Inilah Cara Menyembuhkan Bisul Secara Alami

21 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 14 Mar 2022

Cara menyembuhkan bisul dapat dilakukan secara alami sehingga Sobat Pintar tidak perlu mengeluarkan kocek lebih. Kecuali bisul tidak dapat disembuhkan maka diperlukan teknik pembedahan. Penasaran bagaimana caranya? Yuk cari tahu melalui ulasan berikut ini.

cara menyembuhkan bisul

Bisul merupakan benjolan pada kulit yang berisi nanah dan terkadang disertai nyeri sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman saat beraktivitas. Bisul dapat muncul di beberapa daerah tubuh seperti wajah, bokong, ketiak, leher hingga paha. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri sehingga memicu peradangan pada folikel rambut.

Meski bakteri penyebab bisul tidak berbahaya namun jika sudah memasuki tahap lebih parah dapat menginfeksi jaringan kulit paling dalam. Sedangkan bisul dalam tahap ringan masih bisa sembuh sendiri tapi membutuhkan waktu relatif panjang. Penderitanya terkadang harus menahan beberapa gejala lain seperti demam atau tidak enak badan.

Saat mengalami bisul, Sobat Pintar harus mengetahui beberapa pantangan makanan agar tidak semakin menjadi. Beberapa makanan tersebut ialah yang mengandung lemak tinggi, karbohidrat dan gula berlebih di antaranya susu, gula dan roti putih karena dapat meningkatkan kinerja hormon di dalam tubuh.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Sakit Kepala

Cara Menyembuhkan Bisul Secara Alami

Cara menyembuhkan bisul secara alami dapat Sobat Pintar lakukan melalui beberapa cara. Berikut cara menyembuhkan bisul secara alami yang tidak membutuhkan budget besar di antaranya:

Cara Cepat Menghilangkan Bisul Secara Alami, Mudah dan Ampuh

  1.  Kompres Menggunakan Lap Hangat 

Mengutip dari Mayo Clinic, bisul ringan dapat sembuh lebih cepat jika kita kompres menggunakan waslap atau handuk kecil yang sudah dimasukan ke dalam ember berisi air hangat. Setelah itu, peras handuk dan tempelkan pada area bisul selama 10 menit, lakukan beberapa kali dalam sehari. Setelah dikompres, biasanya bisul akan pecah dan rasa nyeri berkurang.

  1. Menggunakan Minyak Jarak

Cara menyembuhkan bisul selanjutnya dengan menggunakan minyak jarak karena mengandung asam risinoleat untuk mengurangi peradangan dan membantu melawan infeksi bakteri. Cara menggunakannya cukup praktis yaitu dengan mengoleskan sedikit minyak jarak pada area bisul sebanyak tiga kali sehari hingga sembuh.

  1.  Menggunakan Minyak Tea Tree

Kandungan antibakteri dan antiseptik alami didalamnya dapat bermanfaat untuk mengobati bisul. Namun sebaiknya jangan mengoleskan minyak tea tree secara langsung karena dapat mengiritasi kulit. Akan lebih baik jika mencampurkan lima tetes minyak tea tree dengan satu sendok minyak kelapa lalu oleskan pada bisul sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

  1.  Menggunakan Salep dari Bubuk Kunyit

Seperti halnya minyak tea tree, kunyit dipercaya memiliki sifat anti peradangan dan antibakteri sehingga dapat membantu mengobati bisul. Cara menggunakannya cukup mudah, Sobat Pintar bisa mencampur kunyit bubuk dengan jahe dan sedikit air. Oleskan salep buatan tersebut sebanyak dua kali sehari hingga bisul sembuh.

  1. Menggunakan Minyak Nimba

Cara menyembuhkan bisul dapat dilakukan dengan menggunakan minyak nimba karena bisul memiliki sifat antiseptik, antimikroba dan antibakteri. Minyak nimba dapat Sobat Pintar gunakan untuk beragam penyakit infeksi kulit lainnya dengan cara mengoleskan minyak nimba pada area tubuh yang terinfeksi selama tiga kali sehari.

