Cara Downgrade iOS dengan 3 Metode Berbeda

05 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 18 Mar 2022

Beberapa pengguna iPhone membutuhkan informasi penting mengenai cara downgrade iOS. Downgrade kadang perlu dilakukan demi mendapatkan kenyamanan dalam menggunakan iPhone. Saat akan melakukan downgrade, Sobat Pintar perlu memperhatikan keamanan smartphone.

Melakukan downgrade sebenarnya sama seperti mengembalikan iPhone ke pengaturan pabrik. Downgrade adalah salah satu keunggulan iPhone. Smartphone Android hanya bisa diupgrade saja dan tidak bisa di downgrade. Bagaimana cara melakukan downgrade di iPhone.

Baca juga: 5+ Cara Membuat Lilin Aroma Terapi Dengan Mudah

iPhone 14 Masuk Fase Uji Produksi, Bocoran Diduga Segera Beredar

Cara Downgrade iOS dengan IPSW

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan downgrade terhadap iPhone. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan iPhone Software yang juga dikenal dengan nama IPSW. Untuk menggunakan IPSW dalam melakukan downgrade, ikuti langkah-langkah ini.

  • Buka situs resmi ipsw.me di komputer atau laptop kemudian pilih device iPhone di halaman utama situs web tersebut. Di halaman selanjutnya, jenis iPhone yang sesuai dengan milik Anda. Pilih juga model perangkat yang Sobat Pintar gunakan.
  • Cara downgrade iOS berikutnya adalah memilih versi iOS. Sobat Pintar bisa melihat berbagai versi iOS yang bisa dipilih. Klik pada versi iOS yang Sobat Pintar inginkan. Kalau Sobat Pintar mau melakukan downgrade dari iOS 14 ke iOS 13, pilih versi 13 sesuai dengan jenis iPhone yang Sobat Pintar miliki.
  • Jika iOS telah selesai diunduh, hubungkan iPhone ke laptop menggunakan USB kemudian masuk ke bagian recovery mode. Lalu jalankan aplikasi iTune yang ada di PC. Temukan tombol Restore di halaman utama kemudian klik tombol tersebut.
  • Cari iOS 13 yang sudah Sobat Pintar unduh tadi. Klik di file iOS 14 kemudian pilih Open. Selanjutnya tinggal klik lagi tombol Restore, tapi kali ini yang ada di dialog box. Tunggu sampai proses downgrade selesai dilakukan. iPhone Sobat Pintar pun akan secara otomatis melakukan reboot.

Jika Sobat Pintar sudah melakukan semua cara downgrade iOS di atas tapi smartphone tidak melakukan reboot otomatis, ulangi semua langkahnya sekali lagi hingga iPhone melakukan reboot. Setelah selesai melakukan downgrade iOS, kembalikan semua data yang telah Sobat Pintar backup sebelumnya.

Baca juga: Trik Rahasia Menentukan Adidas Size Chart

iPhone 14 Bakal Menggunakan Desain Kamera Punch Hole?

Melakukan Downgrade Menggunakan iTunes

Para pengguna iPhone di seluruh dunia wajib memahami apa itu iTunes dan bagaimana cara menggunakannya. iTunes dibutuhkan untuk menghubungkan iPhone Sobat Pintar ke PC. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan bantuan iTunes, seperti misalnya melakukan downgrade.

  • Backup dulu semua data di iCloud sebelum Sobat Pintar melakukan downgrade. Sambungkan ponsel ke internet agar proses backup bisa berlangsung dengan lancar dan aman tanpa hambatan. Setelah proses backup selesai, matikan mode Find my iPhone.
  • Cara downgrade iOS berikutnya adalah menghubungkan iPhone dengan PC menggunakan USB. Lalu jalankan iTunes yang terpasang di PC Anda. Klik pada bagian Device lalu pilih Restore iPhone.
  • Untuk melakukan restore, Sobat Pintar harus memastikan sekali lagi bahwa iPhone sudah berada di posisi recovery mode. Ikuti instruksi atau petunjuk yang muncul di layar PC untuk melakukan restore terhadap ponsel iOS Anda.
  • Lalu klik di bagian Install untuk melakukan pemasangan iOS versi yang sebelumnya. Kemudian tunggu sampai proses pemasangan aplikasi selesai. Setelah proses pemasangan aplikasi selesai, iPhone akan melakukan restart.

Setelah proses restart atau reboot selesai, iPhone Sobat Pintar seharusnya sudah bisa digunakan dengan iOS yang berbeda. Kembalikan semua data yang tadi Sobat Pintar backup sehingga bisa diakses lagi di iPhone yang sama. Masih ada cara lain yang bisa digunakan untuk melakukan downgrade.

