Cara Menabung di Bank yang Efektif untuk Pemula

04 May 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Ternyata, tidak semua orang tahu cara menabung di bank. Menabung adalah hal penting untuk masa depan kita. Kita tak pernah tahu apa yang terjadi pada hidup kita di masa mendatang.

Oleh karena itu, kita perlu menabung untuk mengantisipasi hal-hal darurat yang mungkin terjadi. Salah satu cara terbaik untuk menabung adalah dengan menyimpan uang di bank. Selain aman, proses pencairan tabungan di bank juga cukup mudah. 

Apalagi, adanya teknologi ATM telah memudahkan kita untuk mengambil uang dimanapun kita berada. Bahkan, saat ini ada metode internet banking atau mobile banking yang membuat kita bisa melakukan transaksi keuangan kapanpun tanpa harus ke luar rumah.

Sayangnya, beberapa orang masih ada yang menganggap menabung di bank hanyalah merepotkan. Anggapan semacam itu harus diluruskan kembali sebab bisa menurunkan niat kita untuk menabung.

Baca juga: Panduan Lengkap Pinjaman Online

Cara menabung di bank

Seperti yang disebutkan sebelumnya, cara menabung di bank sangatlah mudah. Berikut langkah-langkah menabung di bank:

1. Siapkan dokumen data diri

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum membuka rekening tabungan di bank adalah mempersiapkan dokumen data diri seperti KTP, SIM, Kartu pelajar, atau kartu Mahasiswa. Beberapa bank seperti BCA biasanya mensyaratkan adanya kartu keluarga (KK) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) ketika membuka rekening. 

Sementara itu, bank Mandiri tidak mensyaratkan adanya KK namun bank tersebut menjadikan NPWP sebagai syarat membuka rekening. Jika ingin membuka tabungan di BNI, Anda tidak memerlukan KK atau NPWP. Namun BNI mengenakan biaya administrasi bulanan.

2. Siapkan setoran awal

Beberapa bank biasanya meminta setoran awal sebagai syarat pembukaan rekening. Setiap bank ketentuannya berbeda-beda, tergantung pada jenis tabungan. 

Untuk tabungan BNI Taplus dan BCA Tahapan, misalnya, setoran awal minimal sekitar Rp 500 ribu. Jika menabung di tabunganku Mandiri, setoran awal hanya sekitar Rp 20 ribu saja.

3. Pilih bank yang cocok

Setelah mengetahui dokumen apa yang harus disiapkan dan jumlah setoran minimal di awal. Langkah berikutnya adalah memilih bank yang cocok. 

Jika tak punya waktu datang ke kantor cabang utama, Anda bisa membuka rekening di kantor cabang pembantu yang dekat dengan tempat tinggal Anda. 

Saat tiba di bank, Anda bisa meminta bantuan security atau petugas keamanan. Nantinya, mereka yang akan mengarahkan langkah Anda. Saat ini, ada beberapa bank yang menyediakan layanan pembukaan rekening melalui aplikasi yang bersangkutan atau lewat atm setor tunai. 

Jadi, Anda dan perlu datang ke bank. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah mengikuti syarat dan ketentuan yang tertera.

Untuk tabungan BCA, Anda juga bisa melakukan pembukaan rekening di aplikasi mobile. Bank mandiri juga menyediakan fasilitas pembukaan rekening secara online. Jika ingin membuka tabungan BNI Taplus, Anda juga bisa melakukannya melalui aplikasi mobile.

4. Isi formulir

Entah itu membuka rekening lewat aplikasi, online, atau datang langsung ke kantor, Anda perlu mengisi beberapa formulir untuk membuka rekening. Jia datang langsung ke kantor, pengisian formulir biasanya dilakukan di meja customer service. 

Pihak customer service juga akan memberikan penjelasan mengenai tahapan pembukaan rekening dan fasilitas apa saja yang akan didapat oleh nasabah. Setelah semua proses selesai dilakukan, Anda telah memiliki rekening tabungan dengan saldo sesuai setoran awal. 

Setelah itu, Anda bisa memanfaatkan fasilitas ATM, mobile banking, atau internet banking untuk melakukan transaksi keuangan. Proses menabung bisa Anda lakukan melalui teller bank atau melalui sistem transfer tunai di beberapa mesin ATM.

Baca juga :  5+ Pilihan Pinjaman Kredit Cepat yang Mudah dan Aman

Tips menabung yang efektif

Setelah mengetahui cara menabung di bank, Anda harus memahami cara menabung yang efektif agar uang tabungan Anda tidak habis terpakai untuk hal sia-sia. Fungsi menabung adalah untuk investasi atau digunakan untuk hal-hal darurat yang membutuhkan dana besar. 

Jadi, diperlukan tips khusus agar Anda bisa konsisten menabung. Berikut cara menabung yang efektif:

1. Tentukan tujuan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan tujuan menabung dengan jelas. Tanpa tujuan yang jelas, Anda jadi tidak bersemangat untuk menabung. tujuan akan membantu membangun minat menabung agar semakin kuat.

Anda bisa menentukan tujuan menabung untuk jangka panjang, menengah, atau jangka pendek. Lalu buat komitmen berapa uang yang harus Anda sisihkan setiap bulannya untuk dimasukan ke dalam rekening tabungan.

2. Buat rekening terpisah

Buat rekening khusus untuk menabung agar tidak tercampur dengan rekening penghasilan atau gaji. Bila perlu, rekening khusus tabungan tersebut tidak perlu dibuatkan ATM agar Anda tidak bisa melakukan penarikan uang dengan mudah. 

Cara ini penting dilakukan agar rekening tabungan tidak bercampur dengan pengeluaran rutin. Jadi, setiap kali gajian langsung sisihkan uang untuk ditransfer ke rekening khusus tabungan.

Baca juga:  Cara Mengisi Form Pengajuan JHT! Simak Segera!

3. Rutin sisihkan penghasilan 

Hindari menabung saat ada uang sisa. Kalau perlu, Anda sisihkan dari awal dari gaji Anda untuk menabung. Anda bisa sisihkan 5 hingga 10 persen dari total gaji Anda untuk menabung. 

Jika Anda menunggu ada uang sisa, hal itu mustahil untuk digunakan menabung. Kebanyakan kita pasti tergoda untuk berbelanja ketika ada uang lebih.

4. Gunakan otomatis debet

Untuk menghindari rasa malas menabung, Anda bisa memanfaatkan fitur debet otomatis. Fitur debet otomatis ini akan langsung memotong uang pemasukan Anda secara rutin ke rekening yang sudah dipersiapkan untuk tabungan. 

Fitur debet otomatis ini biasanya diberikan pihak bank dengan kesepakatan dari nasabah. Fitur debet juga berguna bagi Anda yang sering lupa untuk menabung.

5. Hindari kredit

Cara menabung berikutnya adalah menghindari hutang atau kredit. Hutang atau kredit hanya akan membuat penghasilan semakin kecil dan alokasi menabung semakin berkurang bahkan hilang. 

Karena itu, sebisa mungkin Anda menghindari berhutang untuk barang-barang konsumtif seber gadget atau pakaian. Anda boleh membeli jenis barang tersebut asalkan Anda sudah memenuhi kebutuhan pokok dan alokasi tabungan terlebih dahulu.

Itulah cara menabung di bank dan tips efektif untuk menabung. Cara menabung di banks sebenarnya tidak sulit. Apalagi, saat ini proses buka rekening tabungan sudah bisa dilakukan hanya dari rumah saja.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download