8 Tips Mengatasi Badan Lemas Setelah Sakit

21 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 04 Feb 2022

Ketika fisik sedang menderita suatu penyakit, berbagai aktivitas pasti akan terganggu. Hal ini antara lain karena tubuh lemah dan tidak memiliki energi. Namun, dengan perawatan yang tepat, tubuh dapat pulih sepenuhnya dan aktivitas dapat dilakukan kembali secara normal. Ini dia Tips Mengatasi Badan Lemas

8 Tips Mengatasi Badan Lemas Setelah Sakit

Namun tidak jarang proses pemulihan badan setelah sembuh dari penyakit memakan waktu lama dan umumnya sebagian orang sering mengeluhkan badannya yang masih lemas.

Hal ini wajar karena tubuh membutuhkan waktu untuk kembali normal setelah melawan virus atau bakteri patogen. Bagi kamu yang masih lemah setelah pemulihan penyakit, tetapi kamu ingin segera bergerak secara normal, ada banyak tips mengatasi badan lemas untuk memulihkan kebugaran.

Penyebab Badan Lemas

Selain sakit secara umum, penyebab rasa lemas dan tak berenergi adalah kelelahan. Rasa lelah muncul biasanya ketika padatnya suatu aktivitas, kutang tidur, rasa bosa, stres atau kebiasaan buruk makan. Sering kali rasa lelah itu akan hilang dengan sendirinya dengan tidur yang cukup.

Berarti ada penyebab-penyebab lain selain lelah yang membuat badan lemas. Yaitu diantaranya:

  1. Depresi
  2. Sleep Apnea
  3. Gaya Hidup
  4. Anemia
  5. Hipotiroidisme
  6. Menopause
  7. Penyakit jantung

Berikut delapan cara ampuh mengatasi badan lemas setelah sembuh dari sakit, yang patut untuk Anda coba,

Silakan coba tips-tips mengatasi badan lemas setelah sakit di bawah ini. Semoga berhasil:

Mengganti Cairan Tubuh

8 Tips Mengatasi Badan Lemas Setelah Sakit

Tips mengatasi badan lemas yang pertama ialah dengan mengganti cairan pada tubuh kita. Jika tubuh kamu lemas setelah sembuh dari sakit, cobalah untuk mengisi kembali cairan tubuh.

Seperti yang kita ketahui, sebagian besar tubuh terdiri dari air. Oleh karena itu, air putih juga merupakan salah satu obat terbaik untuk mengembalikan kebugaran tubuh kamu.

Air berguna untuk membantu mengaktifkan kembali sistem tubuh yang melemah ketika sakit. Selain itu, dehidrasi adalah salah satu penyakit yang paling sering menyebabkan kelemahan tubuh, jadi selalu jaga pola minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Perbanyak Makanan Bergizi

Tips mengatasi badan lemas berikutnya adalah perbanyak makanan bergizi. Untuk memulihkan stamina setelah sakit, kamu perlu memperbanyak asupan makanan bergizi, seperti buah-buahan dan sayuran. Hindari makanan olahan, gula, atau pemanis buatan.

Asupan nutrisi yang baik dapat membantu mempercepat pemulihan sistem imun, sehingga sistem imun dapat membangun kembali perlindungan tubuh terhadap serangan virus atau bakteri.

Selain itu, pilihlah makanan yang lebih mudah dicerna agar tubuh kamu tidak bekerja terlalu keras selama masa pemulihan ini. Sumber makanan yang baik tentu dapat memulihkan energi setelah sakit.

Olah Raga Rutin

Rutin olah raga juga termasuk tips mengatasi badan lemas. Hanya karena kamu diminta untuk mengurangi aktivitas fisik selama pemulihan, bukan berarti tidak boleh berolahraga.

Padahal, olahraga bisa menjadi cara untuk meremajakan setelah sakit. Namun, pilihlah olahraga yang ringan dan jangan terlalu berat dan keras. kamu bisa mencoba meditasi atau yoga untuk menenangkan pikiran sehingga memberikan lebih banyak energi positif bagi tubuh.

Mengurangi Aktivitas Yang Berat

Tips mengatasi badan lemas setelah sakit adalah jangan banyak beraktivitas yang berat.

kamu mungkin merasa lelah sepanjang waktu berbaring selama sakit. Namun begitu sudah sembuh dan dalam masa pemulihan, kamu tetap perlu mengatur aktivitas sehari-hari agar tidak sakit lagi.

Harus ditekankan bahwa proses penyembuhan sangat penting. Jadi kamu perlu lebih bersabar dan menahan diri dari  aktivitas  berat.

Mengontrol Stress

Stress juga sangat berpengaruh pada kondisi badan kita. Jika stress itu berlebih akan menyebabkan badan kita lemas. Jadi tips mengatasi badan lemas salah satunya adalah mengelola stress supaya tidak berlebih.

Faktanya, stres juga mempengaruhi pikiran. Stres juga terkait dengan pemulihan kesehatan. Kamu mungkin juga pernah mendengar bahwa “jika seseorang berpikir bahwa mereka sakit, mereka akan sakit” dan sebaliknya. Jadi cobalah untuk mengelola stres dengan baik.

Tidur Yang Cukup

Tips mengatasi badan lemas setelah sakit berikutnya, dianjurkan tidur yang cukup, 7-8 jam setiap malam. Saat kamu tidur, energi tubuh lebih mudah pulih dan perbaikan jaringan dan sel tubuh bekerja.

Meski kamu bisa berbaring dan tidur lebih sering di siang hari saat sakit, usahakan untuk menjaga ritme tidur yang baik. Supaya pemulihan tubuh kamu cepat fit.

Berjemur Di Bawah Matahari Pagi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berjalan di luar di bawah sinar matahari pagi selama beberapa menit meningkatkan mood dan kemampuan memori.

Selain itu, vitamin D yang diperoleh dari sinar matahari  membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Keluhan rasa lemas setelah sembuh dari sakit juga bisa diobati.

Apalagi di musim pandemic seperti ini sangan dianjurkan untuk rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi. Demi menjaga imun tubuh dan terhindar dari virus-virus penyakit.

Pola Gaya Hidup Sehat

ips mengatasi badan lemas yang terakhir adalah atur gaya hidup sehat setiap hari. Cara ini sangat penting karena tidak hanya berefek mengatasi badan lemas tapi juga tubuh semakin sehat.

Kamu sehat atau sakit tetap harus menjaga pola hidup yang sehat. Olah raga, makan makanan bergizi, meninggalkan rokok dan konsumsi alkohol atau obat terlarang.

Dengan cara ini tubuh kamu tidak lemas lagi dan terhindar dari penyakit lainnya. Yuk mulai ubah pola hidup sehat sekarang!

Jika badan kamu sekarang merasa lemas yuk lakukan salah satu tips mengatasi badan lemas yang telah admin share di atas. Semoga lemas di badan kamu segera hilang dan beraktivitas normal seperti biasanya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
04 Feb 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download