4 Manfaat Buah Durian yang Wajib Diketahui

22 Apr 2021 by dan.shen
manfaat buah durian

Siapa yang tidak mengenali buah durian? Banyak dari masyarakat yang menyukai dan gemar konsumsi buah satu ini. Biasa dikenal sebagai raja buah ini memiliki cita rasa yang khas dan memiliki bau yang sangat kuat. Mengenai kesehatan dan kandungannya, ada banyak manfaat buah durian untuk tubuh.

Pada kesempatan kali ini kami mencoba memberikan beberapa penjelasan dan informasi lengkap mengenai manfaat buah durian. Karena belum terlalu banyak yang memahami mengenai manfaat dan kandungannya. Lantas, apa saja beberapa manfaat dari buah satu ini? Simak penjelasan lengkapnya secara lengkap.

Beberapa Manfaat Dari Buah Durian

1. Kaya Kandungan Antioksidan

Apabila Anda menyukai buah durian, maka Anda akan menemukan beberapa kandungan yang terdapat didalamnya. Salah satunya terdapat kandungan antioksidan yang memiliki manfaat baik untuk tubuh. Fungsinya untuk menangkal radikal bebas dan terhindar dari resiko kanker yang melindungi tubuh dari penyakit berbahaya tersebut.

Dalam buah durian itu terkandung beberapa vitamin dan nutrisi lainnya, termasuk vitamin E dan beta karoten yang memiliki dampak baik terhadap imun atau daya tahan tubuh. Bahkan, buah durian memiliki kandungan potasium yang baik dalam menurunkan tekanan darah. Tetapi hal ini perlu kajian ulang, karena konsumsi buah durian berlebihan akan membuat tubuh panas.

2. Tinggi Akan Karbohidrat

Selain memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan dalam tubuh, buah durian mengandung karbohidrat yang relatif tinggi. Hal ini didapatkan dari berbagai riset dan penelitian yang ada kalau buah durian mengandung 150 kalori yang cukup dan pas untuk memenuhi berbagai kebutuhan harian untuk tubuh dalam beraktivitas.

Hal ini membuat Anda akan mendapatkan rasa buah yang nikmat dan lezat, tetapi juga mendapatkan berbagai manfaat dan khasiat yang akan didapatkan. Tentunya ini menjadi pilihan buah yang bisa Anda konsumsi. Namun perlu dipahami jangan terlalu berlebihan, karena tidak baik untuk tubuh.

3. Ampuh Menurunkan Kadar Gula

Manfaat buah durian selanjutnya yaitu bisa menurunkan kadar gula. Buah tropis satu ini memiliki khasiat yang ampuh dalam menurunkan gula dalam darah, meskipun kental akan rasa manis buah ini terdapat kandungan glikemik rendah. Kandungan tersebut dapat memicu kadar gula meningkat apabila konsumsi dalam jumlah yang besar dan terlalu tinggi.

Hal ini tentunya memberikan banyak khasiat dan manfaat, apalagi dengan kemampuannya menurunkan gula darah membuat penderita diabetes dapat mengkonsumsinya. Dengan demikian tetap harus memperhatikan dan jangan terlalu berlebihan dalam konsumsinya, karena bisa berdampak buruk juga nantinya.

4. Terhindar Resiko Kanker

Penyakit kanker termasuk yang paling berbahaya dan mematikan, sehingga menjadi momok yang menakutkan untuk para penderita dan dunia medis. Dengan Anda konsumsi buah durian, maka resiko tersebut dapat terhindari. Karena kandungan yang tinggi akan antioksidan membuat Anda akan mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Bahkan sudah banyak yang membuat ekstra dari buah durian untuk kebutuhan dalam mencegah resiko kanker payudara. Tetapi tindakan ini masih dalam tahap penelitian dan riset secara lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan demikian akan memahami mengenai manfaat dari buah durian tersebut.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai manfaat buah durian yang bisa Anda pahami dan dapatkan secara langsung. Hal ini kabar baik untuk Anda yang gemar dan doyan konsumsi buah tersebut. Tetapi tetap harus memperhatikan kadar konsumsinya dan jangan terlalu berlebihan, karena akan memiliki dampak yang tidak baik juga untuk tubuh.

kredit pintar