibel kalau Sobat Pintar juga ingin membuka bisnis sampingan. Tidak bisa dipungkiri waktu luang lebih yang dimiliki para Pegawai Negeri Sipil ini sering mereka manfaatkan untuk membuka usaha, seperti bisnis catering atau penyedia seminar kit.


Bonus yang besar dan rutin

Bonus besar yang didapatkan para PNS setiap tahunnya memberi kelonggaran finansial. Bonus ini dikenal sebagai Gaji ke-13. Gaji ke-13 ini bukan THR yang juga mereka dapatkan; terdiri dari 1x gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan dan tunjangan kerja. Bonus ini juga jadi keuntungan lain jadi seorang Abdi Negara.

Meskipun memang kalau dibandingkan dengan penghasilan fresh graduate di perusahaan swasta, penghasilan di instansi negara masih lebih kecil. Namun jika perhitungannya ditarik jadi per tahun, dengan bonus-bonus yang diterima Pegawai Negeri Sipil jadi profesi yang memberi penghasilan lebih besar, lho!


Dana pensiun terjamin

Nggak perlu nabung untuk uang pensiun, karena hari tua Sobat Pintar akan dijamin oleh negara. Siapa yang nggak mau sih? Kebanyakan dari kita harus menabung sejak usia muda untuk mempersiapkan dana hari tua. Sedangkan para Abdi Negara ini akan dibiayai untuk hari tuanya karena mereka telah mengabdi kepada Negara selama masa produktif mereka.


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat. Ingin mengenal Kredit Pintar lebih dekat?

mobile-closeKredit PintarDownload