8 Fungsi Internet Banking untuk Kamu

24 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 26 Nov 2021

Pada era masa kini, kamu akan semakin mudah melakukan transaksi keuangan melalui jaringan internet. Hal yang perlu kamu ketahui kali ini adalah tentang internet banking, suatu media yang berguna bagi kamu untuk melakukan transaksi.

8 Fungsi Internet Banking untuk Kamu

Internet banking adalah layanan yang menyediakan transaksi perbankan melalui jaringan internet. Dalam layanan ini, teknologi internet menjadi media untuk melakukan  transaksi dan mendapatkan informasi lain melalui website milik bank terkait. 

Jadi, untuk melakukan kegiatan ini, kamu wajib menggunakan jaringan internet sebagai perantara atau penghubung antara nasabah dengan bank tanpa harus mendatangi kantor bank. Nasabah dapat menggunakan perangkat komputer seperti desktop, laptop, tablet, atau smartphone yang bisa terkoneksi ke jaringan internet sebagai penghubung antara perangkat antara nasabah dengan system bank. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot lagi datang ke bank untuk bertransaksi. 

Fungsi Internet Banking

Hadirnya internet banking itu berguna untuk memiliki fungsi memudahkan kamu sebagai pengguna bank untuk memperoleh layanan bank. Ada beberapa fungsi yang perlu kamu tahu dari internet banking, antara lain:

  1. Menghemat waktu dan biaya 

Kamu bisa lebih menghemat waktu dan biaya dalam melakukan transaksi perbankan. Jadi, kamu tak perlu lagi mengeluarkan biaya transportasi atau antri ke bank lama-lama. Untuk diketahui, transaksi e-banking bisa di mana saja dan kapan saja. Semua bisa kamu akses melalui internet;

  1. Mengakumulasi layanan dalam satu waktu sekaligus

Dalam internet banking, kamu bisa melakukan banyak transaksi keuangan, bahkan membuat dan mengatur jadwal;

  1. Menghemat biaya operasional bagi bank

Bank bisa menerapkan sistem informasi teknologi dan mempunyai fitur internet banking. Dengan begitu, pihak bank tidak perlu lagi membuka cabang baru;

  1. Melakukan berbagai macam transaksi bank

Transaksi bank bisa dilakukan seperti transfer uang antar bank nontunai, cek saldo dan mutasi rekening, bayar tagihan kartu kredit, bayar tagihan bulanan, membeli pulsa elektrik, bayar transaksi di e-commerce;

  1. Membuka rekening tabungan baru

Kamu bisa membuka tabungan seperti Pendidikan, tabungan berjangka, asuransi, reksadana, atau juga membuka rekening deposito;

  1. Mengajukan pinjaman

Kamu juga bisa mengajukan pinjaman seperti KTA, KPR, KMG secara online dengan mudah dan cepat;

  1. Mengecek nilai tukar mata uang

Kamu juga bisa mengecek nilai tukar mata uang (kurs) rupiah terhadap mata uang negara lain, seperti  dolar Amerika (USD), dolar Singapura (SGD), dolar Australia (AUD), euro (EUR), yen Jepang (JPY), dan lain-lain;

  1. Update program dan produk

Kamu bisa mengamati berbagai program dan produk terkini dari bank terkait.

Perbedaan antara internet banking dan mobile banking

Lalu, apa bedanya antara internet banking dan mobile banking? Mungkin kamu agak bingung dengan hal ini. Sebetulnya, antara internet banking dan mobile banking memiliki fitur yang hampir serupa. Hanya saja, beberapa hal menjadi pembeda.

Jika internet banking dibuka melalui browser, maka mobile banking hanya bisa dioperasikan  melalui aplikasi ponsel yang telah disediakan pihak bank terkait. Layanan mobile banking juga tidak membutuhkan penggunaan token. 

Selain itu, cara pendaftarannya berbeda. Pada layanan mobile banking, kamu harus mengunjungi kantor cabang terdekat dan menemui staf bank. Setelah selesai mengurus data, kamu sebagai nasabah akan diverifikasi dengan pengiriman kode berformat SMS. Kamu akan diminta membuat password yang nantinya dipakai untuk log in ke situs web resmi bank.

Untuk menjaga keamanan, pihak bank biasanya menyertakan sistem One-Time Password (OTP) dalam mobile banking. OTP tersebut akan dikirim melalui SMS ke nomor kartu SIM yang sudah terdaftar.

Sementara pada layanan internet banking, kamu harus punya token yang sudah diaktifkan. Token adalah sejenis alat kecil dengan  bentuk mirip kalkulator. 

Alat ini berguna untuk menjamin keamanan transaksi, seperti mencegah oknum tidak bertanggung jawab yang hendak menipu atau meretas rekening. Jika kamu belum punya token, kamu hanya bisa melakukan fitur-fitur non transaksi, seperti cek saldo tabungan. 

Untuk menggunakan token, biasanya disesuaikan dengan  peraturan bank terkait. Setelah memasukkan PIN, alat kecil ini bisa memunculkan kode di layarnya yang nantinya dimasukkan pada kolom tersedia sebelum menyelesaikan transaksi.

Demikianlah fungsi dari internet banking. Dengan adanya internet banking, maka kamu bisa dipermudah untuk melakukan transaksi pembayaran atau juga layanan bank yang kamu punya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
26 Nov 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download