Cara Scan Tanda Tangan Dengan Mudah

09 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 11 Mar 2022

Cara scan tanda tangan kini dapat dilakukan dengan mudah. Era digital tentunya sudah mengubah banyak kebiasaan. Bahkan kemajuan teknologi akan membuat pekerjaan semakin mudah. Terlebih dengan hadirnya metode baru untuk dapat melakukan scan tanda tangan. Beberapa dokumen yang membutuhkan tanda tangan ini. Biasanya untuk keperluan dokumen format digital yaitu Excel, Word, dan Pdf.

Saat ini Sobat Pintar dimudahkan dalam menandatangani keseluruhan dokumen atau berkas. Kini Sobat Pintar tidak harus menandatangani dokumen yang sudah di-print secara manual dengan menggunakan pena. Sehingga Sobat Pintar akan lebih menghemat waktu untuk melakukan hal tersebut. Pastinya dengan terdapat fitur pemindaian tanda tangannya.

Kini terdapat dua cara membuat tanda tangan dengan lebih mudah. Caranya dengan menggunakan fitur Microsoft Word dan menggunakan aplikasi dari ponsel. Berikut ini cara yang dilakukan untuk melakukan pemindaian  tanda tangan.

Baca juga: Gratis! 5 Cara Mudah Membuat Tanda tangan Online

1. Menggunakan Fitur Microsoft Word

Langkah-langkah sebagai cara scan tanda tangan di word cukup mudah. Sobat Pintar dapat menggunakan fitur dari Microsoft Word berikut ini.

Sobat Pintar dapat membuat tanda tangan menggunakan tinta hitam. Pastikan untuk membuatnya di atas kertas putih. Sebaiknya menggunakan bolpoin tebal dengan adanya sedikit penekanan. Sehingga Sobat Pintar akan mendapatkan tanda tangan yang tampak lebih jelas. Hal itu tentunya juga akan mempermudah dalam pengeditan.

Foto tanda tangannya dengan menggunakan kamera ponsel yang tampak jelas. Kemudian pindahkan hasil fotonya ke komputer atau laptop. Tentunya dengan menggunakan kabel data, bluetooth, atau media lainnya.

Sobat Pintar dapat membuka dokumen Microsoft Word dan tempatkan kursornya pada bagian tanda tangan yang diinginkan. Kemudian klik ribbon “Insert” yang berada di bagian atasnya dan pilih “Picture”. Sobat Pintar dapat memasukkan foto tanda tangan yang sudah ditambahkan pada komputer. 

Apabila sudah berhasil menambahkan foto tanda tangannya, maka perlu mengatur ukuran dan posisinya. Cara scan tanda tangan ini dapat menggunakan pengaturan pada Microsoft Word. Untuk dapat memotong, membesarkan, atau mengecilkan gambar tanda tangannya.

Setelah itu Sobat Pintar perlu menghilangkan latar belakang tanda tangan. Hal itu agar warnanya tampak sama dengan latar belakang dokumen Microsoft Word. Untuk melakukan pengeditan gambar, Sobat Pintar perlu klik kanan pada gambar dan pilih “Format Picture”.

Apabila sudah menemukan empat ikon pada “Format Picture”. Kemudian pilih ikon gambarnya, klik “Picture Color” dan pilih “Recolor”. Pada pilihan warna yang ditampilkannya, sebaiknya pilih warna “Black and White 50%”.

Selanjutnya Sobat Pintar perlu menempatkan tanda tangan di atas teksnya agar tampak lebih natural. Caranya dengan klik kanan pada gambar tanda tangannya. Tampak pada layarnya akan muncul pilihan “Wrap Text”. Sobat Pintar dapat memilih “In Front of Text”. Hal itu agar dapat mengatur posisi tanda tangannya yang tampak natural.

Apabila cara scan tanda tangan sudah benar, nantinya background pada foto tanda tangan akan berubah menjadi putih, seperti halnya Microsoft Word. Sehingga hasil tanda tangannya menjadi tampak jelas.

