Pilihan Buah untuk Tipes? Yuk Coba yang Ini

01 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 01 Jul 2022

Tipes memang menjadi salah satu penyakit yang dialami oleh banyak orang. Penderitanya tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sembarangan, termasuk konsumsi buah-buahan. Oleh karena itu, kita perlu tahu tentang buah untuk tipes yang bagus untuk kesehatan. 

Penyakit tipes atau demam tifoid menyerang sistem pencernaan dan bisa terjadi jika seseorang terinfeksi bakteri Salmonella typhi. Jenis bakteri ini menular melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi. 

Ada beberapa penyebab penyakit tipes selain karena bakteri. Bisa juga bisa disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, kurang olahraga, dan makanan yang tidak seimbang. Hal inilah yang memicu sistem imun dalam tubuh mudah terserang penyakit tipes.

Baca juga: Pengertian, Penyebab, dan Ciri Demam Berdarah

E:\ADA APA YA ISINYA\KERJA KARYA\PEKERJAAN\KreeUP\Fastwork\Klien\Klien 1 Kredit Pintar Jakarta\buah.jpg

Beberapa Buah untuk Tipes, Ada Apa Saja?

Biasanya gejala tipes yang sering dialami banyak orang itu seperti tubuh menggigil, sakit perut, sakit kepala, keringat meningkat, batik kering, dan nyeri otot. Jika terus dibiarkan, bukan tidak mungkin berat badan akan menurun. Usahakan untuk minum banyak air putih agar dapat sembuh dengan cepat.

Tidak hanya itu saja, penderita tipes tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar serat tinggi. Hal itu dikarenakan makanan dengan tinggi serat sulit untuk dicerna dan akan mengiritasi usus. 

Memang tidak semua jenis buah boleh dikonsumsi penderita tipes. Berikut ini akan kami sebutkan buah-buahan yang cocok dikonsumsi orang yang memiliki sakit tipes. 

1. Pisang

Buah untuk tipes yang pertama adalah pisang yang aman untuk dikonsumsi ketika sakit tipes. Tekstur pisang yang lembek dan lembut membuatnya mudah dicerna oleh sistem pencernaan. Kandungan probiotik di dalamnya juga baik bagi pencernaan dan meringankan diare.

Sebagian orang juga mengalami diare saat tipes.Selain itu, ada kandungan kalium dalam pisang yang akan membantu mengganti elektrolit yang keluar dari tubuh saat Anda diare.

Merujuk pada The Journal of Pediatric, kandungan pektin atau serat larut pada pisang mampu menyerap cairan di dalam usus sehingga mengurangi diare. Untuk mempercepat pemulihan tipes, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi 2-3 buah pisang setiap harinya. 

Anda juga dapat menambahkan susu krim atau susu mentega yang dapat memelihara nutrisi dan mencegah tubuh mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis selama sakit tipes.

2. Alpukat

Bagi penderita tipes yang mungkin sering mengalami sembelit, buah alpukat bisa menjadi pilihan yang cocok. Alasannya adalah alpukat banyak mengandung serat yang tinggi dan ampuh untuk melancarkan pergerakan usus sehingga proses Buang Air Besar menjadi teratur. 

Akan tetapi, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi buah ini dalam jumlah yang banyak karena sebenarnya penderita tipes harus menghindari makanan tinggi serat.

Baca juga: 7+ Cara Menghilangkan Sakit Kepala

E:\ADA APA YA ISINYA\KERJA KARYA\PEKERJAAN\KreeUP\Fastwork\Klien\Klien 1 Kredit Pintar Jakarta\semangka.jpg

3. Semangka

Semangka termasuk jenis buah untuk tipes yang memiliki kandungan air cukup tinggi dan serat yang rendah. Air yang ada di dalam semangka dapat membantu mencukupi asupan air ketika sakit tipes. 

Semangka juga sebagai sumber antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Buah semangka juga mengandung nutrisi yang baik, yaitu protein. Oleh karena itu, buah ini dapat membantu mempercepat proses pemulihan Anda.

4. Melon

Melon memiliki kandungan serat yang rendah, tapi melon memiliki banyak kandungan nutrisi penting yang tidak kalah dengan jenis buah lain. Dalam satu porsi buah melon (100 gram) mengandung 1% protein, 36 kalori dengan 3% serat pangan, 1% zat besi, dan 5% kalium. 

Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu Anda saat sakit tipes guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Melon juga kaya akan kandungan airnya sehingga dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

5. Buah Naga

Biasanya ketika Anda sakit tipes, gejalanya berupa tidak nafsu makan. Nah, buah naga dapat Anda coba untuk mengatasi hal itu. Tekstur daging buahnya yang lembut dan rasa yang tidak terlalu tajam, sehingga dapat menjadi pilihan buah untuk tipes. 

Buah naga juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak dan mudah dicerna tubuh. Kandungan seperti vitamin C di dalamnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan bakteri baik dalam usus agar memperlancar sistem pencernaan selama tipes.

6. Anggur

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Linus Pauling Institute, kandungan resveratrol dalam buah anggur punya beberapa manfaat. Misalnya untuk menangkal dampak yang disebabkan oleh peradangan dan pencegahan beberapa penyakit, salah satunya adalah tipes. 

Kandungan antioksidan berupa resveratrol dan flavonoid yang tinggi dalam buah anggur sangat baik bagi tubuh. Alangkah baiknya sebelum memakan buah untuk tipes, perhatikan juga kematangan buahnya. Usahakan buah anggur dalam kondisi matang dan manis, ya. 

Baca juga: Ini 9 Obat Sakit Kepala Alami Tanpa Efek Samping 

E:\ADA APA YA ISINYA\KERJA KARYA\PEKERJAAN\KreeUP\Fastwork\Klien\Klien 1 Kredit Pintar Jakarta\buah untuk tipes.jpg

7. Jeruk

Jeruk juga kaya akan kandungan airnya dan vitamin C. Peran penting vitamin ini adalah sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah adanya kerusakan sel akibat radikal bebas. Sehingga, jeruk aman dan bagus buat penderita tipes.

Berdasarkan WebMD, satu buah jeruk ukuran sedang mengandung vitamin C sampai 70 milligram (mg). Akan tetapi, jangan mengkonsumsi jeruk jika kondisi perut terasa perih dan tidak nyaman.

8. Delima

Buah delima dan ekstraknya terbukti dapat berguna melawan bermacam-macam virus patogen dan bakteri, salah satunya Salmonella typhi penyebab tipes.  Buah ini juga cocok sebagai pilihan buah untuk tipes.

Delima ampuh untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan meningkatkan energi tubuh.  Cara mengkonsumsinya bisa langsung dimakan atau diolah sebagai jus buah.

9. Pepaya

Penderita tipes juga bisa mencoba buah pepaya karena buah ini tidak menimbulkan gas. Pepaya memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi dan nutrisi lain seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Kandungan vitamin tersebut dapat meningkatkan sistem imun dan menghadapi radikal bebas.

10. Blewah

Apa lagi buah untuk tipes? Buah yang memiliki kesamaan dengan buah melon ini banyak orang yang jarang mendengarnya. Namun, buah ini diyakini baik bagi penderita tipes. Kandungan serat di dalamnya rendah dan tinggi akan nutrisi. 

Kandungan lain dalam buah blewah, antara lain 98% vitamin A, 50 kalori, 12% vitamin C yang berguna untuk menutrisi tubuh ketika sakit tipes.

Sebenarnya masih ada jenis buah yang baik untuk penderita tipes selain yang disebutkan di atas. Contohnya adalah aprikot atau jeruk limau gedang (grapefruit) dan buah-buahan yang banyak mengandung banyak air lainnya.

Sementara untuk buah-buahan yang tidak dibolehkan untuk dikonsumsi bagi penderita tipes adalah buah yang mengandung gas seperti durian dan nangka. Buah yang terlalu asam seperti nanas, apel, jambu biji dan kiwi.

Saran untuk Anda saat sakit tipes dan akan mengonsumsi buah-buahan di atas, sebaiknya buah itu dicuci sampai bersih menggunakan air mengalir dan terjaga kebersihannya. Kemudian setelah dicuci jangan lupa buahnya untuk dikupas, ya. 

Anda harus selalu menjaga diri dari mengonsumsi makanan atau minuman dan juga alat makan yang kebersihannya masih diragukan supaya terhindar dari tipes serta beristirahat dengan cukup.

Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau perawat untuk memastikan buah yang mana yang terbaik untuk Anda konsumsi sesuai dengan kondisi tubuh serta kebutuhan Anda.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
01 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download