7 Penyebab Gigi Kuning dan 5 Cara Untuk Mencegahnya

15 Jun 2021 by kreditpintar
7 Penyebab Gigi Kuning dan 5 Cara Untuk Mencegahnya

Penyebab gigi kuning tidak hanya dikarenakan kebiasaan buruk dalam perawatan. Kondisi seperti ini tentu akan mengganggu penampilan, namun akan semakin terlihat jelas ketika usia sudah bertambah. Kebiasaan merokok,  mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu juga dapat menjadi faktor utama gigi menjadi kuning.

Tapi seiring dengan bertambahnya umur, lapisan enamel gigi berwarna putih akan semakin tipis sehingga lapisan dentin yang memiliki warna kuning akan semakin terlihat. Makanan yang dikonsumsi sehari-hari juga bisa mempercepat kondisi tersebut jika tidak terjaga dengan baik.

Kandungan kromogen ataupun zat pewarna di dalam minuman serta makanan juga menjadi penyebab utama gigi menguning. Zat warna ini yang akan mengakibatkan noda pada lapisan enamel gigi. Mengkonsumsi makanan yang asam juga mampu meningkatkan pengikisan lapisan enamel.

Penyebab Gigi Kuning Dialami Kebanyakan Orang

Nah, Jika Sobat Pintar ingin mengetahui penyebab gigi kuning lainnya maka bisa menyimak ulasan di bawah ini:

1. Sering Mengkonsumsi Wine

Untuk minuman wine yang memiliki kandungan tanin dan juga kromogen jika dikonsumsi cukup sering maka akan memberikan efek buruk. Terlebih kandungan tersebut merupakan pencetus noda gigi yang juga mengakibatkan gigi menjadi kuning.

2. Banyak Konsumsi Kopi dan Teh

Kopi dan juga teh hitam merupakan salah satu minuman yang cukup digemari oleh kalangan muda sampai tua. Nongkrong di tempat kekinian pastinya lebih sering memesan minuman kopi dan juga teh hitam. Tapi apakah Sobat Pintar tahu kedua minuman ini menjadi faktor utama yang mengakibatkan gigi menjadi kuning.

Mengapa demikian? Sebab kopi memiliki sifat asam yang sangat tinggi dengan kandungan kromogen yang cukup tinggi pula sehingga dapat merusak struktur gigi. Mengkonsumsi teh hitam juga mampu memberikan dampak negatif untuk kesehatan gigi yaitu dapat mempercepat gigi keropos.

3. Minuman Berkarbonasi

Minuman yang bersoda dengan warna gelap memiliki sifat asam serta kromogen yang cukup tinggi. Sehingga ketika seseorang sering mengkonsumsi minuman yang berkarbonasi maka tingkat menguning pada gigi akan semakin cepat.

4. Buah Berwarna Terang

Untuk buah-buahan dengan warna yang cukup terang biasanya akan meninggalkan noda pada gigi. Meskipun buah-buahan cukup bagus bagi kesehatan, tapi buah-buahan juga memberikan potensi tinggi membuat gigi menguning. Kategori buah-buahan tersebut diantaranya adalah cherry, buah anggur, buah blackberry, buah blueberry buah cranberry dan juga tomat.

5. Banyak Konsumsi Permen

Penyebab gigi kuning lainnya ialah memiliki kebiasaan mengkonsumsi permen dalam jumlah yang banyak. Perlu Sobat Pintar ketahui jika makan permen rupanya mampu meninggalkan noda pada gigi dan juga lidah. Karena masih terdapat noda pada lidah dan juga gigi tentu akan membuat gigi cepat menguning jika ketika sehabis makan permen tidak segera sikat gigi.

6. Kesehatan Gigi yang Buruk

Memiliki kebiasaan buruk seperti tidak menyikat gigi laku tidak melakukan flashing secara rutin, hal tersebut akan mengakibatkan gigi semakin banyak memiliki noda. Kebiasaan ini memang wajib untuk dihindari ya, selain mengakibatkan karang gigi tentu juga menjadi faktor utama gigi berubah warna menjadi kuning.

7. Kebiasaan Merokok

Merokok dapat menyebabkan noda pada gigi, merokok yang notabenenya adalah menghisap tembakau. Di mana tembakau juga memberikan efek yang sama pada gigi. Sehingga warna berubah menjadi kuning dan membuat siapa saja tidak terjadi.

Tips Ampuh Untuk Atasi Gigi yang Menguning

1. Menyikat gigi dengan bubuk soda kue

Menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi memang sangat penting, tapi ada kalanya waktu untuk menyikat gigi dengan menggunakan bubuk soda kue. Untuk melakukan tips mencegah gigi kuning yang satu ini cukup mudah karena soda kue harus dicampurkan ke dalam air dengan perbandingan 2:1 yang diaduk sampai membentuk pasta.

Bubuk soda kue merupakan bahan alami yang akan membantu noda pada gigi hilang dengan cepat. Tapi dikarenakan sifat soda kue sebagai abrasif maka tidak dipakai setiap hari. Pastikan untuk menggunakannya jika memang kondisi gigi cukup parah dengan noda di setiap bagian gigi serta pada saat gigi telah menguning.

2. Perawatan gigi dan mulut yang baik

Tips mencegah gigi kuning berikutnya adalah dengan melakukan perawatan gigi dan mulut dengan baik. Memutihkan gigi yang cukup memiliki noda membandel tentu tidak akan cukup hanya dengan menggosok gigi saja. Pastikan Sobat Pintar selalu menerapkan untuk selalu membersihkan gigi serta mulut setiap hari setelah makan dan juga sebelum tidur.

Tapi ketika ingin menggosok gigi setelah makan pastikan memberi jeda selama 30 menit terlebih dahulu. Menyikat gigi sehabis makan akan meningkatkan kadar asam di dalam mulut yang malah membuat kondisi gigi semakin rusak. Lebih baik memakai pasta gigi dengan bahan alami seperti charcoal karena bahan tersebut cukup aktif untuk membantu memutihkan gigi yang sudah menguning.

3. Menerapkan pola makan sehat

Tips ampuh lainnya adalah dengan mengurangi makanan manis dan juga asam. Apakah Sobat Pintar termasuk orang yang suka makan manis? Sepertinya semua orang sangat menyukainya. Tapi hal tersebut akan semakin memperparah kondisi gigi jika sering dikonsumsi.

Alangkah baiknya untuk mengurangi pola makan yang tidak sehat tersebut. Sehingga kondisi gigi pun akan semakin baik dan tidak menguning. Lebih baik mengkonsumsi makanan yang tinggi akan serat karena mampu merangsang produksi air liur. Di mana air liur tersebut memiliki kegunaan menjadi pembantu mulut dan juga anti bacterial secara alami.

4. Pemutih gigi

Pada kondisi gigi kuning yang cukup parah, biasanya para dokter gigi akan memberikan rekomendasi yaitu melakukan prosedur pemutihan gigi. Pemutih gigi yang juga dikenal dengan istilah bleaching menjadi metode ampuh untuk bisa membuat kondisi gigi tetap putih serta bisa membersihkan flek di sela-sela gusi. Karena mampu membersihkan plak secara otomatis karang gigi bisa dibersihkan dengan baik.

Proses bleaching juga menjadi tips mencegah gigi kuning, karena setelah melakukan metode tersebut warna enamel gigi putih tidak akan mudah menghilang.

5. Menggunakan metode laser

Untuk cara lain agar bisa membuat gigi kembali putih adalah memakai laser. Penggunaan laser sendiri cukup umum selain metode bleaching. Tapi untuk masalah harga memang jauh lebih tinggi dibandingkan melakukan bleaching.

Hasil yang diperoleh dari menggunakan metode laser memang cukup instan. Sehingga sangat cocok apabila metode ini dipakai oleh orang-orang dengan kondisi gigi kuning yang sangat parah. Tapi biasanya seseorang dengan kondisi seperti itu setelah melakukan metode laser masih harus melakukan tahapan terapi.

Nah, Itulah sekilas informasi yang bisa diberikan kepada Sobat Pintar mengenai penyebab gigi kuning yang patut untuk diketahui. Serta bagaimana tips mencegah gigi kuning yang paling tepat agar permasalahan ini tidak melanda. Pastikan pula untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan juga gigi, serta jangan sampai lupa untuk melakukan pemeriksaan ke dokter gigi secara rutin setidaknya satu bulan sekali. Sebab dengan cara inilah Sobat Pintar tidak hanya memperoleh gigi yang putih tapi juga sehat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload