5+ Cara Mengaktifkan Kamera Laptop Windows!

01 Oct 2021 by Laruan

Sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia, kegiatan sekolah dan bekerja harus dilaksanakan secara virtual. Hal itu membuat masyarakat harus beradaptasi dengan teknologi untuk bisa mengikuti segala jenis kegiatan melalui conference video. Salah satu hal yang perlu dipahami ialah cara mengaktifkan kamera laptop. Pasalnya, hampir setiap kegiatan virtual mewajibkan pesertanya untuk mengaktifkan video di laptop atau ponsel yang digunakan. Buat Sobat Pintar yang masih belum mengetahui caranya, simak artikel ini sampai tuntas.

5+ Cara Mengaktifkan Kamera Laptop Windows!

Begini Cara Mengaktifkan Kamera Laptop di Windows

Untuk dapat mengaktifkan kamera bawaan laptop, Sobat Pintar harus melakukan pengecekan pada instalasi driver kamera laptop terlebih dahulu. Jika kamera laptop belum terinstal, maka Sobat Pintar perlu menginstalnya secara mandiri lewat device manager. Cara menginstalnya pun tidak sesulit yang Sobat Pintar bayangkan. Langkah pertama, Sobat Pintar perlu mencari driver kamera di device manager. Kemudian, klik kanan pada mouse dan klik “Update Driver Software”.

Jika driver kamera sudah terinstal, sekarang Sobat Pintar dapat melanjutkan ke proses berikutnya. Cara mengaktifkan kamera laptop yang harus Sobat Pintar lakukan adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke menu “Start”;
  • Ketikkan “Pengaturan” atau “Settings” pada kotak pencarian;
  • Ketikkan “Camera Privacy Settings” pada kotak pencarian;
  • Bukalah “Camera Privacy Settings” tadi untuk dapat mengaktifkan kamera;
  • Selanjutnya, pilih “Hidupkan” atau “ON” pada tulisan “Allow Apps to Access Your Camera”;
  • Silakan atur aplikasi apa saja yang diizinkan untuk mengakses kamera di “Choose which Microsoft Store apps can access your camera”;
  • Jika sudah selesai, kamera laptop sekarang sudah bisa digunakan.

Cara Membuka Kamera Laptop di Windows

Kalau sebelumnya sudah dijelaskan cara menyalakan kamera laptop, kini akan disajikan cara membuka kamera di berbagai jenis Windows. Langsung saja, begini panduan lengkapnya.

1. Membuka Kamera di Windows 7

Panduan pertama yang akan dibahas ialah cara membuka kamera di Windows 7 dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  •  Aktifkan atau hidupkan laptop milikmu;
  •  Masuk ke menu “Start”;
  •  Ketikkan “Camera” pada kotak pencarian;
  •  Apabila sudah muncul aplikasinya, langsung buka saja;
  •  Kamera sudah siap untuk digunakan.

2. Membuka Kamera di Windows 8

Berikutnya ada cara membuka kamera di Windows 8 dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  •  Aktifkan atau hidupkan laptop milikmu;
  •  Buka menu “Start”;
  •  Carilah aplikasi “Camera” pada Search Program;
  •  Jika sudah ketemu, langsung buka aplikasinya;
  •  Kamera sudah siap untuk digunakan.

3. Membuka Kamera di Windows 10

Terakhir, ada panduan cara membuka kamera di Windows 10 yang kurang lebih sama dengan Windows 7 dan 8. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  •  Aktifkan atau hidupkan laptop milikmu;
  •  Carilah aplikasi “Camera” pada kolom Search Windows;
  •  Kalau aplikasinya sudah ketemu, langsung buka aplikasi tersebut;
  •  Silakan menunggu sampai kamera berhasil dibuka;
  •  Kamera sudah siap untuk digunakan.

Bagaimana Jika Kamera Tidak Berfungsi?

Salah satu permasalahan yang terjadi pada kamera laptop adalah kamera yang tidak berfungsi. Hal itu mungkin terjadi karena hilangnya driver kamera saat dilakukan pembaruan. Selain itu, bisa jadi penggunaan kamera dihalangi oleh program anti-virus, aplikasi tertentu tidak diizinkan untuk mengakses kamera, atau bisa juga terjadi masalah pada aplikasi yang Sobat Pintar gunakan. Untuk solusinya, Sobat Pintar dapat melakukan beberapa hal berikut.

