Begini Cara Mengganti Password WiFi IndiHome

22 Oct 2021 by Laruan

Ada yang masih bingung dengan cara mengganti password WiFi IndiHome? Padahal, langkahnya sangat mudah sekali. Anda bisa mencobanya lewat HP maupun PC. Sebagai informasi saja, penggantian password ini cukup penting bagi Anda. 

Indihome sebetulnya merupakan penyedia jaringan internet yang cukup terkenal di Indonesia. Koneksi internetnya lumayan kencang sehingga sangat diminati. Apabila tiba-tiba koneksi internet Anda melemah, bisa jadi ada yang tahu password WiFi milik Anda. Selalu waspada kemungkinan tersebut dengan rutin mengganti passwordnya secara berkala. 

Lagipula cara mengganti password WiFi IndiHome bisa dikatakan sangat mudah. Anda bisa lakukan via HP maupun melalui PC. Untuk lebih tahu detail langkah-langkahnya, silahkan ikuti saja penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

2 Metode Termudah Cara Mengganti Password WiFi IndiHome 

  1. Melalui PC

Mengganti password WiFi Indihome bisa Anda lakukan via PC. Jika Anda lebih nyaman menggunakan perangkat tersebut, silahkan coba. Langkah-langkahnya bisa Anda ikuti dari penjelasan berikut. 

  • Hubungkan Dulu Perangkat PC Dengan WiFi

Meskipun mau mengganti password WiFi Indihome, Anda tetap harus menghubungkan dulu perangkat PC Dengan jaringan tersebut. Caranya tetap seperti biasanya, pertama nyalakan PC lalu sambungkan pada koneksi internetnya.

Soal password, Anda bisa gunakan saja yang lama. Tidak hanya itu saja, sebetulnya Anda juga tetap bisa ganti password WiFi Indihome melalui koneksi kabel LAN di router yang sama dengan WiFi sehari-hari.

  • Buka Browser

Langkah berikutnya setelah koneksi internet dengan PC Anda tersambung, langsung buka browser. Anda boleh pakai browser apa saja yang menurut Anda lebih nyaman. Boleh menggunakan yang biasa dipakai sehari-hari. Setelah itu menuju ke area address bar.

Dari sana langsung ketik saja 192.168.1.1 seperti saat ingin mengakses situs tertentu ketika berselancar di dunia maya. Pastikan Anda mengetik dengan benar supaya tidak memperlama proses. Jika sudah yakin lengkap dan benar, langsung tekan ”enter”.

  • Isi Password

Apabila sudah mengetik alamat pada address bar tadi, silahkan tunggu sampai terbuka halaman pertama. Pada halaman pertama, biasanya Anda akan dihadapkan pada menu username dan password. Keduanya perlu diisi, dan Anda bisa menggunakan data yang lama.

Bagaimana jika Anda belum pernah sama sekali mengakses alamat tersebut? Paling mudah isi saja dengan “user”. Perhatikan penulisannya harus huruf kecil semua. Kesalahan sedikit saja, prosesnya bisa makin lama.

  • Masuk Menu Pengaturan

Langkah berikutnya, ketika Anda sudah berhasil masuk di akun internet adalah pergi ke menu “pengaturan”. Caranya adalah dari halaman terakhir tadi langsung lihat bagian kiri menu “pengaturan” akan ada di sana. Jika menu tersebut sudah dipilih, silahkan klik “network”

  • Ganti Password

Setelah klik opsi “network”, langsung pilih “WLAN”. Jika sudah pilih opsi “sub menu security”. Lihat bagian kanan halaman, Anda bisa melihat beberapa kolom menu yang perlu diisi oleh pengguna. Pada kolom “WPA Passphrase” Anda ketik password yang baru.

  • Klik “Submit”

Jika sudah memasukkan kombinasi password baru, silahkan langsung saja klik menu “submit”. Dengan begitu, biarkan sistem bekerja untuk ganti password WiFi Indihome Anda. Beberapa saat ke depan, akan muncul notifikasi jika proses penggantian berhasil dilakukan.

  1. Lewat HP

Tidak sedikit orang yang justru kurang suka mengakses sesuatu melalui PC. Jika Anda lebih suka menggunakan perangkat HP, mengganti password WiFi Indihome lewat perangkat tersebut pun masih bisa dilakukan dengan mudah. Panduan lengkapnya akan dijelaskan di bawah ini

  • Hubungkan HP Dengan Jaringan IndiHome

Sebetulnya cara mengganti password WiFi IndiHome baik melalui PC maupun HP tidak jauh beda. Langkah awalnya pun sama persis, Anda harus menghubungkan perangkat tersebut pada koneksi jaringan IndiHome. Anda bisa gunakan password lama supaya bisa cepat terhubung.

