4+ Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan

27 May 2022 by Laruan, Last edit: 27 May 2022

Dengan tekstur legit dan rasa yang manis, durian menjadi buah yang musim panennya banyak dinanti oleh masyarakat Indonesia. Di balik baunya yang menyengat ternyata ada banyak manfaat buah durian untuk kesehatan. Jadi saat kita menikmati kelezatannya, kita juga bisa merasakan manfaatnya untuk tubuh.

manfaat buah durian

Namun, perlu diingat ada anjuran konsumsi durian per hari bagi orang yang memiliki penyakit tertentu. Jadi, agar bisa meraih manfaat buah durian untuk kesehatan, simak selengkapnya artikel berikut ini.

Baca juga : Manfaat Buah Markisa, Cari Tahu di Sini

Manfaat Buah Durian

Simak berbagai manfaat konsumsi durian bagi tubuh kita.

1.     Kaya Kandungan Antioksidan

Ada berbagai kandungan manfaat dalam durian, salah satunya adalah antioksidan. Antioksidan dalam tubuh berfungsi menangkal radikal bebas dan dapat mengurangi risiko kanker.

Kandungan antioksidan dalam durian berasal dari beberapa vitamin dan nutrisi, seperti, vitamin E dan beta karoten yang memiliki dampak baik terhadap imun atau daya tahan tubuh. Bahkan, buah durian memiliki kandungan potasium yang baik dalam menurunkan tekanan darah.

2. Memiliki Kandungan Karbohidrat Tinggi

Selain memiliki kandungan antioksidan untuk menjaga kesehatan dan menunda penuaan, buah durian juga mengandung karbohidrat yang relatif tinggi. Temuan tersebut didapatkan dari berbagai riset dan penelitian yang yang menyatakan bahwa buah durian mengandung 150 kalori.

Dengan jumlah kalori tersebut, buah durian dinilai cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan harian untuk tubuh dalam beraktivitas. Oleh karenanya, tidak hanya mendapatkan rasa buah yang nikmat dan lezat, kamu juga mendapatkan manfaat tambahan kalori dengan praktis dari buah durian.

3. Ampuh Menurunkan Kadar Gula

Buah tropis satu ini memiliki khasiat yang ampuh dalam menurunkan gula dalam darah. Hal ini mungkin terdengar sedikit kontras dengan rasa manis yang umumnya ditemukan dalam sebiji durian. Meskipun begitu, banyak penelitian yang mendukung bahwa manisnya durian, disertai dengan kandungan glikemik rendah.

Oleh karenanya, selama dikonsumsi dalam batas wajar, durian tidak menyebabkan lonjakan kenaikan gula darah dalam tubuh. Namun sebaliknya, gula darah bisa melonjak tinggi jika mengonsumsi durian berlebihan.

4.     Mengurangi Risiko Kanker

Penyakit kanker termasuk yang paling berbahaya dan mematikan, sehingga menjadi momok yang menakutkan untuk siapapun. Dengan mengonsumsi buah durian, risiko terkena penyakit kanker bisa dikurangi karena kandungan yang tinggi antioksidan menangkal radikal bebas yang menjadi pemicu kanker dalam tubuh.

Pantang Menikmati Durian Secara Berlebihan, Berikut Alasannya

Nikmatnya durian, seringkali membuat lupa diri hingga akhirnya dikonsumsi secara berlebihan. Meskipun ada banyak manfaat buah durian untuk kesehatan, jangan sampai kita kebablasan mengonsumsi durian.  Praktisi kesehatan menyarankan konsumsi durian cukup 2 hingga 3 biji untuk dapat menikmati manfaat buah durian.

manfaat buah durian untuk kesehatan

Inilah berbagai alasan mengapa durian tidak boleh dikonsumsi berlebihan.

Baca juga : Terapkan Pola Hidup Sehat dengan Tips Berikut

1. Terdapat 1500 Kalori dalam 1Kg Durian

Rata-rata manusia sehat diwajibkan memenuhi 2000 kalori setiap harinya agar tubuh dapat bekerja dengan baik. Jumlah kalori tersebut wajib dipenuhi dengan nutrisi seimbang, seperti; menyusun menu dengan komposisi protein, serat, dan karbohidrat seimbang serta makan yang teratur.

Penikmat durian, berhati-hatilah agar tidak mengonsumsi durian secara berlebihan, mengingat dalam 1kg durian terdapat 75% asupan kalori harian untuk tubuh. Jika 75% kalori harian hanya dipenuhi oleh konsumsi durian, khawatirnya tubuh mengalami ketidakseimbangan nutrisi hingga berdampak pada munculnya penyakit atau gangguan tubuh tertentu.

2. Menyebabkan Mabuk Durian

Sebagian besar penikmat durian mungkin pernah mengalami mabuk durian. Mabuk durian adalah suatu keadaan di mana seseorang merasa pusing setelah menikmati durian. Nah, kalau sudah begini, sebaiknya jadikan rasa pusing sebagai alarm untuk membatasi konsumsi durian.

Rasa pusing yang dirasakan bisa jadi disebabkan oleh tingginya kandungan gula dalam durian sehingga tubuh mengalami ketidakseimbangan yang direspon dengan tegangnya otot-otot kepala.

3. Memperparah Asam Lambung

Durian memiliki kandungan yang memicu produksi gas pada saluran pencernaan. Pada penderita asam lambung, kondisi ini dapat dirasakan dengan gejala perut kembung dan begah. Jadi, penderita asam lambung diharapkan untuk mengonsumsi durian dengan hati-hati ya.

4. Lonjakan Gula Darah yang Berbahaya bagi Penderita Diabetes

 Telah disampaikan bahwa konsumsi durian berlebihan dapat memicu peningkatan gula darah. Pada poin ini, penderita diabetes diharapkan berhati-hati dalam mengonsumsi buah durian. Selain menikmati buah durian sesuai anjuran praktisi kesehatan, baiknya durian juga dikonsumsi tanpa pemanis tambahan agar tidak memicu peningkatan gula darah yang memperparah diabetes.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai manfaat buah durian. Semoga membantu!


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

27 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download