Baca juga: Mengenal Adanya Surat Kontrak Kerja Beserta Fungsinya

2. Menggunakan Aplikasi Ponsel

Menambahkan foto tanda tangan terkadang memberikan hasilnya yang kurang maksimal. Terlebih memiliki kamera ponsel kurang mendukung. Sebaiknya Sobat Pintar menggunakan aplikasi scanner khusus ponsel. Aplikasi tersebut yang dapat Sobat Pintar unduh melalui Playstore. Salah satu aplikasi scanner yang dapat Sobat Pintar gunakan yaitu Microsoft Office Lens. Pada aplikasi satu ini termasuk mudah dioperasikan.

Setelah berhasil mengunduh aplikasi scanner, Sobat Pintar dapat membuat tanda tangan. Tentunya dengan menggunakan tinta hitam di atas kertas putih. Sebaiknya menggunakan bolpoin tebal dengan memberikan sedikit penekanan. Hal itu agar Sobat Pintar mendapatkan tanda tangan yang tampak jelas dan tentunya mempermudah pengeditannya.

Cara scan tanda tangan dapat menggunakan Microsoft Office Lens. Caranya dengan memilih mode dokumen pada aplikasinya. Sobat Pintar perlu mengarahkan kamera pada tanda tangan dan pencet tombol “Foto”.

Sebelum menyimpan tanda tangan dengan format gambar, pastikan pilih filter hitam putih. Hal ini akan membuat latar belakang tanda tangannya tampak bersih. Kemudian tambahkan hasil scan tanda tangan ke dokumen Microsoft Word. Caranya dengan pilih ribbon “Insert” , kemudian klik “Picture” dan pilih “This Device”. Sobat Pintar perlu pilih gambar tanda tangan yang sudah discan.

Apabila sudah berhasil tambahkan foto tanda tangannya, maka perlu mengatur ukuran dan posisinya. Cara scan tanda tangan gunakan menu “Crop” yang terdapat di ribbon “Format”. Kemudian seret garis sesuai ukuran yang diinginkan atau tambahkan ukurannya pada kolom yang tersedia.

Sobat Pintar juga dapat menghilangkan background tanda tangan. Caranya dengan klik gambar, pilih “Color”  dan klik “Transparent Color”. Hal ini akan membuat kursornya berubah menjadi tanda panah. Maka klik kembali gambar tanda panahnya dan latar belakangnya menjadi hilang. Apabila tidak ingin menghilangkan latar belakangnya, Sobat Pintar dapat melewati langkah ini.

Selanjutnya perlu menempatkan tanda tangan pada area yang diinginkan agar tampak natural. Caranya dengan tap dua kali pada gambar tanda tangannya. Tampak pada layarnya akan muncul pilihan “Wrap Text”. Kemudian dapat memilih “In Front of Text” untuk mengatur posisi tanda tangannya.

3. Cara Menyimpan Tanda Tangan

Cara scan tanda tangan tersebut kemungkinan akan dibutuhkan suatu hari nanti. Tentunya kini Sobat Pintar hanya perlu menyimpan tanda tangan tersebut. Hal itu agar Sobat Pintar tidak perlu untuk membuatnya lagi. Caranya dengan klik foto atau gambar tanda tangan yang ingin disimpan. Kemudian pilih “Explore Quick Part” dan klik “Auto Text”. Setelah itu Sobat Pintar perlu pilih “Save Selection to Autotext Gallery”. Masukkan nama file yang diinginkan pada kolom yang muncul, kemudian klik “Ok”. Kini tanda tangan Sobat Pintar menjadi tersimpan.

4. Cara Menggunakan Tanda Tangan yang Tersimpan

Tentunya ada cara mudah untuk menggunakan tanda tangan yang disimpan sebelumnya. Caranya dengan menempatkan kursor yang diinginkan untuk meletakkan tanda tangannya. Sobat Pintar perlu pilih ribbon “Explore Quick Part” dan pilih “Auto Text”. Setelah itu cari nama file yang sudah tersimpan sebelumnya dan klik file tersebut. Maka tanda tangan Sobat Pintar akan tampak secara otomatis.

Kini Sobat Pintar dapat mengetahui cara scan tanda tangan di Word. Pastinya langkah tersebut cukup mudah untuk dilakukan. Sobat Pintar semakin dimudahkan dalam menandatangani keseluruhan dokumen tanpa menggunakan pena.

Baca juga: Cara Memasukkan Tanda Tangan di Word

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
11 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download