7 Cara Mengobati Kucing Keracunan yang Tepat

20 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 20 Jul 2022

Sudah tahu cara mengobati kucing keracunan? Siapa tahu, hal ini sewaktu-waktu bisa dialami kucing peliharaan kamu di rumah. 

Si anak bulu yang gemas dan lucu ini memang menjadi idola banyak orang saat ini. Kucing banyak menjadi peliharaan karena tingkah lakunya yang polos dan lucu.

√ Kucing Muntah? Berikut Penyebab dan Cara Mengobatinya

Meskipun begitu, kucing peliharaan kita yang suka mondar-mandir masuk ke luar rumah sangat rentan mengalami keracunan. 

Hal ini disebabkan, sang kucing tidak tahu makanan atau cairan apa yang ada di sekitarnya. Jika itu berbahaya, maka bisa membuat kucing mengalami keracunan. 

Apakah Kucing Keracunan Bisa Sembuh?

Pertanyaan apakah kucing keracunan bisa sembuh sendiri, sering ditanyakan para pemilik hewan berbulu yang lucu ini. 

Kucing merupakan hewan polos yang bisa meminum atau memakan apa saja yang ada di dekatnya. Meskipun berada di rumah, kucing tetap berpotensi terkena racun.

Ketika mengalami keracunan, kucing akan sangat membutuhkan pertolongan kita. Cara mengobati kucing keracunan bisa kita lakukan termasuk membawanya ke dokter. 

Jadi, ketika kucing keracunan, Ia tidak bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pertolongan pertama yang kita lakukan terhadapnya. 

Baca juga : Jenis Kelinci Peliharaan Beserta Harganya

Benda- benda Berbahaya Bagi Kucing

Agar bisa melakukan tindakan antisipasi untuk menghindarkan si kucing dari keracunan, kamu perlu mengetahui barang –barang berbahaya apa saja yang harus dihindari sang kucing. Berikut ulasannya:

Obat- obatan Manusia

Coba cek di rumah, apakah kamu memiliki beberapa jenis obat-obatan pereda nyeri? Obat-obatan ini tidak berbahaya, tetapi bisa menjadi bahaya jika kucing peliharaan kita menelannya.

Kucing keracunan obat ini bisa mengalami kerusakan sel darah merah serta organ ginjal hingga organ pencernaannya.

Bahan Kimia Pembersih

Beberapa bahan kimia pembersih di rumah seperti karbol, pemutih, dan deterjen, juga sangat berbahaya jika tertelan oleh kucing. Jauhkan dari jangkauan kucing kamu ya.

Tumbuhan

Beberapa jenis tumbuhan yang sering kita temukan di rumah, seperti bunga lili, rhododendron, dan azalea sebaiknya dijauhkan dari jangkauan kucing.

Tanaman-tanaman tersebut bisa berbahaya untuk si anak bulu , karena dapat menyebabkan koma, hingga menyebabkan kematian pada kucing peliharaan kita.

Makanan Manusia

Kucing peliharaan sebaiknya diberikan makanan kucing khusus, baik makanan kering maupun makanan basah olahan khusus.

Makanan manusia sebaiknya tidak diberikan untuk kucing karena berbahaya dan dapat menyebabkan keracunan.

Beberapa makanan seperti Anggur, alcohol, bawang-bawangan sebaiknya dijauhkan dari jangkauan kucing. 

Baca juga : Cara Mengusir Kucing dengan Aman

Ciri-Ciri Kucing Keracunan

Bagi kamu yang memiliki kucing peliharaan di rumah perlu mengetahui seperti apa ciri-ciri kucing keracunan itu. Berikut ini ciri-ciri yang mudah dikenali:

Mengenal Ciri-Ciri Kucing Cacingan dan Cara Terbaik untuk Mengatasinya

Lemas dan Jarang Makan

Ketika melihat kucing peliharaan kamu menjadi lemas dan lesu, serta tidak memiliki nafsu makan, maka itu juga tanda kucing sedang mengalami keracunan.

Keluar Air Liur

Kucing peliharaan yang tiba-tiba mengeluarkan air liur terus menerus dalam jumlah banyak, bisa jadi dia sedang keracunan

Mual Muntah

Selain keluar air liur, kucing tersebut juga bisa mengalami mual muntah, diare, hingga lidah membiru. Kucing juga bisa mengalami kesulitan bernapas.

Mengalami Kejang- kejang

Kamu pernah melihat kucing peliharaan tiba-tiba mengalami kejang? Bisa jadi itu karena dia keracunan.

Selain itu, kucing tersebut juga akan lebih sensitif terhadap sentuhan hingga mengalami pembengkakan pada kulitnya.

Pendarahan

Ciri-ciri kucing keracunan yang satu ini bisa dibilang cukup parah. Pasalnya si kucing mulai mengalami depresi dan koma.

Lalu kucing akan lebih sering minum beserta buang air kecil, dan tidak mau makan untuk waktu lama.

Baca juga : Cara Ternak Ayam Modal 1 Juta untuk Pebisnis Pemula

Cara Mengobati Kucing Keracunan

Setelah mengetahui seperti apa ciri-ciri kucing keracunan, sebagai tindakan pertama, berikut ini cara mengobati kucing yang keracunan dengan benar:

1. Memberinya Air Minum

Cara mengobati kucing keracunan yang pertama adalah dengan memberinya air minum yang bersih. Bukan hanya manusia, kucing juga boleh kita beri air minum.

Jika cukup sulit untuk memberinya minum air putih secara langsung, maka kamu bisa menggunakan alat bantu lain seperti sendok plastic atau pipet kecil khusus.

2. Memindahkan ke Tempat Terbuka

Cara mengobati kucing keracunan selanjutnya adalah dengan memindahkannya ke area terbuka. Jika sedang berada di dalam rumah, bawa saja ke area luar rumah atau seperti lapangan.

Kucing juga membutuhkan udara segar agar dia masih bisa bernafas dengan leluasa, meskipun sedang mengalami keracunan.

3. Miringkan Kucing ke Kanan

Jika mengetahui kucing peliharaan kamu keracunan, kamu bisa mencoba memiringkan badannya ke sebelah kanan.

Sementara itu, tarik bagian kepalanya ke arah belakang. Hal ini bertujuan untuk membuka saluran pernapasannya.

Lakukan cara mengobati kucing keracunan ini, jika kucing peliharaan kamu mengalami pingsan mendadak. Cek juga bagaimana kondisi detak jantungnya ya.

4. Memuntahkan Isi Perutnya

Jika kamu mendapati kucing peliharaan di rumah mengalami keracunan karena memakan material dengan kandungan asam atau cairan bensin, pastikan bantu kucing memuntahkan isi perutnya.

Kamu juga bisa melakukan cara ini, ketika kucing baru saja keracunan. Sebab, jika sudah lebih dari 2 jam, racun yang masuk ke tubuhnya kemungkinan sudah diserap tubuh kucing tersebut.

5. Memberi Susu, Madu, dan Air Kelapa

Cara mengobati kucing keracunan ternyata bisa juga dengan memberinya minuman lain selain air putih. Kita bisa berikan air kelapa atau susu murni untuk si kucing.

Selain itu, madu yang rasanya manis juga bisa kamu berikan untuk kucing yang keracunan. Madu banyak khasiatnya untuk kesehatan manusia, termasuk bagi kucing.

Berikan madu, air kelapa, dan susu murni secukupnya ya. Jangan berikan semua itu secara berlebihan, karena bisa lebih membahayakan kesehatan kucing peliharaan kamu.

6. Memberi Arang

Ini merupakan cara mengobati kucing keracunan yang tradisional, karena menggunakan arang. Arang hitam ini dipercaya dapat menetralkan racun dalam tubuh kucing.

Jika kamu tidak memiliki arang, maka bisa juga menggunakan norit. Norit bisa dibeli di apotik dan dikenal sebagai obat diare dan keracunan makanan.

Dosis yang diberikan cukup satu tablet saja jika kucing peliharaan kamu adalah kucing dewasa. Berikan dosis setengah tablet, untuk anak kucing.

7. Segera Cek ke Dokter

Jika beberapa cara mengobati kucing keracunan di atas belum mampu mengobati si anak bulu kesayangan, langkah terakhir yang dilakukan adalah membawanya ke dokter hewan.

Segera konsultasikan mengenai keracunan yang dialami kucing peliharaan kamu. Ceritakan awal mula gejalanya, ciri-ciri keracunan kucing yang dialami, hingga sudah melakukan langkah penanganan seperti apa.

Kamu juga bisa bertanya apa saja ke dokter hewan, seperti proses penyembuhan, obat – obatan yang harus dibeli dan lain sebagainya.

Memiliki hewan peliharaan seperti kucing memang menyenangkan ya. Selain tingkah lakunya yang lucu dan menggemaskan, kucing juga hewan yang penurut.

Memberinya makan saja ternyata tidak cukup, kita juga harus membantu menghindarkan dari hal-hal berbahaya yang bisa membuatnya keracunan.

Dengan memahami cara mengobati kucing keracunan di atas, semoga kita yang memiliki hewan peliharaan kucing di rumah bisa lebih maksimal dalam menjaganya ya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Jul 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download