Cara Hotspot iPhone Bisa Tersambung dengan Mudah Tanpa Ribet

18 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 07 May 2022

Tidak jauh berbeda dengan smartphone berbasis Android, cara hotspot iPhone aktif dan nyala tidak jauh berbeda. Memang, bila Sobat Pintar tergolong pengguna baru seri iPhone pasti akan kebingungan bila ingin mengaktifkan hotspot untuk yang pertama kali. 

Jika pada Android, fitur hotspot langsung bisa dilihat pada menu peramban di tampilan layar, maka untuk iPhone sedikit berbeda bahkan mungkin cenderung merepotkan bagi para pengguna baru. Alasannya karena fitur hotspot-nya tidak tercantum pada menu peramban layar.

Baca juga: Cara Tethering HP ke HP, Laptop ke HP, dan iPhone 

Lantas, bagaimana cara hotspot iPhone bisa aktif dengan mudah? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan bagi Sobat Pintar. Tidak perlu ragu, karena cara ini dirangkum langsung dari keterangan resmi Apple dalam laman resminya. 

Penasaran? Simak yuk berikut ini!

Cara Mengatur Hotspot Pribadi di iPhone

Dalam situasi tertentu misalnya ketika Sobat Pintar sedang berada di luar rumah, terkadang kita harus menggunakan Hotspot pribadi. Sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana caranya menggunakan dan mengatur hotspot pribadi di iPhone atau iPad. 

Kegunaan fitur ini adalah untuk membagikan jaringan internet dari koneksi data seluler, seperti LTE ke modul Wi-Fi atau bisa juga melalui kabel data di perangkat iPhone atau iPad. 

Melalui koneksi hotspot pribadi inilah, Sobat dapat berbagi data internet ke perangkat mana saja yang diinginkan, baik itu handphone, komputer (PC), laptop, dan lain-lain.

Nah, untuk mengatur hotspot pribadi di iPhone, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, yakni:

  1. Buka pengaturan pada iPhone
  2. Pilih jenis “Seluler” Sobat
  3. Tekan “Hotspot Pribadi atau Pengaturan”
  4. Lalu pilih opsi “Hotspot Pribadi”
  5. Di samping tulisan “Izinkan Akses,” ketuk penggesernya ke arah samping

Apabila pilihan Hotspot Pribadi ternyata tidak bisa ditampilkan meski Sobat sudah melakukan setiap langkah, maka yang harus dilakukan adalah hubungi operator untuk memastikan bahwa Sobat dapat menggunakan Hotspot Pribadi dengan menggunakan paket. 

Cara Menyambungkan iPhone ke Hotspot Pribadi

Sama halnya dengan Android, iPhone juga mampu tersambung ke hotspot pribadi melalui beberapa fitur yakni Bluetooth, Wi-FI dan USB. 

Bisa dibilang bahwa cara hotspot iPhone ini untuk tetap tersambung unik. Bagi Sobat yang menggunakan perangkat iOS 13 atau versi yang lebih baru, perangkatnya akan tetap terhubung ke Hotspot Pribadi walaupun layarnya sedang terkunci. Alhasil, perangkat Sobat Pintar pun akan tetap mendapatkan pesan dan pemberitahuan meski dalam keadaan lock seperti itu.

Ketika Sobat menyambungkan perangkat ke Hotspot Pribadi, warna bar status akan berubah menjadi biru serta menampilkan jumlah perangkat yang bergabung. Jumlah yang bergabung secara bersamaan dengan Hotspot Pribadi tersebut bergantung pada operator juga model iPhone Sobat. 

Apabila perangkat lain ingin bergabung dengan Hotspot Pribadi Sobat menggunakan Wi-Fi, Sobat hanya akan dapat menggunakan data seluler dari perangkat host untuk tersambung ke Internet.

Nah, bagaimana cara hotspot iPhone Sobat bisa tersambung melalui Wi-Fi, Bluetooth, dan USB? Berikut akan dijelaskan langkah-langkahnya dengan lengkap.  

Dengan Wi-Fi

Pada perangkat yang ingin Sobat hubungkan, buka “Pengaturan,” lalu klik “Seluler” kemudian pilih “Hotspot Pribadi.” 

Atau bisa juga pilih “pengaturan” lalu “Hotspot Pribadi”. Selanjutnya pastikan fungsi tersebut sudah dinyalakan atau tidak. 

Setelah itu, verifikasikan kata sandi Wi-Fi tersebut dan juga nama ponsel. Ingat, jangan tutup layar hingga Sobat berhasil menyambungkan perangkat lain tersebut ke jaringan Wi-Fi.

Sekarang, pada perangkat yang akan disambungkan, Sobat buka “Pengaturan” lalu “Wi-Fi,” dan cari iPHone atau iPad Sobat dalam daftar. Kemudian, ketuk jaringan Wi-Fi tersebut untuk turut bergabung. Apabila diperlukan dan diminta, masukkan kata sandi untuk Hotspot Pribadi.

Baca juga: Cara Root Handphone Android dengan Mudah dan Simpel

Dengan Bluetooth

Nah, bagaimana bila ingin menghubungkan lewat Bluetooth? Pastikan terlebih dahulu kalau iPhone atau iPad Sobat dapat ditemukan. Caranya buka “Pengaturan” lalu klik “Bluetooth” dan jangan tutup layar hingga bisa terhubung. 

Hotspot Pribadi ini juga berlaku untuk Mac dan PC atau juga perangkat ketiga lainnya, tinggal ikuti petunjuk dari produsen tentang bagaimana cara mengatur sambungan jaringan Bluetooth. 

Kiat-kiat untuk menyambungkan Hotspot Pribadi lewat Bluetooth adalah sebagai berikut. 

  1. Pada perangkat yang menyediakan Hotspot Pribadi, buka menu “Pengaturan” lalu klik “Hotspot Pribadi” dan pastikan “Izinkan Akses” sudah menyala.
  2. Jangan menutup layar lalu ikuti langkah-langkah berikut agar perangkat Anda bisa terhubung.
  3. Caraya, ketuk “Pengaturan”, lalu “Bluetooth”. Pastikan Bluetooth telah dinyalakan. 
  4. Sekarang ketuk perangkat Sobat yang menyediakan Hotspot Pribadi, lalu konfirmasi kode yang sedang ditampilkan. Tekan “Pasangkan” untuk kedua perangkat.

Dengan USB

Sebelum menghubungkan Hotspot Pribadi melalui USB, pastikan dulu bahwa Sobat memiliki perangkat yang serupa yakni iTunes versi terbaru di Mac dan/atau PC. 

Barulah sekarang Sobat bisa sambungkan iPhone ke PC atau Mac menggunakan kabel USB yang sudah disertakan bersama perangkat. Apabila muncul peringatan yang mengatakan “Percayai Komputer Ini?” maka ketuk “Percayai.”

Bila ingin menghindari biaya data yang tidak perlu, sangat disarankan agar Sobat mematikan Hotspot Pribadi saat memang tidak dibutuhkan. Apabila tidak, setiap Sobat menghubungkan perangkat iOS dengan Hotspot Pribadi ke PC atau Mac untuk mengisi daya, mungkin saja PC atau Mac terhubung ke Hotspot Pribadi tersebut. 

Sekarang untuk Mac yang akan terhubung ke Hotspot Pribadi melalui USB.

  1. Perbarui Mac Sobat ke iTunes versi yang paling baru
  2. Hubungkan Mac ke iPhone atau iPad Sobat dengan kabel USB yang menyediakan Hotspot Pribadi
  3. Ketuk “Percaya” apabila diminta untuk “Percayai Perangkat”
  4. Pastikan Sobat bisa menemukan iPhone di iTunes atau Finder di Mac
  5. Apabila misalnya Mac Sobat tidak mengenali perangkat iPhone, coba gunakan kabel USB lainnya
  6. Lalu buka Preferensi Sistem dan klik “Jaringan”. Kemudian pilih “USB iPhone”.
  7. Jika misalnya Sobat tidak melihatnya, klik tombol berbentuk Plus lalu pilih “Tambahkan”
  8. Ketuk tombol “Lainnya” lalu pilih “Jadikan Layanan Tidak Aktif” kemudian klik “Terapkan.”
  9. Ketuk tombol “Lainnya,” kemudian pilih “Jadikan Layanan Aktif”, dan klik “Terapkan.” 
  10. Apabila Sobat telah terhubung ke jaringan lainnya, koneksi Hotspot Pribadi bisa saja tidak aktif jadi Sobat harus menghapus centang “Nonaktifkan kecuali diperlukan,” kemudian klik “Terapkan.”

Cara Mengatur Sandi Wi-Fi pada Hotspot Pribadi iPhone

Cara hotspot iPhone agar bisa terpasang aman sempurna selanjutnya adalah dengan mengatur kata sandi Wi-Finya. Cara mengubahnya adalah dengan membuka “Pengaturan” lalu klik “Seluler” kemudian tekan “Hotspot Pribadi.”

Atau bisa juga ketuk “Pengaturan” lalu Hotspot Pribadi” kemudian ketuk kata sandi Wi-Fi.

Dalam memilih kata sandi untuk Wi-Fi Hotspot Pribadi Sobat, harap panjang sandi minimal delapan karakter dan gunakan karakter khusus ASCII. 

Karakter ASCII yang dimaksud adalah meliputi:

  1. Angka 0 hingga 9
  2. Semua huruf bahasa Inggris baik itu huruf kecil maupun besar
  3. Beberapa tanda baca tertentu

Namun bisa juga Sobat menggunakan karakter non-ASCII. Kegunaannya adalah agar perangkat lain dalam wilayah tersebut tidak akan dapat bergabung dengan Hotspot Pribadi Sobat. 

Contoh karakter yang masuk dalam karakter non-ASCII adalah karakter yang menggunakan bahasa Rusia, Jepang, Cina, dan lain-lain. 

Baca juga: Cara Mudah Membuat Kode QR

Bisakah Mengizinkan Keluarga Bergabung?

Tak hanya digunakan sendiri, Hotspot Pribadi iPhone juga bisa digunakan bersama keluarga. Sobat bisa mengatur cara hotspot iPhone menggunakan fitur “Keluarga Berbagi” pada perangkat agar dapat bergabung secara otomatis tanpa harus memasukkan kata sandi. 

Bagaimana caranya? Simak yuk, langkah-langkahnya di bawah ini!

  1. Pada perangkat yang memiliki Hotspot Pribadi, buka “Pengaturan” lalu ketuk “Hotspot Pribadi”
  2. Setelahnya pilih opsi “Keluarga Berbagi”
  3. Aktifkan fitur Keluarga Berbagi tersebut
  4. Ketuk nama tiap anggota keluarga Sobat yang akan diizinkan bergabung
  5. Atur apakah mereka harus meminta persetujuan atau bisa bergabung dengan Hotspot Pribadi Sobat secara otomatis

Cara Memutuskan Sambungan Perangkat

Setelah mengetahui cara hotspot iPhone terpasang dan diatur agar bisa digunakan oleh tak hanya pribadi melainkan juga bersama keluarga, sekarang Sobat bisa memutuskan sambungannya. 

Bagaimana cara memutuskan sambungan perangkat seperti yang dimaksud? Langkah-langkahnya sangat mudah. Sobat tinggal mematikan Hotspot Pribadi, lalu mematikan Bluetooth (bila melalui Bluetooth) atau cabut kabel USB dari perangkat (jika dengan USB). 

Mudah, bukan? 

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara hotspot iPhone terpasang dengan sempurna. Bila ada yang kurang, biasanya pihak Apple sudah menyediakan petunjuk lengkap dalam fitur pengaturan setiap perangkatnya. Sobat tinggal membaca petunjuk dari produsennya dengan seksama. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
07 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download