Waspada! Virus Corona Semakin Menggila

02 Feb 2021 by Andro
Virus Corona

Sudah setahun belakangan ini, dunia dihebohkan oleh munculnya penyakit mematikan yang berasal dari sebuah virus baru. Wabah ini mengubah dunia seketika. Penyakit yang awal muncul di Wuhan, China menjadi sorotan publik karena penyebarannya yang sangat cepat. Ya, penyakit yang dikenal dengan Covid-19, disebabkan oleh virus corona. Di Indonesia sendiri, Covid-19 mulai menjangkit Maret 2020, hingga 2021 tercatat sudah 1 juta kasus yang terkonfirmasi.

Penyebab Covid-19

Covid-19 disebabkan oleh virus yang belum pernah teridentifikasi pada manusia sebelumnya, karena umumnya ditemukan pada kelelawar, unta, kucing dan hewan ternak. Virus corona dapat ditularkan melalui droplet yang terhirup atau terkena lapisan dari kornea mata. Orang lanjut usia atau yang mempunyai riwayat penyakit kronis dengan tahan tubuh yang rendah akan lebih rentan tertular serta mengalami infeksi atau komplikasi lainnya.

Gejala Penyakit Covid-19

Ada beberapa gejala yang ditunjukkan oleh penderita penyakit ini, mulai dari flu ringan biasa hingga gangguan sesak napas. Berikut gejala umum yang dialami penderita :

  • Demam tinggi
  • Batuk kering
  • Pilek
  • Nyeri tenggorokan
  • Sesak napas, dan
  • Hidung berair

Belakangan, diketahui muncul gejala Covid-19 yang terbaru seperti :

1.Kehilangan kemampuan indera penciuman atau anosmia

Salah satu gejala Covid-19 yang dialami oleh penderita adalah hilangnya indera penciuman pada empat minggu sebelum terdiagnosis.

2.Kelelahan

Gejala covid-19 yang lain adalah perasaan lelah yang berlebihan. Dilansir dari laman WHO, disebutkan bahwa 40% dari 6000 pasien terkonfirmasi covid-19 mengalami kelelahan akut. Rasa lelah ini akan dialami hingga  waktu yang cukup lama, bahkan ketika pasien sudah dinyatakan sembuh.

3.Mata merah atau konjungtivitis

Ada beberapa pasien yang menunjukkan gejala mata merah muda atau konjungtivitis. Kondisi ini akibat peradangan karena terdapat virus yang menutupi bagian putih mata.

4.Masalah dengan pencernaan

Beberapa pasien yang terpapar virus corona mengalami gangguan pencernaan seperti diare tanpa disertai demam.

5.Delirium

Delirium adalah gangguan berpikir yang mempengaruhi tingkat konsentrasi, pola tidur hingga kemampuan mengingat.

6.Ruam kulit

Ruam kulit juga salah satu gejala yang dialami pasien covid-19. Beberapa diantaranya mengalami bentol-bentol di badan seperti cacar air.

7.Parosmia atau gejala halusinasi mencium bau sangat menyengat

Parosmia merupakan gejala terbaru yang dialami pasien covid-19, yaitu berupa halusinasi mencium bau-bau menyengat , amis atau bau ikan.

Pencegahan Virus Corona

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terjangkit virus corona, di antaranya :

  • Mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun selama minimal 20 detik
  • Hindari menyentuh area wajah, khususnya hidung, mulut atau mata, dalam kondisi tangan yang kotor
  • Hindari berkontak langsung dengan penderita atau orang sakit
  • Rutin membersihkan permukaan benda yang sering dipakai menggunakan cairan desinfektan
  • Pakai masker ketika bertemu dengan orang lain atau bepergian
  • Menjaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain dan hindari aktivitas yang menimbulkan kerumunan

Vaksin Corona

Vaksin corona merupakan salah satu metode yang dapat mengatasi penyebaran virus corona. Saat ini sudah mulai beredar beberapa vaksin yang diyakini berhasil mencegah virus corona. Di Indonesia sendiri, program vaksinasi dimulai tanggal 13 Januari lalu, setidaknya terdapat 5 vaksin yang akan diedarkan, antara lain :

1.Sinovac

Sinovac atau CoronaVac merupakan vaksin yang dikembangkan salah satu perusahaan farmasi asal China dan telah bekerja sama dengan PT. Bio Farma. Nantinya harga vaksin ini diprediksi sekitar Rp. 200.000/ dosis

2.Novavax

Vaksin buatan Amerika ini juga akan digunakan di Indonesia. Vaksin ini diperkirakan akan dijual dengan harga Rp. 225.000/ dosis

3.AstraZeneca-OxFord

Presiden Jokowi sudah membuat pengumuman bahwa akan menggunakan 50 juta dosis vaksin yang diproduksi  AstraZeneca-Oxford. Beberapa sumber mengatakan bahwa vaksin ini akan dijual dengan harga murah sekitar Rp. 60.000 saja.

4.Pfizer-BioNtech

Pfizer-BioNtech ini merupakan satu-satunya vaksin yang sudah mengantongi izin dari WHO. Indonesia juga akan menggunakan 50 juta dosis vaksin ini.

Perkiraan vaksin ini akan dibanderol dengan harga Rp. 275.000/ dosis

5.Covax

Covax merupakan salah satu perusahaan yang dibentuk oleh WHO. Indonesia sendiri akan memasok 54 juta dosis vaksin ini. Vaksin Covax juga telah diklaim halal karena berbahan dasar sintetis.

Itulah informasi terkait virus corona yang sedang mewabah di Indonesia. Program vaksinasi akan terjadwal secara berkala di seluruh Indonesia.  Sebelum waktu giliran tiba, Kamu bisa memperkuat imun tubuh dengan mengonsumi makanan yang kaya nutrisi.

Akan tetapi, agar tercukupi asupan nutrisi di dalam tubuh, Kamu perlu mengeluarkan bujet lebih untuk membeli/ mengolah makanan sehat.

Kredit Pintar : Pinjaman Online Cepat Cair

Butuh dana tunai dengan cepat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi? Ajukan kredit online saja di Kredit Pintar. Kamu bisa menikmati pinjaman uang tunai tanpa jaminan dengan syarat dan cara yang mudah.

Kamu hanya perlu menyediakan KTP dan smartphone berbasis android. Tanpa jaminan apapun, sebab Kredit Pintar memang diperuntukkan bagi Kamu yang membutuhkan dana dalam waktu cepat.

Dengan aplikasi pinjaman online ini, Kamu mempunyai peluang mendapatkan dana darurat tanpa repot. Tidak perlu waktu lama, hanya 5 menit langsung cair.

Keunggulan Kredit Pintar

Berikut beberapa keunggulan Kredit Pintar dibanding aplikasi lainnya:

  • Suku bunga dan biaya layanan yang rendah

Kredit Pintar merupakan aplikasi pinjaman online yang menawarkan suku bunga rendah. Bahkan, suku bunga tahunan yang dibebankan tidak lebih dari 11%. Untuk biaya potongan layanan awal hanya sebesar 5-15 % saja tergantung besar-kecilnya pinjaman dan tenor pinjaman.

  • Proses cepat dan praktis

Sebagai aplikasi yang 100% online, sistem pengajuan pinjaman dana tunai terbilang cepat. Hanya membutuhkan waktu 5 menit, dana sudah dikirim ke rekening.

  • Merupakan tempat Kredit Tanpa Agunan yang aman

Proses verifikasi yang dilakukan oleh sistem menggunakan keamanan ganda, sehingga dana pinjaman Kamu akan aman tanpa khawatir penipuan.

  • Proses pengembalian dana yang mudah

Nasabah dapat memilih metode pembayaran yang mudah, seperti melalui transfer ATM, m-Banking, cabang Alfa Group hingga menggunakan BluePay. Baru-baru ini untuk mengurangi kontak langsung dengan orang lain, terdapat metode pembayaran yang dapat  dilakukan dari rumah yakni melalui virtual number. 

  • Terdapat layanan konsumen 24 jam

Salah satu bukti bahwa aplikasi Kredit PIntar merupakan aplikasi terbaik adalah terdapatnya layanan konsumen yang siap meladeni hingga 24 jam.

  • Keamanan nasabah terjaga dan terjamin

Kredit Pintar sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Segala informasi mengenai data pelanggan akan dilindungi dan tidak disalahgunakan tanpa izin yang bersangkutan.

Jadi, jika Kamu membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan harian, silakan unduh aplikasi Kredit Pintar.  Lakukan registrasi  dan dapatkan penawaran pinjaman online mulai dari 600 ribu hingga 2,3 juta rupiah. Mudah, bukan? Selamat mencoba!

Baca Juga:

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Pinjaman Uang Online

Mengenal Kredit Pintar, Pinjaman Online 24 Jam Cair