Cara Mencerahkan Layar Laptop di Windows 10

18 Oct 2021 by Laruan

Jika layar laptop Sobat Pintar terlalu gelap, hal itu dapat menyebabkan masalah mata, terutama jika Sobat Pintar duduk di depan komputer sepanjang hari. Mencerahkan layar laptop adalah cara terbaik untuk menghindari rusaknya mata ketika sedang kerja di depan laptop.

Cara mencerahkan layar laptop bisa dilakukan melalui Windows 10, laptop Asus dan Acer dengan sangat mudah. Simak terus artikel ini untuk mendapatkan informasinya secara  lengkap.

Layar yang terlalu gelap dapat menyebabkan ketegangan dan kelelahan mata, sehingga dapat menyebabkan sakit kepala dan penyakit lainnya. Jika Sobat Pintar pengguna laptop biasa, kesehatan mata sangat penting untuk kinerja yang optimal. 

Cara Mencerahkan Layar Laptop Asus dan Acer di Pengaturan Windows 10

Cara tercepat untuk mencerahkan atau menyesuaikan kecerahan layar di Windows 10 adalah di Pusat Pengaturan.

Untuk mengubah kecerahan layar, klik ikon Pemberitahuan di sisi paling kanan bilah tugas. Sobat Pintar akan mendapatkan akses ke penggeser yang dapat digunakan untuk menambah dan mengurangi kecerahan layar. Jika Sobat Pintar tidak melihat penggeser segera muncul, klik “expand” untuk membukanya.

Sobat Pintar juga dapat menyesuaikan kecerahan di menu pengaturan dengan mengikuti cara di bawah ini.

  1. Klik pada menu Start (Ikon Windows)
  2. Klik Pengaturan
  3. Buka Sistem, lalu klik Tampilan
  4. Tepat di bawah Kecerahan dan Warna, gunakan penggeser untuk menyesuaikan Kecerahan Layar ke tingkat yang sesuai untuk Sobat Pintar. Menggeser ke kiri akan menurunkan kecerahan layar, dan ke kanan akan menaikkannya.

Jika Sobat Pintar suka menggunakan pintasan keyboard, tekan dan tahan Windows + I untuk meluncurkan Pengaturan, lalu klik tampilan untuk mendapatkan akses ke penggeser untuk menambah dan mengurangi kecerahan layar.

Ketika Sobat Pintar menggunakan Windows 10 dalam pengaturan kecerahan, itu benar-benar diterapkan pada semua laptop yang membawa sistem Windows. 

Cara mengatur kecerahan laptop Asus dan Acer menggunakan windows 10 sangatlah mudah. Nah, berikut adalah langkah yang dapat Sobat Pintar ikuti saat mengkonfigurasi kecerahan menggunakan slider:

  1. Langkah pertama Sobat Pintar harus mengklik pada simbol baterai di sudut kanan bawah.
  2. Setelah itu, menu akan muncul dan klik pada tingkat kecerahan layar.
  3. Dan Sobat Pintar bisa mengatur kecerahan pada layar laptop sesuai dengan kebutuhan.

Cara Mengubah Kecerahan Layar Laptop dengan Pintasan Keyboard

Sebagian besar keyboard laptop memiliki pintasan untuk mengurangi atau meningkatkan kecerahan layar, terutama jika Sobat Pintar menggunakan laptop berbasis Windows 10.

Kedua tombol biasanya memiliki ikon matahari dengan panah mengarah ke bawah untuk menurunkan kecerahan, dan panah lain mengarah ke atas untuk menaikkan kecerahan. Beberapa tidak memiliki panah sama sekali, hanya ikon matahari.

Kombinasi pintasan keyboard yang paling umum adalah tombol fungsi (fn) + tombol khusus untuk menurunkan kecerahan atau menaikkannya.

Terlepas beberapa cara yang ada di atas, Sobat Pintar dapat secara otomatis menyesuaikan kecerahan sesuai dengan kecerahan, tetapi tidak semua komputer Windows 10 dapat melakukan ini.

Untuk mendapatkan akses ke fitur ini, buka pengaturan, klik sistem, lalu tampilkan. Jika Sobat Pintar dapat melihat “Ubah kecerahan secara otomatis saat pencahayaan berubah”, maka komputer Sobat Pintar memiliki sensor yang dapat mendeteksi pencahayaan sekitar. Jika Sobat Pintar tidak melihatnya, berarti komputer Sobat Pintar tidak memiliki akses fitur ini.

Nah, itulah tadi cara cepat untuk mencerahkan layar laptop Asus dan Acer di Windows 10. Tidak perlu cari cara yang lama, lakukan saja beberapa langkah yang sudah dijelaskan di atas.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
19 Oct 2021
mobile-closeKredit PintarDownload