5 Produk dan Cara Menghaluskan Telapak Tangan

06 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 11 Jul 2022

Telapak tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang juga membutuhkan perawatan. Apalagi jika Anda rutin mengerjakan pekerjaan rumah, seperti mencuci piring, mencuci pakaian dengan tangan, maupun memasak. Meski begitu, masih banyak orang merasa bingung cara menghaluskan telapak tangan. 

Baca Juga: Rekomendasi Moisturizer Terbaik Melembabkan Kulit

Memiliki telapak tangan yang kasar tentunya dapat mengganggu bagi sebagian orang. Selain tidak nyaman, telapak tangan yang kasar juga menyebabkan iritasi pada bagian tubuh lain seperti wajah saat bersentuhan. 

Nah, bagi Anda yang ingin mempunyai telapak tangan yang lebih halus dan cantik, simak beberapa rekomendasi produk hand cream yang ampuh melembabkan telapak tangan hingga halus permanen pada ulasan berikut ini.

Penyebab Telapak Tangan Kasar dan Kering

Telapak tangan yang kasar dan kering dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

– Cuaca

Cuaca menjadi salah satu faktor utama yang memengaruhi kondisi telapak tangan, terutama pada saat musim dingin berlangsung. Biasanya, telapak tangan akan berubah menjadi lebih kering dan kasar saat musim dingin karena kurangnya hidrasi pada kulit.

– Kondisi Tempat Kerja

Kondisi tempat kerja juga dapat berpengaruh pada kondisi telapak tangan, lho. Pekerjaan yang sering menggunakan fungsi tangan yang ekstensif, seperti dokter, perawat, maupun ibu rumah tangga dapat membuat telapak tangan menjadi kering.

– Kondisi Medis

Beberapa kondisi medis juga dapat menyebabkan telapak tangan menjadi kering dan kasar. Misalnya, seperti kondisi autoimun, diabetes, maupun kurangnya sirkulasi darah ke tangan.

– Genetik

Selain beberapa faktor eksternal yang telah disebabkan di atas, faktor genetik juga berperan terhadap kondisi telapak tangan. Misalnya, orang yang terlahir dengan tipe kulit kering cenderung memiliki kondisi telapak tangan yang kasar.

Baca Juga: 4+ Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan

Selain itu, faktor-faktor penyebab tersebut juga dapat diperparah dengan kurangnya perawatan yang diberikan kepada telapak tangan. Misalnya, melalui penggunaan produk-produk perawatan kulit secara rutin.

Cara Menghaluskan Telapak Tangan Kering dan Kasar

Terdapat beberapa cara menghaluskan telapak tangan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi telapak tangan yang kering dan kapalan, di antaranya:

  • Menggunakan pelembab atau baby oil pada telapak tangan sebanyak 2-3 kali sehari, termasuk sebelum tidur.
  • Hindari paparan langsung dengan bahan kimia, misalnya dengan menggunakan sarung tangan saat mencuci tangan atau saat melakukan pekerjaan yang berkontak langsung dengan bahan kimia.
  • Menghindari kebiasaan merokok.
  • Mengelola stres dengan bijak. Misalnya, dengan melakukan kebiasaan menulis jurnal, meditasi, olahraga, dan sebagainya.
  • Memilih sabun dengan kandungan pelembab yang tinggi.
  • Menghindari paparan langsung telapak tangan dengan alkohol.
  • Rajin mengonsumsi makanan bernutrisi, termasuk sayuran, buah-buahan, terutama yang mengandung Vitamin C.
  • Berkonsultasi dengan dokter kulit terpercaya untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit Anda.

Anda juga dapat mengatasi kondisi telapak tangan yang kering dengan menerapkan metode mencuci tangan yang baik dan benar. Gunakan sabun cuci tangan yang cocok dengan kulit Anda dan tidak mengandung kandungan sulfat keras seperti natrium lauril sulfat. Kemudian, Anda dapat mengoleskan pelembab atau baby oil pada telapak tangan Anda secara rutin setelah mencuci tangan.

Baca Juga: Penyebab Gigi Kuning dan Cara Mencegahnya Tanpa Pusing

Rekomendasi Produk yang Ampuh Menghaluskan Telapak Tangan

Untuk mendapatkan telapak tangan yang lebih halus dan cantik, Anda dapat menggunakan hand cream pada kulit telapak tangan Anda secara rutin. Di antara berbagai produk hand cream yang beredar di pasaran, berikut beberapa produk populer sebagai cara menghaluskan telapak tangan Anda:

1. Mamonde Flower Scented Hand Cream

Mamonde Flower Scented Hand Cream adalah produk perawatan tangan yang memiliki tekstur lembut, tidak lengket, dan mampu melembabkan telapak tangan selama berjam-jam. Produk ini hadir dalam tiga varian beraroma floral yang menawan, yaitu Rose, Narcissus, dan Magnolia.

Produk ini berukuran 69 fl oz dan dibanderol mulai dari harga Rp469.700 di marketplace.

2. HolikaHolika Baby Silky Hand Mask Sheet

HolikaHolika Baby Silky Hand Mask Sheet merupakan masker khusus tangan yang mampu menghaluskan telapak tangan dan mengatasi kulit tangan yang bersisik. Masker ini berbentuk seperti sarung tangan sehingga dapat digunakan sembari melakukan aktivitas lainnya.

Produk ini dapat dibeli di marketplace mulai dari kisaran Rp 27.000 – 44.000.

3. Kocostar Hand Moisture Pack

Kocostar Hand Moisture Pack adalah masker tangan yang berfungsi melembabkan dan menghaluskan tangan layaknya kulit bayi. Produk ini berbentuk menyerupai sarung tangan dan cepat menyerap pada kulit sehingga praktis digunakan.

Produk ini dapat dibeli di marketplace mulai dari Rp 90.000.

4. JUARA Coconut Illipe Hand Balm

Jika Anda menginginkan telapak tangan yang lembab dan lebih cerah, produk ini adalah pilihan yang tepat. JUARA Coconut Illipe Hand Balm memiliki kandungan kelapa, minyak kemiri, mentega kentawang, dan dedak gandum yang mampu menghaluskan, mencerahkan, serta mencegah penuaan pada kulit tangan, lho.

Produk ini berukuran 450 gram dan dapat didapatkan dengan harga Rp1.057.120.

5. Sephora Collection Hand Polish

Sephora Collection Hand Polish merupakan pelembab tangan yang bertekstur ringan dan tidak lengket. Produk ini mengandung beberapa kandungan minyak dan gula yang mampu membuat telapak tangan lebih lembut dan sehat.

Produk ini berukuran 30 gram dan dapat dibeli mulai dari harga Rp 110.000 di marketplace.

Tabel Perbandingan Produk Hand Cream 

Berikut tabel perbandingan produk hand cream yang dapat digunakan sebagai cara menghaluskan telapak tangan berdasarkan brand, manfaat, dan harga.

BrandManfaatHarga
Mamonde Flower Scented Hand CreamMelembabkan telapak tanganRp469.700
HolikaHolika Baby Silky Hand Mask SheetMenghaluskan telapak tangan, menghilangkan kulit bersisikRp 27.000 – 44.000 
Kocostar Hand Moisture PackMenghaluskan dan melembabkan telapak tanganRp 90.000
JUARA Coconut Illipe Hand BalmMenghaluskan, mencerahkan, dan mencegah penuaan telapak tanganRp1.057.120
Sephora Collection Hand PolishMelembabkan telapak tanganRp 110.000

Demikian ulasan seputar cara menghaluskan telapak tangan dan rekomendasi produk hand cream yang dapat melembabkan telapak tangan agar lebih sehat dan halus. Selain menggunakan produk-produk perawatan, pastikan juga Anda rajin mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi agar kulit lebih sehat. Selain itu, melakukan konsultasi dengan dokter kulit terpercaya juga dapat membantu Anda menyelesaikan permasalahan telapak tangan Anda. Selamat mencoba!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
11 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download