6 Manfaat Madu Untuk Kesehatan, Bisa Buat Kecantikan, Lho

6 Manfaat Madu Untuk Kesehatan, Bisa Buat Kecantikan, Lho

10 Jun 2021 by kreditpintar
6 Manfaat Madu Untuk Kesehatan, Bisa Buat Kecantikan, Lho

Madu merupakan salah satu makanan yang bercita rasa manis nan segar yang didapatkan dari hewan bernama lebah. Teksturnya yang kental, lengket serta manis ini merupakan hasil dari sekresi gula yang berasal dari tumbuhan atau yang disebut nektar bunga yang dihisap oleh serangga seperti lebah ini. Diketahui jika lebah menyimpan madu dari bunga tersebut di dalam sarangnya yang berbentuk seperti lilin. Negara Indonesia adalah salah satu negara yang terkenal dengan beragam jenis olahan madu murni, orang Indonesia biasanya menggunakan madu untuk vitamin dan kesehatan. Jadi tidak salah, apabila manfaat madu sangat banyak.

Lebah liar yang berkoloni biasanya mengumpulkan madu atau bersumber dari peternakan madu sarangan. Madu dapat dijadikan sebagai produksi komersial yang dipasarkan ke seluruh dunia. 

Madu biasanya dijadikan sebagai bahan pemanis makanan pengganti gula, karena dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sebab bersumber dari bahan alami. 

Jenis-jenis Madu yang Sehat Untuk Sobat Pintar Coba

Berikut ini ada beberapa jenis lebah madu di Indonesia yang mesti Sobat Pintar ketahui, seperti madu cerana yang biasanya di tangkarkan di sebuah kotak yang dapat dipindahkan. 

Dalam satu kotak itu biasanya terdapat 2 sampai 5 kg madu per tahunnya, lebah ini dikenal lama dalam proses panen sebab lebah madu ini terbilang ganas. 

Kemudian, ada lagi madu apis dorsata yang banyak hidup di Indonesia, lebah madu yang satu ini hidup di hutan rimba yang sedikit sulit untuk proses panen nya. 

Ukuran dari sarang lebah madu ini lebih besar ketimbang sarang lebah lainnya, namun jika menyengat sengatannya lebih sakit ketimbang jenis lebah lain. 

Sebab, hidupnya di hutan dan sarangnya tumbuh di cabang pohon atau pinggiran tebing yang terjal, ia bisa menghasilkan 15 sampai 25 kg per tahun dalam satu koloninya. 

Ada lagi jenis lebah madu apis florea kalau di Indonesia disebut dengan tawon, meskipun gampang untuk di panen namun produksi madu lebah ini terhitung sedikit hanya 1 sampai 3 kg per tahunnya. Madu hasil lebah ini kerap disebut dengan madu lancing. 

Berikut Ini Ada Beberapa Manfaat Madu Yang Mesti Diketahui

Selain memiliki daya jual yang tinggi ternyata madu juga memiliki banyak khasiat yang berguna bagi kehidupan loh. Tidak jarang beberapa orang sengaja mencari madu untuk menyembuhkan penyakit yang diderita. 

Sebab, madu dipercaya dapat memberikan khasiat yang berguna bagi tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh makannya banyak yang menjual dan membeli madu ini. Karena proses panennya yang terbilang sulit, madu asli ini juga memiliki harga jual yang lumayan tinggi.

Namun, jika berbicara kesehatan berapapun harganya pasti akan dibeli oleh orang yang membutuhkan. 

Berikut ada beberapa kegunaan madu yang mesti Sobat Pintar ketahui.

1. Menangkal radikal bebas

Manfaat madu yang pertama yaitu menangkal radikal bebas sudah banyak ahli yang berpendapat demikian, sebab ada senyawa fitonutrien dan sejumlah antioksidan lainnya yang dimiliki oleh madu. 

Sehingga, senyawa ini mampu untuk menangkal radikal bebas yang berlebihan dari dalam tubuh, serta mampu untuk mencegah kerusakan dari jaringan dan sel di tubuh kita. 

Manfaat lain diantaranya bisa membantu memperkuat imun tubuh, meredakan peradangan, mencegah diabetes, mencegah alergi, kanker dan serangan jantung. 

Biasanya beberapa penyakit yang diderita oleh orang tua, sehingga untuk mencegah dan menyembuhkan dengan perbanyak konsumsi madu.

