Ternyata Semudah Ini! Cara Membuat Kode QR

18 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 21 Jan 2022

Kode QR adalah barcode yang bentuknya dua dimensi. Bukan sembarang kode karena kode ini menyimpan sebuah informasi dan data ketika di-scan. Zaman digital seperti saat ini, sangat penting untuk mempunyai Kode QR. Entah itu untuk bisnis, pembayaran, dan lain sebagainya. Jadi, sangat penting untuk mengetahui cara membuat kode QR.

Adanya kode QR, sangat membantu. Apalagi dalam pekerjaan jika menggunakan kode QR akan lebih cepat terselesaikan. Misalnya dalam proses pembayaran. Saat menggunakan kode QR untuk pembayaran, kamu tidak perlu lagi membuka dompet kamu, setelah itu mengambil uang, di lanjut dengan menghitung uang. Terlalu lama. Pakai kode QR tinggal scan saja.

Baca juga: Cara Scan Tanda Tangan Dengan Mudah

Cara Membuat Kode QR Tanpa Aplikasi

Membuat kode QR akan cukup mudah jika menggunakan aplikasi bantuan. Namun, tidak sedikit orang terkendala dalam instal aplikasi, penggunaan aplikasi yang membingungkan, registrasi aplikasi yang ribet, dan lain sebagainya.

Sebagai alternatifnya, ada cara membuat QR code tanpa aplikasi. Tentunya proses cepat, mudah, dan anti ribet. Hanya membutuhkan ponsel dan jaringan internet yang stabil saja. Bagaimana caranya? Berikut adalah pembahasannya.

1. Buka Website QR Code Generator

Untuk membuat kode QR tanpa aplikasi, kamu harus membutuhkan bantuan dari Website QR Code Generator. Kamu bisa membuat kode QR kamu sendiri di website ini secara percuma atau gratis tanpa ada pembayaran.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi Website QR Code Generator melalui Google. Ketikan saja di pencarian, QR Code Generator. Setelah berhasil membuka website sebelum masuk ke cara membuat kode QR, kamu harus terlebih dahulu melakukan registrasi atau pendaftaran pada website. Pendaftaran menggunakan akun email.

Setelah melakukan pendaftaran, akan ada email masuk di email yang kamu gunakan untuk melakukan registrasi tadi. Buka email masuk itu dan lakukan verifikasi akun kamu, agar bisa langsung digunakan.

Setelah melakukan verifikasi akan ada email aktivasi akun. Kamu tinggal klik “Aktif Akun” dan proses registrasi pun sudah selesai. Kamu tinggal masuk ke langkah selanjutnya.

2. Pilih Jenis Kode QR yang Akan Kamu Buat

Cara membuat QR code tanpa aplikasi selanjutnya adalah dengan memilih jenis kode QR. Kode QR ada banyak. Ada kode QR untuk bisnis, website, aplikasi, video, gambar, sosial media, dan lain sebagainya. Saat membuat kode QR di Website QR Code Generator, kamu akan diberikan pilihan untuk membuat kode QR apa saja.

Misalnya, kamu ingin membuat kode QR untuk website kamu. Jadi, saat pemilihan jenis kode QR, kamu pilih opsi website. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan URL tujuan. URL tujuan itu, berisikan URL website kamu.

Biar lebih kece, kamu juga bisa memasukkan nama untuk kode QR kamu. Setelah semua sudah siap, kamu tekan opsi selanjutnya untuk melangkah ke tahap terakhir.

3. Lakukan Download untuk Kode QR Kamu

Setelah melewati dua proses sebelumnya, akhirnya kode QR kamu sudah bisa di-download dan bisa langsung kamu gunakan. Bagaimana? Cara membuat kode QR sangat gampang bukan? Anti ribet.

Begitulah cara membuat QR code tanpa aplikasi. Gratis bisa langsung kamu coba. Jenis kode QR selain untuk bisnis, website, aplikasi, video, gambar, sosial media, ada juga kode QR sebagai metode pembayaran. Kamu bisa menggunakan kode QR untuk melakukan pembayaran barang belanjaan kamu.

Cara membuatnya pun sangat gampang. Bisa langsung kamu coba sendiri, anti ribet. Berikut adalah pembahasannya.

Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Uang Tanpa Modal 2021

Cara Membuat Kode QR Pembayaran

Perusahaan besar seperti WeChat dan Alipay, sudah memulai untuk mengubah dan merevolusi kode QR, agar mampu membantu kehidupan manusia di segala sektor. Tak terkecuali dalam proses pembayaran. 

Kode QR pembayaran, akan sangat berguna untuk kamu yang punya bisnis. Tidak perlu lagi menyebutkan nomor rekening kamu yang sampai belasan digit atau pusing ke sana ke mari mencari kembalian pembeli kamu.

Cukup sodorkan kode QR pembayaran kamu pada pelanggan dan nantinya pelanggan tinggal scan lewat e-wallet untuk menyelesaikan pembayaran. Sangat mudah, efektif, dan efisien bukan?

Bagaimana cara membuat kode QR pembayaran? Sangat mudah pastinya. Kamu bisa menggunakan bantuan Website QR Code Generator lagi atau bisa temukan sendiri kode QR pembayaran kamu di masing-masing e-wallet yang kamu pakai.

1. Cara Membuat Kode QR Pembayaran Menggunakan QR Code Generator

Website QR Code Generator adalah website yang paling bisa diandalkan untuk membuat kode QR. Selain caranya yang mudah, membuat kode QR di website ini gratis tanpa dipungut biaya.

Berikut adalah cara membuat kode QR pembayaran menggunakan bantuan Website QR Code Generator.

  • Buka Website QR Code Generator.
  • Pilih jenis kode QR khusus untuk pembayaran.
  • Salin URL metode pembayaran kamu ke Website QR Code Generator.
  • Setelah semua proses sudah dijalankan, waktunya untuk men-download hasil kode QR untuk pembayaran kamu.

Bagaimana, mudah bukan? Membuat kode QR menggunakan bantuan Website QR Code Generator memang sangat simpel dan mudah untuk dilakukan. Itulah mengapa Website QR Code Generator menjadi cara membuat QR code tanpa aplikasi paling mudah dan simpel.

Baca juga: 8 Fungsi Internet Banking untuk Kamu

2. Scan Langsung

Cara kedua memudahkan proses pembayaran menggunakan kode QR adalah dengan cara scan langsung. Setiap aplikasi pembayaran atau e-wallet, biasanya telah menyediakan kode QR khusus di bagian profil pengguna.

Kamu tinggal mencarinya di bagian profil pengguna aplikasi e-wallet kamu. Biasanya di situ tertera QR kode yang bisa digunakan untuk bertransaksi dan memudahkan pembayaran kamu. Jadi, saat akan membayar, kamu tidak perlu repot lagi mencari uang, menghitung uang, atau menyebutkan nomor rekening kamu yang sangat panjang itu.

Semuanya dapat dibuat mudah dengan adanya bantuan dari QR kode khusus pembayaran. Zaman memang sudah semakin berubah karena teknologi. Kalau menggunakan teknologi secara bijak, memang mampu membantu kehidupan. Sebaliknya, jika menggunakan teknologi dengan tidak bijak, maka kamu akan terjerumus ke dalam lembah hitam teknologi.

Sebagai kesimpulan, mempunyai QR kode, di zaman sekarang, memang sangat penting. Zaman di mana orang sudah tidak mau lagi menunggu lama. Semuanya serba cepat dan instan termasuk dalam kemudahan bertransaksi dan saling menghubungi. Semua bisa dipercepat dengan adanya QR code.

Beda dengan 10-15 tahun yang lalu. Ketika orang ingin menghubungi seseorang, harus menyimpan nomor orang tersebut. Dilanjut dengan menyebutkan nomor yang berjumlah 12 digit. Sangat merepotkan. Sekarang, orang mau menyimpan nomor Whatsapp seseorang, tinggal lakukan scan saja menggunakan QR kode, tanpa harus menyebutkan nomor lagi.

Begitu juga dengan masalah pembayaran. Dahulu, orang harus menghitung uang satu per satu untuk kemudian diberikan ke penjual sesuai dengan harga barang yang akan dibeli. Sekarang beda, tinggal scan dan transaksi pun bisa dilakukan.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai cara membuat kode QR. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk membuatnya?

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download