  • Buka Browser

Selanjutnya pun Anda diminta untuk buka browser di HP. Gunakan browser apa yang menurut Anda paling nyaman. Setelah itu, masukkan pada address bar alamat 192.168.1.1. Tunggu sampai muncul halaman baru yang menampilkan password dan username. Isi dengan data lama, atau kalau Anda belum pernah akses alamat tersebut, ketik saja “user”.

  • Masuk Akun Internet Dan Lekas Ganti Password

Apabila Anda sudah benar memasukkan data password dan username, maka seharusnya akan muncul halaman baru yaitu akun internet. Setelah itu pilih saja opsi “network” dan klik “WLAN-Security”. Tepat pada kolom “WPA Passphrase”, silahkan isi password baru yang diinginkan.

  • Klik “Submit” Dan Tunggu Prosesnya

Jika Anda sudah memasukkan password barunya, dan yakin mengingatnya, langsung saja klik “submit”. Dengan begitu, permintaan penggantian password WiFi akan segera diproses. Begitu prosesnya berhasil. akan langsung muncul notifikasi jika penggantian telah sukses dilakukan.

Tips Ketika Harus Mengganti Password IndiHome

  • Pastikan Perangkat Sudah Terhubung Dengan Jaringan IndiHome

Beberapa pengguna masih pernah mengalami setelah mencoba ganti password baik dari HP maupun PC tapi belum berhasil. Kemungkinan besar, hal ini disebabkan karena pengguna belum memastikan perangkatnya terhubung dengan jaringan provider tersebut.

Maka, sebelum memulai proses penggantian password WiFi, ada baiknya periksa dulu perangkat Anda. Pastikan sudah terkoneksi dengan jaringan Indihome. Sebab, percuma jika ternyata jaringan internet perangkat Anda sedang tersambung dengan provider lainnya.

  • Pakai Alamat Lain Untuk Bisa Terhubung Dengan Akun Internet

Pada awal tadi sudah dijelaskan, sebelum bisa mengganti password, Anda diharuskan untuk bisa mengakses akun internet IndiHome. Pada umumnya alamatnya memang 192.168.1.1. Namun, pernah kejadian beberapa pengguna tidak berhasil masuk menggunakan alamat tersebut. 

Apabila Anda salah satunya, jangan dulu panik. Coba masukkan alamat lain. Misalnya 192.168.1.1 atau 192.168.1.254/. Keduanya pun diketahui bisa dipakai untuk akses akun internet IndiHome. Jadi, ada baiknya, Anda juga mencobanya.

  • Selalu Pastikan Telah Memasukkan Password Dan Username Dengan Tepat

Tidak kalah penting adalah Anda harus selalu memastikan untuk memasukkan kombinasi password dan username dengan tepat. Salah satu huruf saja pun akan langsung tidak bisa terbuka. Oleh sebab itu, mengisinya pun jangan asal-asalan.

  • Hati-Hati Memasukkan Kata “user”

Apabila merasa belum pernah akses halaman akun internet, Anda bisa masukkan “user” pada kolom password dan username. Penting untuk diingat lagi adalah saat mengisi kata “user”. Pastikan menggunakan semua huruf kecil. Penggunaan huruf kapital, tidak akan bisa terbaca oleh sistem.

  • Gunakan Kombinasi Password Dengan Angka Dan Huruf

Lebih untuk tujuan supaya makin aman, saat membuat password, usahakan pakai kombinasi angka dan huruf. Tidak hanya itu saja, penggunaan huruf pun perlu diperhatikan. Gunakan huruf kecil dan besar sehingga cukup unik dan tidak mudah diketahui.

Itu dia tadi informasi tentang cara mengganti password WiFi Indihome. Anda bisa coba via PC maupun lewat HP. Keduanya sangat mudah dilakukan. Password sudah diganti tapi akses internet Anda tidak mau menyala? Mungkin tagihan Anda belum terbayar, maka segera lunasi. Saat dana belum tersedia, serahkan semua pada Kredit Pintar.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

20 Oct 2021
mobile-closeKredit PintarDownload