1. Pasang Ulang Driver Kamera

Solusi pertama yang dapat Sobat Pintar lakukan ketika kamera tidak berfungsi ialah memasang ulang driver kamera. Hal ini dapat dilakukan untuk mengatasi error yang terjadi pada driver kamera. Cara memasang ulang driver kamera sama seperti cara menginstal driver yang sudah dijelaskan di atas.

2. Memperbarui Driver

Solusi kedua yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kamera yang tidak berfungsi adalah dengan memperbarui driver. Caranya pun sangat mudah, yakni dengan menyambungkan laptop ke internet. Setelah itu, bukalah device manager untuk mencari driver kamera. Jika sudah ketemu, klik kanan mouse pada driver dan pilih opsi “Update Driver Software”. Berikutnya, Sobat Pintar tinggal mengikuti instruksi yang ada.

3. Memasang Ulang Laptop

Apabila Sobat Pintar sudah melakukan solusi pertama dan kedua, tetapi kamera tetap tidak berfungsi, Sobat Pintar dapat mencoba solusi ketiga. Caranya adalah dengan menginstal ulang laptop karena bisa jadi sistem operasi laptop tidak mendukung penggunaan laptop. Kalau Sobat Pintar belum pernah melakukannya, tidak ada salahnya untuk membawanya ke tempat reparasi laptop. Sobat Pintar jelaskan saja bahwa kamera laptop tidak dapat berfungsi supaya dapat diperbaiki oleh pihak service di tempat tersebut.

Cara Menonaktifkan Webcam Laptop

Setelah membahas cara menyalakan kamera laptop, sekarang akan dijelaskan juga cara menonaktifkan webcam. Hal ini dapat dilakukan buat Sobat Pintar yang takut webcam eksternal milikmu diretas oleh hacker. Berikut langkah-langkah yang harus ditempuh untuk menonaktifkan webcam.

  • Masuk ke menu “Start” dengan cara mengetuk ikon Windows;
  • Ketikkan “Device Manager” di kolom pencarian;
  • Jika sudah ketemu, langsung buka dengan menekan tombol “Enter”;
  • Silakan cari “Camera” pada daftar perangkat yang ada;
  • Jika sudah ketemu, silakan pilih kamera webcam yang sudah diinstal;
  • Klik kanan mouse pada kamera webcam;
  • Pilih opsi “Disable device”;
  • Webcam sudah berhasil dinonaktifkan.

Rekomendasi Aplikasi Kamera Laptop

Buat Sobat Pintar yang laptopnya tidak terdapat kamera bawaan, Sobat Pintar dapat mencoba beberapa aplikasi pihak ketiga. Berikut tiga aplikasi kamera laptop yang dapat Sobat Pintar pertimbangkan.

1. YouCam

Aplikasi pertama yang direkomendasikan sebagai kamera laptop ialah YouCam. Aplikasi YouCam sudah sangat dikenal karena fitur-fiturnya yang menarik. Beberapa fitur yang ditawarkan ialah 200 efek untuk mendapatkan kualitas foto yang bagus hingga fitur panorama dan HDR. Selain itu, aplikasi ini juga dapat Sobat Pintar gunakan untuk merekam video.

2. Free Screencast

Rekomendasi aplikasi kamera laptop yang kedua adalah aplikasi yang bernama Free Screencast. Aplikasi ini sangat bagus buat Sobat Pintar yang ingin menggunakannya untuk membuat video. Apalagi Sobat Pintar juga dapat merekam tampilan pada layar sehingga sangat cocok untuk membuat video tutorial. Selain itu, Sobat Pintar juga dapat mengambil gambar selagi merekam video dan gambar tersebut dapat disimpan dengan format JPG atau pun BMP.

3. Free2X Webcam Recorder

Berikutnya ada aplikasi bernama Free2X Webcam Recorder dengan segudang fitur yang sangat menarik. Selain digunakan untuk mengambil gambar, Sobat Pintar juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk merekam video. Keunikan dari aplikasi ini, yaitu adanya fitur yang dapat digunakan untuk membuat jadwal perekaman video. Selain itu, Sobat Pintar juga dapat mengedit hasil videonya dengan berbagai macam tools, seperti kecerahan, ketajaman, kontras, saturasi, dan masih banyak lagi.

Di zaman serba canggih saat ini memang diharuskan untuk melek teknologi. Hal itu penting demi bisa beradaptasi dengan perubahan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami cara mengaktifkan kamera laptop agar bisa mengikuti kegiatan secara virtual.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload