Ingin Pinjaman Online Aman? Pilih Kredit Pintar

20 Jul 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 25 Aug 2022

Dengan banyaknya pinjaman online ilegal di tengah masyarakat menyerupai pinjaman online resmi, masyarakat wajib berhati-hati saat mencari rekomendasi pinjaman online aman. Penting bagi kita untuk mengetahui ciri-ciri dan rekomendasi aplikasi pinjaman online aman agar tidak terjebak penipuan terkait pengajuan pinjaman.

Pinjaman online aman

Simak ciri-ciri pinjaman online aman beserta rekomendasinya dalam artikel ini. 

Baca juga: Ketahui Ciri-ciri Modus Penipuan Pinjaman Online

Apa dan Bagaimana Ciri Pinjaman Online yang Aman?

Pada masa sekarang, pinjaman online seringkali mendapatkan stereotip yang buruk dari masyarakat. Seringkali, pinjaman online dituding sebagai sistem pengajuan pinjaman yang tidak resmi dan membahayakan. 

Kenyataannya, di Indonesia ada lembaga seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bertugas untuk mengawasi jalannya operasional pinjaman online di Indonesia, termasuk menyatakan apakah sebuah pinjaman online bersifat resmi atau tidak.

Jadi, bisa dikatakan bahwa pinjaman online aman adalah pinjaman yang telah diawasi di OJK. Namun, apa saja ciri-ciri lain dari pinjol aman yang perlu diketahui? Berikut ini selengkapnya.

1. Menampilkan besaran bunga dan biaya lainnya saat pengajuan pinjaman

Seperti layanan pinjaman pada umumnya, pinjaman online juga menerapkan bunga pinjaman. Nantinya, saat melakukan pembayaran pinjaman, peminjam diharuskan membayar pinjaman pokok serta nominal bunganya. Tidak hanya itu, umumnya pinjaman online juga menyertakan biaya lain-lain di luar bunga, seperti biaya layanan, biaya proteksi, dan lain-lain.

Tambahan biaya tersebut memungkinkan munculnya dua jenis simulasi penerimaan pinjaman, yaitu;

  1. Peminjam akan menerima nominal pinjaman sesuai dengan yang diajukan, namun disertai dengan biaya tambahan, atau
  2. Peminjam akan menerima nominal pinjaman yang lebih kecil dari yang diajukan akibat adanya potongan dari biaya yang ada

Nah, bagi pinjaman online aman tentunya akan menjelaskan pada calon peminjam maupun peminjam, tentang jumlah pinjaman yang akan diterima yang disebabkan oleh adanya bunga dan biaya tambahan lainnya.

2. Meminta akses CAMILAN (Camera, Microphone, dan Location) dari handphone

Pernah beberapa kali ada media memuat berita tentang pinjaman online yang meminta akses kontak pengguna aplikasi. Namun, setelah ditelusuri, pinjaman tersebut tidak terdaftar di OJK, yang artinya bukanlah pinjol yang aman digunakan. 

Sebagai informasi, pinjaman online yang aman dan resmi hanya diizinkan untuk mengakses fitur kamera, mikrofon, dan lokasi pada smartphone yang dimiliki pengguna. Jika ada pinjaman online yang meminta izin akses selain 3 fitur di atas, pengguna wajib berhati-hati dan berhak untuk melaporkan temuan ini pada OJK. 

3. Anggota AFPI

Asosiasi Fintech Pendanaan bersama Indonesia (AFPI) adalah sebuah organisasi yang ditunjuk OJK untuk melakukan pengawasan terhadap aplikasi pinjaman online. Jadi, pinjol yang terdaftar sebagai anggota AFPI kemungkinan besar melaksanakan kepatuhan yang ditetapkan agar bisa dikategorikan sebagai pinjaman online aman. 

4. Sarana pengaduan pelanggan

Pinjaman online merupakan sebuah teknologi baru yang menawarkan layanan keuangan bagi masyarakat dengan akses yang lebih mudah. Sebagai sebuah teknologi baru,akan ada kemungkinan pengguna mengalami kendala penggunaan aplikasi. 

Oleh karenanya, sebuah aplikasi pinjol aman diwajibkan untuk memiliki sarana pengaduan yang bisa diakses dengan mudah oleh pelanggan. Umumnya, sarana pengaduan tersebut tersedia dalam berbagai pilihan, seperti media sosial, email, dan nomor telepon. 

Baca juga: Kenali Berbagai Ciri Penipuan Seperti Phishing, Vishing, dan Smshing

Aplikasi Pinjaman Online Aman dan Resmi OJK

Jika kamu mencari rekomendasi pinjol aman, tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk menggunakan Kredit Pintar. Kredit Pintar merupakan aplikasi pinjaman online yang telah berizin dan diawasi OJK serta menjadi anggota AFPI. 

Pinjaman online aman

Saat ini, meskipun aplikasi Kredit Pintar hanya bisa diakses melalui ponsel Android, aplikasi tersebut menyediakan beragam pilihan pinjaman tunai untuk segala kebutuhanmu.Tidak hanya itu, dengan memilih Kredit Pintar kamu bisa mengajukan pinjaman kapan pun dan di mana pun karena layanannya tersedia dalam 24 jam dan dapat diakses di seluruh Indonesia.

Cara pembayaran pinjaman Kredit Pintar

Kredit Pintar menghadirkan berbagai pilihan pembayaran yang dapat diakses dengan mudah, sebagai berikut:

  1. Pembayaran melalui virtual account
  2. Pembayaran tunai melalui minimarket yang telah bekerjasama dengan Kredit Pintar
  3. Pembayaran melalui e-wallet
  4. Pembayaran melalui debit langsung dari rekening bank yang telah bekerjasama dengan Kredit Pintar
Pinjaman online aman

Dengan adanya cara pengajuan dan pembayaran pinjaman yang mudah diakses, Kredit Pintar bisa jadi rekomendasi terbaik buatmu untuk mengajukan pinjaman online aman. Jangan lupa, Kredit Pintar juga telah berizin dan diawasi OJK, serta terdaftar sebagai anggota AFPI yang menjadikannya sebagai aplikasi pinjaman online resmi yang aman digunakan masyarakat Indonesia.

Demikianlah informasi tentang pinjaman online aman yang direkomendasikan, semoga membantu! 

Baca juga: Baca Tips Untuk Meloloskan Diri dari Penipuan yang Mengatasnamakan Kredit Pintar


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

25 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download