  1.  Mengompres dengan Garam Epsom

Garam Epsom bermanfaat untuk mengeringkan nanah pada bisul sehingga dapat cepat mengering. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan melarutkan garam Epsom ke dalam air hangat secukupnya. Setelah itu, rendam waslap atau anduk kecil lalu kompreskan ke area bisul selama 20 menit. Lakukan sebanyak 3 kali sehari hingga sembuh.

  1.  Menggunakan Biji Jinten Hitam

Cara menyembuhkan bisul dapat Sobat Pintar lakukan dengan menggunakan biji jinten hitam karena memiliki sifat antibakteri dan anti peradangan sehingga dapat meredakan rasa nyeri. Cara menggunakannya dengan menumbuk biji jinten terlebih dahulu lalu oleskan pada area kulit yang bisul.

  1.  Menggunakan Lidah Buaya

Selain digunakan untuk menjaga kesehatan rambut ternyata lidah buaya memiliki sejumlah manfaat untuk mengatasi infeksi kulit seperti bisul. Penggunaan lidah buaya dapat mengobati bisul yang sudah pecah maupun masih membengkak. Berikut langkah-langkah yang perlu Sobat Pintar lakukan di antaranya:

  • Siapkan lidah buaya lalu cuci hingga bersih dan kupas kulitnya.
  • Setelah dikupas, oleskan gel lidah buaya pada area kulit yang bisul sebanyak dua kali dalam sehari.
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu bilas dengan air hingga bersih 

Baca Juga: 7+ Cara Mengatasi Angin Duduk yang Paling Manjur 

Cara Menyembuhkan Bisul Melalui Teknik Pembedahan

Jika bisul tidak dapat disembuhkan dengan cara pengobatan alami atau sejumlah obat lainnya maka dokter akan menganjurkan teknik pembedahan. Langkah ini diambil saat bisul semakin mengeras di dalam kulit. Berikut cara menyembuhkan bisul melalui teknik pembedahan, di antaranya:
Menghilangkan Abses Kulit dengan Operasi Abses - Alodokter

  1.  Insisi dan Drainase 

Dalam proses insisi dan drainase dokter akan melakukan pembedahan untuk mengeluarkan cairan lesi. Meski efeknya tidak bersifat jangka panjang dan tidak dapat mencegah lesi kembali namun dapat menghilangkan rasa sakit dan memberi sedikit rasa lega akibat hidradenitis suppurativa. Berikut langkah-langkah drainase, di antaranya:

  • Dokter akan membuat sayatan linear di area bisul.
  • Jika diperlukan dokter akan menggunakan spuit untuk mengambil sampel.
  • Setelah drainase, dokter akan menekan area bisul untuk mengeluarkan nanah.
  • Dokter akan menggunakan klem arteri untuk membuka sayatan dari berbagai arah.
  • Menggunakan irigasi kavitas menggunakan garam fisiologis hingga bersih.
  • Setelah luka terbuka tutup dengan dressing absorben.
  • Menutup area drainase dengan kain kasa dan perban.
  1.  Punch Debridement

Punch debridement ialah langkah pembedahan yang dikenal dengan mini-unroofing yaitu operasi minor untuk menghilangkan lesi tunggal. Punch debridement termasuk operasi kecil untuk mengeluarkan folikel penyebab lesi. Proses ini cukup efektif untuk mencegah bisul atau lesi tumbuh kembali.

  1.  Unrooting

Prosedur unrooting dilakukan dengan cara memotong daging atau kulit yang mengandung bisul dan terhubung lewat terowongan kulit. Sebelum tahap pembedahan dilakukan, dokter akan menggunakan laser karbon dioksida untuk menghilangkan area kulit yang mungkin kena.

  1.  Pemotongan 

Pemotongan merupakan alternatif bedah paling agresif untuk memberikan rasa lega bagi mereka yang menderita bisul menahun atau tidak dapat disembuhkan dengan proses pembedahan lainnya. Dalam tahap ini dokter akan menghilangkan lesi dari jaringan lunak yang meradang di sekitarnya dan jaringan parut.

Baca Juga: 8 Tips Mengatasi Badan Lemas Setelah Sakit

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download