Tanaman Pengusir Nyamuk di Pekarangan Rumah

09 Jul 2021 by Laruan, Last edit: 08 Jul 2021

Lingkungan rumah banyak nyamuk? Bercocok tanam saja. Selain dapat membuat lingkungan rumah jadi indah, beberapa tanaman punya manfaat untuk mengusir nyamuk. Jadi ingat pepatah, “Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui”, rumah tambah indah dan bebas nyamuk. Nah, kali ini kita akan membahas tanaman pengusir nyamuk. Yuk, simak sampai habis!

Ada aroma yang menarik nyamuk, ada juga yang tidak disukai nyamuk. Untungnya, ada beberapa tanaman menghasilkan aroma yang tidak disukai nyamuk. Jadi, dengan menanam tanaman tersebut akan membuat nyamuk menjauh. Apalagi, tanaman pengusir nyamuk tersebut dapat dipakai untuk tanaman hias, makanan, dan bumbu masak. Semakin menarik, bukan?

Nyamuk yang bisa di hindari dengan beberapa tanaman rumah

Tanpa berlama-lama lagi, inilah beberapa tanaman yang tidak disukai nyamuk yang dapat Sobat Pintar tanam di pekarangan Sobat Pintar:

5 Tanaman Yang Tidak Disukai Nyamuk

  1. Serai alias Sereh

Serai tidak cuma enak buat masak soto, tetapi juga manjur untuk mengusir nyamuk. Serai adalah salah satu tanaman yang paling populer untuk mengusir nyamuk. Aroma yang kuat dari serai dapat menutupi aroma yang menarik nyamuk seperti karbon dioksida.

Perawatan serai sangat mudah, artinya Sobat Pintar akan terbebas dari nyamuk tanpa banyak usaha. Tumbuhan ini cocok ditanam di lingkungan dengan iklim yang hangat dan banyak sinar matahari.

  1. Lavender

Ini juga salah satu tanaman yang tidak disukai nyamuk yang populer. Ada banyak obat pengusir nyamuk yang menggunakan tanaman ini sebagai aroma. Penampilannya yang indah juga membuatnya cocok ditanam di halaman rumah atau untuk pajangan di dalam rumah.

Selama ratusan tahun bunga lavender banyak digunakan orang untuk keperluan obat atau aroma terapi. Hal tersebut karena lavender memiliki aroma yang enak dan menenangkan hati. Sedangkan, aroma tersebut tidak disukai oleh nyamuk sehingga lavender menjadi tanaman yang tidak disukai nyamuk yang indah.

Lavender dapat tumbuh dengan baik di lokasi dengan banyak sinar matahari dan drainase yang cukup. Sobat Pintar dapat menanam lavender di depan rumah atau di ambang jendela untuk mengusir nyamuk.

  1. Marigold

Marigold adalah tipe tanaman yang dapat dengan mudah tumbuh di segala macam kondisi tanah. Warnanya menarik dan cerah cocok untuk ditanam di pekarangan, namun memang aroma dari marigold kurang sedap. Aroma tersebut juga tidak disukai nyamuk, sehingga cocok untuk mengusir nyamuk.

Marigold memiliki kandungan pyrethrum, bahan yang dipakai untuk obat pengusir nyamuk dan terkadang disebut sebagai “anti hama alami”. 

  1. Rosemary

Kita mengenal rosemary sebagai bahan tambahan untuk masakan seperti steak, salad, ayam panggang, dan lain sebagainya. Tapi tahukah Sobat Pintar bahwa rosemary juga merupakan tanaman yang tidak disukai nyamuk yang ampuh?

Rosemary memiliki aroma yang tidak disukai nyamuk. Sobat Pintar dapat menanamnya di pot atau dengan membakar sedikit rosemary dan memakai asapnya untuk mengusir nyamuk.

  1. Kemangi

Tanaman yang daunnya selalu jadi teman makan ayam goreng pinggir jalan ini ternyata juga mampu untuk mengusir nyamuk. Aromanya yang kuat dan menggugah selera makan ternyata tidak disukai oleh nyamuk. Kemangi merupakan racun bagi larva nyamuk, jadi Sobat Pintar dapat menempatkan kemangi di area dekat wadah air atau genangan air untuk menghalangi nyamuk bertelur.

Itulah beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa Sobat Pintar tanam di pekarangan rumah Sobat Pintar. Cara efektif lain untuk mengusir nyamuk adalah dengan menghindari dan menutup genangan air agar nyamuk tidak bisa bertelur. Sobat Pintar juga dapat membeli perangkap nyamuk yang banyak dijual di pasaran dengan Kredit Pintar. Dengan syarat yang mudah dan proses yang cepat, Kredit Pintar adalah pilihan pintar untuk mendapatkan perangkap nyamuk Sobat Pintar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
08 Jul 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download