Apa Itu Diffuser? Kenali Berbagai Jenis dan Manfaat Diffuser

Apa Itu Diffuser? Kenali Berbagai Jenis dan Manfaat Diffuser

11 May 2021 by kreditpintar
apa itu diffuser

Belakangan, penggunaan diffuser sedang marak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Benda satu ini punya berbagai jenis serta memiliki banyak manfaat. Lantas, seperti apa penjelasannya?

Apa Itu Diffuser?

Diffuser adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengubah minyak esensial menjadi uap wangi atau aromaterapi. Alat inilah yang akan menyebarkan aroma terapi tersebut ke udara, sehingga ia lebih mudah untuk dihirup. Biasanya, kehadiran benda ini di dalam ruangan bisa membuat suasana menjadi nyaman. Tidak hanya itu, benda inipun dinilai dapat menenangkan pikiran dan mengurangi stres.

Apabila Sobat Pintar banyak melakukan aktivitas di dalam ruangan, alat ini dapat menjadi “sahabat sejatimu”. Hal ini dikarenakan alat ini dapat menjaga kelembapan udara dan kesegaran ruangan. Ruangan yang segar dapat membuat Sobat Pintar beraktivitas dengan nyaman.

Yang menjadikan alat ini populer adalah maraknya penggunaan aromaterapi. Ada berbagai macam aromaterapi yang bisa Sobat Pintar pilih untuk alat ini milikmu. Namun sebelum memilih aromaterapi, Sobat Pintar harus lebih dulu mengenal macam dan manfaat dari alat ini berikut ini.

Jenis

Berikut ini adalah berbagai jenisnya:

1. Lilin

Varian ini adalah yang paling tradisional dan mudah ditemukan. Selain itu, harganya pun cukup terjangkau. Lilin menggunakan suhu panas untuk menghasilkan uap aromaterapi.

2. Keramik

Alat ini terbuat dari material keramik atau tanah liat, sesuai dengan namanya. Ia berbeda dengan lilin yang menggunakan suhu panas. Alat ini menggunakan gelombang suara ultrasonik untuk mengubah minyak esensial menjadi uap wangi.

3. Reed

Alat satu ini biasanya dijual satu paket dengan botol minyak aromaterapinya. Reed dinilai unik, karena ia tidak menggunakan suhu panas atau listrik. Ia menggunakan batang rotan agar dapat berfungsi.

4. Electric 

Jenis alat ini menggunakan energi listrik untuk beroperasi..

5. Nebulizer

Alat ini beroperasi dengan cara memecah minyak esensial menjadi molekul kecil. Setelahnya, ia akan menyebarkannya ke dalam ruangan. Nebulizer punya botol kaca silinder di bagian tengah, dan ini membuat ia terlihat elegan.

6. Ultrasonic

Perangkat ini bekerja dengan menghasilkan kabut halus sehingga muda dilepaskan ke udara. Ia juga memiliki menggunakan untuk melembabkan udara ruangan yang kering. Selain itu, ultrasonic pun cenderung lebih murah dibandingkan nebulizer.

Manfaat 

1. Relaksasi Tubuh

Minyak esensial yang Sobat Pintar masukkan ke dalam alat ini memiliki kandungan minyak atsiri. Kandungan ini dapat memberikan efek rileks pada tubuh. Oleh karenanya, alat ini disarankan disimpan di atas meja kerja, agar pikiranmu dapat terbebas dari stres.

2. Mencegah Flu dan Pilek

Minyak atsiri juga mengandung senyawa organik dan sifat anti-mikroba. Hal ini membuat minyak ini dapat bersentuhan langsung dengan patogen saat disebarkan oleh alat ini. Alhasil, bakteri pun akan lebih sulit menyerang tubuh. Ia juga punya kelebihan, yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak rentan sakit.

3. Melancarkan Pernapasan

Alat ini memiliki kelebihan untuk Sobat Pintar yang memiliki masalah pernapasan. Minyak atsiri yang ada di sana dapat mengurangi penyumbatan dan peradangan saluran pernapasan.

4. Mengatasi Nyeri

Apabila Sobat Pintar mengalami nyeri di bagian kepala, otot, sendi, dan area lainnya, Sobat Pintar bisa mengolesi minyak atsiri pada bagian nyeri tersebut. Untuk memperluas kelebihan dari minyak atsiri, Sobat Pintar bisa menggunakan alat ini agar penggunaannya jadi lebih maksimal.

5. Mengusir Nyamuk dan Serangga

Adanya lalat dan nyamuk di dalam rumah dapat membawa sumber penyakit ke dalam hunian. Oleh karenanya, alat ini dengan minyak esensial dinilai efektif untuk mengusir lalat dan nyamuk saat digunakan.

Kisaran Harga di Pasaran

Harga yang dimiliki oleh alat ini cukup beragam. Ada yang hanya seharga Rp 100.000,00, ada juga yang menjualnya dengan sistem paket bersama aromaterapinya seharga sekitar Rp 2.200.000,00. Namun biasanya alat yang berkualitas memiliki rentang harga sekitar Rp 850.000,00 ke atas.

Sobat Pintar ingin memiliki alat berkualitas ini sendiri tetapi uang belum terkumpul? Jangan khawatir! Kredit Pintar dengan bunga kecil yang dapat menjadi solusi bagi keinginanmu dalam memiliki alat ini. Proses pencairannya amat mudah dan dapat dilakukan selama 24 jam. Jadi Sobat Pintar bisa memiliki alat ini sendiri dengan mengandalkan Kredit Pintar dan bunga kecil yang ditawarkannya.

Yuk, beli alat ini dan aromaterapi yang punya banyak kelebihan ini!

kredit pintar