7+ Cara Mengatasi Angin Duduk yang Paling Manjur

25 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 31 Jan 2022

Berbicara tentang angin duduk, ini memang termasuk ke dalam permasalahan yang cukup serius pun juga tidak boleh dipandang sebelah mata. Memang angin duduk perlu mendapat pengobatan tepat agar tidak berimbas kepada penyakit lain seperti penyakit serangan jantung. Disini kita akan membahas cara mengatasi angin duduk.

7+ Cara Mengatasi Angin Duduk yang Paling Manjur

Apa itu angin duduk? Melansir berita dari Johns Hopkins Medicine, angin duduk atau penyakit angina adalah istilah untuk menggambarkan nyeri di dalam dada atau rasa tidak nyaman di bagian dada. Ketika ini terjadi, maka ini bisa mengakibatkan otot jantung kekurangan pasokan darah serta oksigen. 

Faktor utama dari timbulnya angin duduk itu sendiri biasanya adalah berasal dari penyempitan pembuluh darah arteri jantung. Sejauh ini memang ada beberapa cara mengatasi angin duduk, salah satunya melalui pengobatan.

Baca juga: 5 Cara Mengecilkan Perut Buncit

Dilansir dari berita di Mayo Clinic, ada beberapa pilihan pengobatan untuk angin duduk yang harus kita pahami. Contoh pengobatannya adalah dengan jalan terapi obat, perubahan gaya hidup kita sehari-hari,  atau yang sampai ke arah serius dengan melakukan operasi.

Cara Mengatasi Angin Duduk Mulai dari Kebiasaan Sehari-hari

Sebelum membahas cara mengatasinya, ada baiknya untuk kita ketahui juga beberapa pemicunya berikut ini.  

1. Angina stabil

Kondisi angina stabil dipicu aktivitas fisik seperti olahraga. Ketika badang olahraga, maka jantung butuh oksigen lebih banyak dari aliran darah. Tapi, kebutuhan oksigen tidak tercukupi ketika ada penyumbatan di pembuluh koroner.

2 Angina non stabil

Pemicunya adalah timbunan lemak yang dapat mengganggu aliran darah ke jantung. Meski sudah diobati, seringkali nyeri di dada tetap terasa. Pemulihannya bisa saja butuh waktu lama.

3. Angina varian 

Untuk kondisi yang satu ini, ada penyempitan di arteri jantung sementara atau karena kekakuan pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah sementara menurunkan kadar oksigen dari darah ke jantung. 

7+ Cara Mengatasi Angin Duduk yang Paling Manjur

Setelah mengetahui sebabnya, kemudian kita bisa fokus dengan kebiasaan sehari-hari. Perawatan kesehatan ini sebenarnya mempunyai tujuan untuk menjaga agar angin duduk dapat lebih terkontrol. Dengan demikian, nantinya akan berdampak kepada masalah kesehatan tidak mudah kambuh atau bertambah parah. 

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi angin duduk dengan obat, alami, dan perawatan medis: 

1. Berhenti Merokok 

Bukan hanya berhenti merokok, tapi juga sebisa mungkin hindari paparan asap rokok. Kebiasaan ini penting untuk menjaga kondisi jantung. 

2. Jaga Pola Makan

Jalankan pola makan sehat dengan membatasi lemak jenuh. Perbanyak mengonsumsi serat dari biji-bijian, sayur, dan buah-buahan. Jaga berat badan ideal, jangan sampai berlebihan. Hindari makan besar dan terlalu kenyang.
3. Olahraga Rutin 

Selain jaga pola makan dan tidak merokok, sebaiknya juga rutin olahraga. Jika perlu, diskusikan dengan dokter yang menangani untuk mulai rutin menjalankan program olahraga yang tepat. Olahraganya juga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh karena penderita angin duduk tidak boleh terlalu kelelahan. 

4. Cek Kesehatan secara Berkala

Kebiasaan sehat semestinya dilakukan rutin dan seimbang. Secara berkala, kontrol tekanan darah, gula darah, dan kolesterol agar tetap stabil. 

Baca juga: 5+ Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Obat untuk Mengatasi Angin Duduk 

Angin duduk sekarang ini pun sudah menjadi fenomena yang familiar di kalangan orang biasa. Bisa dikatakan bahwa angin duduk merupakan istilah penyakit yang cukup familiar di masyarakat awam. Cara mengatasi angin duduk semestinya juga bukan sesuatu yang sulit dilakukan.

Menurut Debra Rose Wilson PhD, MSN, RN, IBCLC, AHN-BC, CHT, seorang ahli pengobatan herbal dan praktisi holistik dari Walden University, ada beberapa obat-obatan dari bahan alami untuk mengatasi angin duduk seperti dikutip info yang tertera dalam healthline. Apa sajakah? Mari kita simak bersama beberapa bahan berikut ini:

1. Bawang Putih

Obat alami angin duduk yang pertama akan dibahas adalah bawang putih. Sebuah penelitian yang diterbitkan di US National Library of Medicine, National Institutes of Health menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu mengurangi penumpukan plak di arteri. Oleh karena itu, bawang putih menjadi salah satu obat yang ampuh untuk mengatasi angin duduk.

2. Daun kemangi

Selanjutnya, obat alami untuk mengatasi angin duduk adalah dengan daun kemangi. Daun kemangi sebagai salah satu solusi untuk mengatasi gejala angin duduk. Bagaimanakah caranya? Caranya adalah dengan mengunyah beberapa daun kemangi segar di setiap pagi hari. 

Apabila enggan mengunyah daun kemangi dengan cara yang biasa, bisa dibuat daun kemangi dengan olahan yang lain yang  lebih segar, seperti dengan olahan jus daun kemangi.

3. Buah Lemon

Selain bawang putih dan daun kemangi, obat alami angin duduk yang selanjutnya adalah lemon. Cobalah untuk memasukkan lemon ke dalam makanan setiap hari. Bisa memerasnya di atas salad atau menjadikannya sebagai air lemon segar.

Selain itu, lemon dipercaya untuk membantu menghindari penumpukan kolesterol, sehingga mencegah segala jenis penyumbatan di pembuluh darah. 

4. Buah Anggur

Selanjutnya yang bisa menjadi alternatif obat untuk mengatasi angin duduk adalah dengan buah anggur. Buah anggur sendiri dikenal sebagai buah untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Karena kandungan yang ada dalam buah anggur dipercaya dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung dan nyeri dada akibat angin duduk serta membantu meningkatkan kualitas pernapasan.

7+ Cara Mengatasi Angin Duduk yang Paling Manjur

Baca juga: 5+ Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Teh rosella

Selanjutnya obat alami untuk mencegah angin duduk adalah dengan meminum teh rosella yang hangat. Jenis minuman hangat akan dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan dan mengurangi gas serta kembung.

6. Kacang Almond

Selanjutnya obat alami yang dapat dipercaya untuk mengatasi angin duduk adalah almond. Ketika merasakan nyeri dada yang hebat setelah makan, bisa jadi penyebabnya adalah refleks gastroesofageal atau yang dikenal dengan GERD.

7. Cuka Apel

Terakhir obat alami untuk mengatasi angin duduk adalah cuka yang terbuat dari buah apel. Caranya, minum satu sendok makan cuka sari apel dengan segelas air sebelum makan atau merasakan nyeri dada yang hebat. 

Kesimpulan

Angin duduk itu sendiri terjadi ketika otot jantung kekurangan darah dan oksigen. Mengapa demikian? Kondisi ini biasanya terjadi saat aktivitas fisik berlebihan yang menguras banyak energi atau ketika kita dihadapkan dengan situasi yang banyak menguras emosi.  

Dari kondisi inilah yang bisa menyebabkan pembuluh darah jantung menjadi semakin sempit, sehingga darah serta oksigen yang menjangkau jantung lebih sedikit. Sebelum menjadi fatal, ada baiknya untuk mencegah sejak awal. 

Ada beberapa cara mengatasi angin duduk mulai dari kebiasaan sehari-hari sampai pilihan pengobatan. Karena kondisinya bisa berbahaya, jangan lupa untuk periksakan diri ke dokter ketika mengalami kondisi pada kesehatan Anda.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
31 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download