2. Memperkuat Daya tahan tubuh

Kemudian madu juga bisa untuk meningkatkan imunitas dalam tubuh seseorang, seperti yang sudah dijelaskan jika di dalam madu ada senyawa fitonutrien manfaatnya tentu untuk memperkuat sel imun. 

Sehingga akan memungkinkan adanya infeksi dalam tubuh lebih kecil, selain itu madu juga memiliki kandungan anti bakteri dan anti jamur. Pendapat tersebut telah disepakati oleh beberapa penelitian. 

Madu juga bisa digunakan untuk obat batuk walaupun rasanya manis namun madu dapat melembabkan tenggorokan yang kering sehingga rasa gatal di tenggorokan dapat hilang. 

Tentu dengan bergam antioksidan yang ada di dalamnya sehingga dapat meredakan rasa gatal yang memicu akan batuk.

3. Membantu menyembuhkan luka

Diketahui dalam beberapa penelitian kegunaan madu lainnya juga dapat mempercepat penyembuhan pada luka.

Cara ini sangat efektif untuk membuat luka lekas kering. Karena ada banyak produk madu yang bisa berguna untuk menyingkirkan jaringan yang mati membunuh bakteri dalam luka dan merangsang pembentukan sel kulit baru pada luka. 

Misalnya luka lecet, luka bakar, luka diabetes dan lainnya beberapa produk olahan madu sudah terbukti ampuh mengobati berbagai jenis luka pada kulit. 

4. Menjaga sistem pencernaan

Bagi kalian yang memiliki penyakit lambung atau lebih dikenal dengan penyakit pencernaan mungkin pernah mendengar jika madu berkhasiat untuk meredakan sakit lambung. 

Ternyata, hal tersebut benar beberapa penelitian telah dilakukan sebab madu memiliki kandungan prebiotik yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik yang ada di dalam usus atau lambung. 

Sehingga, kegunaan madu berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan sistem pencernaan yang sedang bermasalah. 

Dapat dikatakan di Indonesia keluhan yang biasa dirasakan yaitu masalah pencernaan, sehingga dengan mengkonsumsi madu dapat membantu meredakan nyeri dan memperbaiki sistem kerja usus.

5. Merawat kesehatan jantung 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya jika di dalam madu ada kandungan senyawa fitonutrien yang berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung. 

Cara kerjanya yaitu madu dapat melancarkan aliran darah yang tersumbat menuju jantung kemudian akan mencegah timbulnya aterosklerosis pada jantung. 

Hal tersebut juga berhubungan dengan kegunaan madu yang dikatakan mampu menurunkan tekanan darah tinggi yang dimiliki seseorang. 

Tekanan darah tinggi tersebut juga dapat memicu adanya kolesterol dan lemak jahat dalam darah sehingga madu ini juga membantu mencegah dan merawat kesehatan jantung.

6. Manfaat madu untuk kulit

Ternyata bukan hanya untuk kesehatan saja madu juga bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah, berguna juga untuk menunda penuaan dini dan dapat melembabkan kulit, serta mampu untuk mengangkat sel kulit mati yang tampak ada kulit.

Selain itu, berguna juga untuk menghilangkan bekas luka bakar yang membekas pada wajah. Manfaat madu lainnya juga berguna untuk mencerahkan kulit supaya terlihat lebih glowing dan bercahaya. 

Selain kulit wajah, madu juga bisa untuk mengatasi kulit bibir yang pecah-pecah, sehingga bibir tampak lebih mulus. Masalah yang dapat diatasi lainnya yaitu membantu membebaskan wajah dari jerawat, sehingga kulit dapat terlihat lebih sehat.

Cara penggunaan madu untuk wajah ini juga terhitung mudah, karena madu yang teksturnya kental dan cair dapat dijadikan sebagai masker wajah. Atau dapat dijadikan sebagai lip balm yang dapat berguna melembabkan bibir agar tidak pecah-pecah. 

Kegunaan madu untuk wajah ini sudah dikenal sejak lama sebab bahan alami ini dikenal mampu menjadikan wajah lebih terawat dan sehat. Sekarang ini beberapa klinik kecantikan juga sudah memanfaatkan madu untuk masker kesehatan. 

Sobat Pintar dapat membeli madu murni tanpa ribet dan pikir panjang sebab Sobat Pintar bisa menggunakan jasa Kredit Pintar untuk pembelian barang.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk