5+ Cara Membuat Lilin Aroma Terapi Dengan Mudah

19 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 04 Mar 2022

Cara membuat lilin aroma terapi ternyata tidak sesulit yang Anda bayangkan. Bila selama ini Anda menganggapnya sulit, ternyata realitanya tidak seperti itu. Jauh dari apa yang Anda bayangkan, membuat lilin aroma terapi bisa Anda lakukan sendiri. 

cara membuat lilin aroma terapi

Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi saat ingin membeli lilin beraroma terapi ini. Cukup dengan membeli bahan dan peralatannya saja, maka Anda sudah bisa membuat lilin beraroma terapi secara otodidak. 

Lilin aroma terapi banyak disukai orang, khususnya wanita, karena bisa memberi sensasi hitam di dalam ruangan. Selain itu, wangi dari lilin aroma terapi ini juga bisa menenangkan pikiran Anda dari penatnya rutinitas sehari-hari. 

Maka dari itu, lilin jenis ini sangat laku di pasaran. Bahkan harga yang dipatok pun tergolong lebih mahal dibandingkan lilin jenis lainnya. Oleh sebab itu, Anda yang gemar menghirup lilin seperti ini harus rela merogoh kocek yang lumayan banyak. 

Lantas, adakah cara lain yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran membeli lilin aroma terapi? Ya, Anda bisa membuat lilin aroma terapi sendiri dengan melakukan cara-cara berikut ini: 

1. Siapkan Alat Dan Bahan

Sebelum Anda membuat lilin aroma terapi, persiapkan dulu bahan dan alat yang dibutuhkan. Dalam hal ini, peralatan yang dipersiapkan wadah lilin, mangkok, panci, sumbu, dan tusuk gigi. Jika Anda tidak punya alatnya, Anda bisa membelinya. 

Lalu, persiapkan juga bahan-bahan untuk membuat lilin aroma terapi. Bahan-bahan yang diperlukan di antaranya adalah batang lilin, minyak aroma terapi, dan pewarna makanan. Jika Anda tidak memiliki bahan-bahannya, Anda bisa membelinya. 

Baca juga: “Cara Membuat Lilin Cuma Modal Kapas!” 

Peralatan dan bahan untuk membuat lilin aroma terapi ini cukup mudah ditemukan. Beberapa alat seperti mangkok dan panci mungkin sudah ada di rumah Anda. Sedangkan sumbu, wadah lilin, dan tusuk gigi bisa Anda beli di toko sekitar. 

Lalu, untuk bahan-bahan yang diperlukan juga tidak sulit dicari. Anda bisa membeli lilin dan pewarna makanan di warung dekat rumah. Sedangkan minyak aroma terapi bisa Anda beli secara online lewat aplikasi marketplace. 

2. Siapkan Wadah

5+ Cara Membuat Lilin Aroma Terapi Dengan Mudah

Jika seluruh bahan dan alat yang dibutuhkan sudah lengkap, maka lanjutkan ke tahap berikutnya. Cara membuat lilin aroma terapi yang selanjutnya adalah menyiapkan wadah untuk lilin. Sebaiknya, pakailah wadah yang terbuat dari bahan anti bakar. 

Siapkan juga sumbu untuk lilin aroma terapi buatan Anda. Ukurlah panjang sumbu di yang sudah dipasang di dalam wadah lilin. Lalu, sesuaikan ukuran sumbunya hingga panjangnya berada sedikit di atas wadah lilin. 

Jangan lupa ikat bagian atas sumbu menggunakan tusuk gigi. Hal ini dilakukan agar sumbu tetap tegak dan tidak bengkok ke kanan maupun ke kiri. Tak cuma itu, tempatkan pula tusuk gigi di bagian tengah untuk menyangga sumbu tetap tegak. 

3. Lelehkan Lilin

Ambil beberapa batang lilin biasa yang sudah Anda beli. Idealnya, ambil 4-5 batang lilin saja untuk satu wadah lilin berukuran sedang. Buat informasi, usahakan untuk memakai lilin yang berwarna putih alias lilin yang tidak berwarna-warni. 

Taruh lilin tersebut di mangkok yang sudah disiapkan. Hancurkan lilin tersebut hingga menjadi potongan-potongan berukuran kecil. Pisahkan potongan lilin tersebut dengan sumbunya, lalu pakailah lilin yang sudah tidak ada sumbunya itu. 

Baca juga: “Tanaman Pengusir Nyamuk di Pekarangan Rumah

Masukkan mangkok yang sudah berisi potongan lilin tersebut ke dalam panci yang sudah diisi dengan air. Sebaiknya, isi panci dengan air hingga memenuhi setengah bagiannya. Usahakan untuk tidak mengisi penuh supaya airnya tidak tumpah. 

Setelah itu, didihkan panci beserta mangkok yang ditaruh di dalamnya. Tunggu sampai air di dalam panci mendidih, lalu aduk-aduk sampai lilinnya meleleh. 

4. Teteskan Essential Oil

Jika air dalam panci sudah mendidih dan potongan lilinnya sudah meleleh, maka lanjutkan ke cara membuat lilin aroma terapi selanjutnya. Cara berikutnya adalah dengan meneteskan essential oil ke dalam lelehan lilin tersebut. 

Anda bisa memilih aroma apapun yang Anda inginkan. Biasanya, aroma-aroma seperti kopi, lavender, dan vanilla adalah aroma yang paling banyak disukai orang. Tapi, kalau Anda mau memilih aroma yang lain juga tidak masalah. 

Teteskan essential oil yang Anda suka sekitar 4-5 tetes. Sebaiknya, teteskan minyak aroma terapi ini ke dalam lelehan lilin sambil diaduk-aduk. Jika essential oil sudah tercampur rata, lalu tambahkan pula dengan pewarna makanan. 

Kalau Anda mau warna lilinnya sedikit soft, teteskan pewarna makanannya sebanyak 1-2 tetes saja. Namun, jika Anda mau warna lilinnya menyala, teteskan pewarna makanan sebanyak 3-5 tetes. Pemberian warna ini tergantung dari selera pribadi Anda. 

5. Tuangkan Lilin ke Wadah

5+ Cara Membuat Lilin Aroma Terapi Dengan Mudah

ˆJika essential oil dan pewarna makanan sudah tercampur rata ke dalam cairan lilin, segera tuangkan cairan tersebut ke dalam wadah. Gunakan wadah terpisah yang sudah Anda siapkan sebelumnya untuk wadah lilin aroma terapi. 

Supaya tampilannya semakin cantik, Anda bisa memakai wadah berbentuk apapun. Tapi, usahakan ukurannya tidak terlalu besar maupun tidak terlalu kecil ya. Pakailah wadah dengan ukuran yang sedang saja. 

Baca juga: “Apa Itu Diffuser? Kenali Berbagai Jenis dan Manfaat Diffuser

Segera tuangkan lelehan lilin ke dalam wadah yang sudah dipasangi sumbu sebelumnya. Proses penuangan cairan lilin ini harus segera dilakukan sebelum cairannya berubah menjadi dingin dan mengeras. 

Tunggu beberapa menit hingga cairan lilin benar-benar mengeras. Untuk proses pengerasan cairan lilin ini tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas atau alat pendingin lainnya. Cukup diamkan di dalam ruangan selama beberapa menit saja. 

Namun, jika Anda ingin mempercepat proses pengerasan lilin, Anda bisa melakukannya dengan bantuan lain. Misalnya saja dengan menggunakan kipas angin. Kalau tidak punya, taruhlah cairan lilin aroma terapi di luar ruangan agar terkena angin. 

6. Kemas Lilin 

Setelah beberapa menit, cairan lilin aroma terapi akan mengeras. Jika sudah begitu, gunting sumbu yang sudah dipasang. Gunting sumbu agar tidak terlalu panjang dan ukurannya sesuai dengan ukuran lilin aroma terapi yang Anda buat. 

Agar tampilan lilin aroma terapi Anda semakin indah, Anda bisa menambahkan hiasan lain seperti pita atau stiker. Jika Anda ingin menjualnya, kemaslah lilin aroma terapi tersebut menggunakan kemasan seperti kardus atau plastik transparan. 

Setelah itu, gunakan lilin aroma terapi di sudut ruangan kamar Anda. Selain itu, Anda juga bisa menjualnya dan mendapatkan penghasilan dari membuat lilin aroma terapi tersebut. 

Demikianlah cara membuat lilin aroma terapi yang gampang dilakukan oleh pemula. Selalu gunakan cara-cara di atas setiap kali Anda ingin membuat lilin aroma terapi Anda sendiri. Apabila Anda mengalami kesulitan, jangan segan untuk meminta bantuan. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
04 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download