Baca juga: 7 Karakter Genshin Impact Terbaik dan 3 Item Yang Wajib Dimiliki

Rumor iPhone 14, notch hilang diganti punch-hole - ANTARA News

Cara Downgrade iOS dengan Menggunakan dr. Fone

Wondershare mengembangkan sebuah aplikasi untuk desktop yang bernama dr. Fone. Aplikasi yang canggih ini bisa digunakan untuk berbagai jenis ponsel, termasuk ponsel Android dan iPhone. Dengan menggunakan dr. Fone, Sobat Pintar bisa restore iOS tanpa perlu memakai iTunes.

Cara menggunakan dr. Fone untuk melakukan downgrade juga terbilang mudah dan cukup sederhana. Cukup ikuti beberapa langkah yang ada di bawah ini.

  • Download aplikasi dr. Fone kemudian lakukan instalasi di PC atau laptop yang akan digunakan untuk melakukan downgrade iOS. Lakukan backup data yang ada di iPhone agar tidak hilang setelah di downgrade nanti.
  • Cara downgrade iOS selanjutnya adalah menggunakan kabel USB untuk menyambungkan iPhone ke laptop atau komputer. sistem akan secara otomatis melakukan proses backup data. Tinggal pilih saja data mana yang akan dicadangkan. Kemudian pilih tempat penyimpanannya.
  • Klik tombol backup lalu tunggu sampai proses backup selesai. Setelah itu jalankan software dr. Fone yang ada di komputer atau laptop. Klik pada tombol Start dan pastikan ulang iPhone Sobat Pintar sudah tersambung ke komputer. lalu klik pada tombol Next.
  • Cara downgrade iOS berikutnya adalah masuk dengan memakai m signode recovery. Ikuti semua petunjuk yang muncul di layar lalu klik tombol Download di salah satu versi iOS yang ingin Sobat Pintar gunakan. Centang pilihan retain native data sehingga data tidak akan hilang.
  • Selanjutnya klik tombol Fix Now lalu tunggu sampai proses berhasil. Jika berhasil, iPhone akan secara otomatis melakukan reboot atau restart.

Cara menggunakan dr. Fone sangat mudah. Sobat Pintar bisa mempelajari cara memakai dr. Fone secara lengkap dan mendalam di YouTube. Tapi kalau tujuan Sobat Pintar hanya melakukan downgrade iOS saja, cukup pelajari semua langkah di atas dan lakukan dengan seksama untuk melakukan downgrade.

Baca juga: Spesifikasi Realme C20 dan Harga Terbaru 2022

Alasan Kenapa Harus Beli iPhone 13 Pro Max

Cara Melakukan Downgrade Paling Efektif

Diantara ketiga cara diatas, manakah cara downgrade iOS yang paling efektif dan menguntungkan? Melakukan downgrade iPhone dengan menggunakan IPSW adalah yang paling disarankan. IPSW menawarkan beberapa keuntungan bagi para pengguna iPhone.

  • Versi iOS yang Sobat Pintar unduh bisa dipakai berulang kali. Kalau Sobat Pintar pernah menyimpan data update iOS, Sobat Pintar bisa menggunakan file tersebut berulang kali di beberapa perangkat iPhone lainnya.
  • IPSW bisa dipakai untuk memasang iOS di perangkat iPhone yang mempunyai kapasitas penyimpanan minim.
  • Anda bisa mengunduh file IPSW secara bebas dan leluasa dimanapun Sobat Pintar berada.
  • IPSW bisa menjadi alternatif yang bagus untuk masalah gagal booting.

Karena banyaknya keuntungan menggunakan IPSW, sangat disarankan untuk menggunakan cara downgrade iOS yang satu ini daripada menggunakan cara-cara yang lainnya. Tapi apapun cara yang Sobat Pintar pilih, semuanya melibatkan penggunaan PC atau laptop.

Proses downgrade iOS memang hanya bisa dilakukan dengan bantuan PC atau laptop. Jadi pastikan Sobat Pintar menyiapkan perangkat komputer yang memenuhi syarat dan sudah siap digunakan untuk melakukan proses downgrade.

Siapkan Peralatan Terbaik untuk Melakukan Downgrade

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, Sobat Pintar membutuhkan perangkat komputer untuk melakukan downgrade versi iOS. Jika Sobat Pintar belum mempunyai laptop atau komputer yang memenuhi syarat, download aplikasi Kredit Pintar dan dapatkan dana pinjaman untuk membeli laptop yang dibutuhkan. 

Kredit Pintar adalah aplikasi terbaik yang bisa menjadi solusi keuangan masyarakat Indonesia. Aplikasi ini berada di bawah pengawasan OJK Indonesia sehingga Sobat Pintar tidak perlu lagi meragukan keamanannya. Siapkan laptop yang berkualitas untuk menerapkan cara downgrade iOS diatas.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
18 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download