5 Cara Riset Produk untuk Memajukan Bisnis Usahamu

5 Cara Riset Produk untuk Memajukan Bisnis Usahamu

03 Jun 2021 by kreditpintar
5 Cara Riset Produk untuk Memajukan Bisnis Usahamu

Dalam menjalankan suatu usaha tentunya Sobat Pintar menginginkan laba yang besar. Dengan begitu Sobat Pintar harus menentukan produk yang akan menjadi fokus utama dari usaha yang Sobat Pintar jalankan. Hal ini umumnya disebut sebagai riset produk. Tidak hanya itu, Sobat Pintar juga perlu melakukan riset terhadap pesaing atau kompetitor ketika Sobat Pintar memilih usaha suatu produk dengan bidang yang sama. Sehingga Sobat Pintar memerlukan daya kerja yang seimbang antara riset produk dan pesaing dalam melakukan sebuah bisnis. 

Kami menyediakan berbagai macam tips yang Sobat Pintar perlukan untuk menjadikan produk usaha bisa laris di pasaran. Salah satunya dengan melakukan modifikasi produk usaha untuk memberikan hal berbeda dengan produk usaha lainnya. Namun, sebelum itu, diperlukan pula cara untuk melakukan riset terhadap produk usaha. Berikut penjelasannya untuk Sobat Pintar.

Cara Riset Produk untuk Memajukan Bisnis Usaha

Berikut cara untuk melakukan riset terhadap produk usaha yang Sobat Pintar lakukan, diantaranya :

1. Melakukan survey

Inilah cara riset produk yang pertama. Survey dapat dilakukan melalui pemantauan produk dengan peminat dalam jumlah yang banyak dan pembagian kuesioner. Pemantauan produk dapat dilakukan melalui pemantauan marketplace online yang telah tersedia dalam bentuk aplikasi maupun website. Sobat Pintar dapat melihat produk-produk yang memiliki banyak peminat dan tentunya berpotensi bisa dijual belikan dalam jangka panjang. Dengan artian produk tersebut bisa dimodifikasi dan dikembangkan sehingga usaha dapat terus berjalan.

Selain itu, Sobat Pintar juga dapat membagikan kuesioner bagi sekelompok masyarakat tertentu dengan tujuan mengetahui minat dan kesukaan mereka terhadap suatu produk. Tidak hanya itu, Sobat Pintar juga dapat memberikan pilihan berupa produk apakah yang mereka butuhkan dalam kehidupan sehari-hari yang mereka jalankan. Sehingga Sobat Pintar bisa menyalurkan ide dan inovasi mengenai jenis produk usaha yang akan menjadi fokus utama dalam sebuah bisnis.

2. Memberikan kesempatan bagi konsumen untuk memberikan review produk

Tidak hanya survey, Sobat Pintar juga bisa memberikan kesempatan bagi konsumen untuk memberikan review sebagai salah satu cara riset produk. Apabila Sobat Pintar masih belum memulai bisnis tersebut maka hal yang perlu Sobat Pintar lakukan adalah melihat review produk yang telah beredar di pasaran. Dengan begitu, Sobat Pintar dapat menentukan jenis produk apa yang akan menjadi objek bisnis.

3. Memanfaatkan google trends

Google trends merupakan mesin pencarian dari suatu hal seperti lokasi suatu tempat, kategori, ataupun yang lainnya. Bahkan mesin pencarian ini juga dapat membantu Sobat Pintar untuk memperoleh data mengenai suatu hal yang populer di masyarakat. Dengan begitu, hal ini akan memberikan kemudahan bagi Sobat Pintar dalam melakukan riset terhadap produk suatu usaha.

Pada mesin pencarian ini akan muncul grafik garis yang menunjukkan tinggi rendahnya peminat dari permintaan pasar suatu produk yang dapat dimanfaatkan sebagai cara riset produk.

4. Melakukan riset keyword

Riset keyword ini bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan Google Keyword Planner. Penggunaan google ini bisa membantu Sobat Pintar untuk mendapatkan data mengenai minat pasar terhadap suatu produk yang akan dijual pada usaha yang Sobat Pintar lakukan. Tidak hanya itu, melalui fitur ini Sobat Pintar juga akan memperoleh informasi mengenai berbagai keyword yang umumnya dicari oleh masyarakat atau konsumen dimanapun.

5. Melakukan riset dari berbagai iklan

Iklan menjadi salah satu media untuk melakukan riset terhadap suatu produk yang akan Sobat Pintar jual. Suatu iklan yang ditampilkan dengan intensitas yang tinggi menunjukkan bahwa produk yang dipasarkan melalui iklan tersebut memiliki peminat yang tinggi pula. Sehingga Sobat Pintar bisa melakukan riset terhadap iklan baik itu melalui berita online, iklan di televisi, bahkan berbagai macam sponsor yang mendukung suatu acara.

Uraian tersebut merupakan cara untuk melakukan riset produk yang bisa Sobat Pintar lakukan sebelum menjalankan sebuah usaha. Tetapi, riset ini juga dapat Sobat Pintar lakukan untuk mengembangkan produk dari usaha yang Sobat Pintar jalankan. Dalam menjalankan suatu usaha tentunya diperlukan modal untuk memulainya. Oleh karena itu, Sobat Pintar bisa memanfaatkan fasilitas dari Kredit Pintar untuk memenuhi kebutuhan modal tersebut melalui pinjaman dengan mudah.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk