Inilah Cara Melihat Tipe Laptop dengan Mudah

09 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 11 Mar 2022

Bagaimana cara melihat tipe laptop saat ini menjadi hal yang masih membingungkan untuk sebagian orang, apalagi mereka yang baru mengenal atau mempunyai laptop. Terkadang kebanyakan orang hanya peduli pada merek dari laptopnya saja, masalah tipe itu dianggap tidak terlalu penting.

Cara melihat tipe laptop sebetulnya sangat perlu diketahui oleh pemilik laptop. Karena merek dan tipe adalah hal terpenting pada sebuah laptop. Contohnya saja ketika ingin menjual kembali laptop yang dimiliki. Kita tentu perlu tahu tipe dari laptop tersebut untuk mencari dan menentukan harga.

Tipe laptop juga diperlukan untuk mengetahui kemampuan suatu laptop. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap laptop pastinya memiliki kinerja yang tidak sama. Ada yang hanya untuk hal-hal ringan seperti mengetik dan browser, atau justru bisa untuk melakukan pekerjaan berat seperti yang dimiliki para gaming atau editor.

Tujuan dari diketahuinya kemampuan suatu laptop adalah tidak lain untuk menjaga laptop tersebut tetap baik-baik saja alias tidak bekerja melebihi kemampuannya.

Tidak seperti merek yang selalu tertulis pada bagian body laptop, tulisan terkait tipe memang agak sulit ditemukan.Tapi tenang saja, kali ini kita akan berbagi beberapa cara untuk bisa mengetahui atau menemukan tipe suatu laptop. Penasaran? Yuk, simak beberapa tutorial di bawah ini!

Baca juga: 5 Rekomendasi Laptop 2 Jutaan Untuk Belajar Online

Cara Melihat Tipe Laptop Mudah dan Cepat

Mungkin ada caranya masing-masing untuk mengetahui tipe laptop. Tetapi ada juga cara melihat tipe laptop yang bisa dilakukan untuk semua merek, seperti merek Dell, Asus, Acer, Lenovo, HP, AXIO, Toshiba, Gigabyte, MSI, bahkan Xiaomi.

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, mengetahui tipe laptop sangat penting karena memiliki beberapa manfaat, diantaranya adalah memudahkan mendownload hardware driver saat laptop diinstal ulang, memudahkan service ketika ada kerusakan, memudahkan pencarian accessories laptop, dan lain lain.

Oke, kita langsung saja yuk bahas beberapa cara melihat tipe laptop yang sangat mudah dilakukan, simak baik-baik ya!

1. Melalui System Information

Cara yang satu ini tidak hanya dilakukan untuk melihat tipe laptop, tapi juga bisa dilakukan untuk mengetahui berbagai informasi mengenai sebuah laptop, seperti spesifikasi laptop, juga tipe komponen yang dipakai oleh laptop tersebut. 

Bagaimana caranya? Ini dia langkah-langkah untuk melihat tipe laptop melalui System Information, silakan disimak.

  • Buka dan nyalakan laptop terlebih dahulu.
  • Klik “start” pada laptop, menu tersebut terletak di pojok kiri bawah.
  • Selanjutnya ketik “System Information” lalu buka atau open.
  • Nanti akan muncul berbagai informasi mengenai laptop, untuk tipe laptop terletak pada bagian “System model”.

Cara melihat tipe laptop yang pertama hanya begitu saja, sangat mudah bukan? Selamat mencoba!

2. Melalui Command Prompt (CMD)

CMD atau Command Prompt merupakan sebuah aplikasi penerjemah yang digunakan untuk mengakses komputer. Atau dengan kata lain, CMD dapat diartikan sebagai suatu perintah DOS yang penyampaiannya melalui sebuah text (dalam bentuk text).

Banyak sekali fungsi dari CMD, diantaranya adalah untuk menganalisa kondisi jaringan internet, melihat status aktivasi Windows, mengecek kondisi Hardisk, melihat histori WiFi yang pernah terhubung sebelumnya, memberikan keterangan bandwidth yang tersedia, mengecek troubleshooting yang ada pada jaringan komputer, dan masih banyak lagi.

Selain itu semua, ternyata masih ada satu fungsi CMD yang jarang diketahui oleh orang-orang, yaitu sebagai cara untuk bisa mengetahui tipe laptop. Nah bagaimana cara melihat tipe laptop melalui CMD? Berikut tahapannya:

  • Yang pertama dilakukan setelah menyalakan laptop adalah membuka Command Prompt. Caranya yaitu dengan mengetikkan “CMD” di kolom search pada laptop atau bisa juga dengan mengklik tombol Windows+R dan ketik “CMD” kemudian enter.
  • Ketik “Systeminfo” pada Command Prompt, lalu enter.
  • Disana akan muncul beberapa informasi, untuk mengetahui tipe laptop bisa kamu lihat pada bagian “System Manufacturer” dan “System Model”.

Cara yang kedua juga sangat simpel kan? Bagaimana dengan cara ketiganya ya? Yuk lanjut baca, siapa tahu lebih simple.

Baca juga: Cara Mencerahkan Layar Laptop di Windows 10

3. Melalui Dus Laptop Tersebut

Jarang sekali orang tahu bahwa cara melihat tipe laptop juga bisa dilakukan melalui dus laptop tersebut. Cara ini bisa dibilang termasuk cara manual yang tentu sangat mudah dilakukan. 

Setiap pembelian laptop pasti disertai dengan dus nya. Nah pada dus tersebut lah biasanya tertulis informasi lengkap dari laptop, termasuk tipenya. Bagaimana caranya? 

  • Caranya hanya dengan mencari dus laptop yang dimiliki.
  • Cari tulisan yang kira-kira merupakan tipe dari laptop.
  • Apabila pada dus tidak tersedia informasi mengenai tipe laptop, kamu bisa coba lihat di buku manualnya, biasa disana terdapat informasi seputar laptop.

Sebagai informasi, ketika kamu membeli laptop alangkah bagusnya apabila dus-nya tidak dibuang. Mengapa? Karena dus tersebut akan sangat berharga apabila suatu ketika ingin menjual kembali laptopnya.

4. Melalui DXDIAG (DirectX Diagnostic)

DXDIAG atau DirectX Diagnostic merupakan sebuah aplikasi yang fungsinya sendiri adalah untuk mengetahui system information pada sebuah komputer atau laptop. Langkah atau cara melihat tipe laptop melalui DirectX Diagnostik dapat dikatakan sebagai cara termudah diantara yang lainnya. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Tekan tombol Windows + R, kemudian ketik dxdiag untuk membuka run.
  • Tampilan awal dari aplikasi tersebut adalah tampilan spesifikasi laptop.
  • Bagian tipe laptop terletak pada bagian “System Manufacturer” juga “System Model”.

5.  Melalui PowerShell

Fitur selanjutnya yang bisa digunakan untuk melihat tipe laptop adalah fitur PowerShell. Cara ini bisa kamu gunakan pada Windows 8 atau Windows 10. Cara melihat tipe laptop melalui PowerShell adalah sebagai berikut.

  • Pertama, buka dan nyalakan laptop terlebih dahulu.
  • Klik start di pojok kiri bawah, kemudian ketik “PowerShell”.
  • Setelah “PowerShell terbuka, tipe laptop bisa kamu lihat melalui perintah “Get – CimInstance-ClassName Win32_ComputerSystem kemudian klik tombol enter.
  • Jika kamu penasaran ingin melihat tipe laptop juga spesifikasi lainnya, kamu hanya perlu memasukkan perintah “get-ComputerInfo”, lalu klik enter.

Baca juga: 5+ Cara Mengaktifkan Kamera Laptop Windows!

6. Melalui Control Panel

Yang terakhir adalah cara melihat tipe laptop melalui Control Panel. Untuk sementara, cara ini bisa dilakukan pada Windows 10. Ya, Windows 10 kini memiliki cara sendiri untuk mengecek tipe laptop. Caranya pun cukup mudah lho, berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, kamu tinggal klik saja tombol Windows yang ada di keyboard mu atau arahkan kursor ke tombol start menu.
  • Selanjutnya, pilih menu “Control Panel”. Caranya adalah dengan mengetik “Control Panel lalu klik enter.
  • Setelah itu, kamu perlu masuk ke bagian Control panel.
  • Arahkan kursor ke pilihan “System and Security”, dan pilih menu tersebut.
  • Pilih opsi System.
  • Setelah itu, laptop akan menampilkan spesifikasi lengkap juga tipenya.
  • Kamu perlu fokus pada bagian “section” untuk melihat tipe laptop mu.
  • Selesai.

Menurut kamu sendiri, kira-kira cara melihat tipe laptop yang mana yang dianggap paling mudah? Sepertinya cara melihat tipenya dari dus lebih praktis dan sangat mudah. Bahkan kamu pun tak perlu memasukkan perintah atau instruksi ke dalam komputer atau laptop kamu. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
11 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download