Tips Suara Bagus Ini Bisa Bikin Makin Percaya Diri

08 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 10 Dec 2021

Sobat Pintar bercita-cita menjadi penyanyi atau penyiar namun tidak merasa percaya diri karena suara terdengar tidak bagus? Tenang! Berikut ini ada tips suara bagus yang perlu disimak nih. Tips suara bagus ini akan mencakup kiat-kiat yang dapat membantumu menjaga suara tetap sehat dan bagus sehingga Sobat Pintar dapat bernyanyi maupun berbicara dengan percaya diri.

D:\Fastwork_PT Kredit Pintar Indonesia\GAMBAR\Gambar 7.jpg

Baca juga: Cara Agar Bisa Memiliki Suara Bagus

1. Minum Air Putih 

Minum air putih berguna untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, dan jangan lupa untuk menghindari alkohol dan kafein. Pita suaramu bergetar sangat cepat, dan memiliki keseimbangan air yang tepat membantu menjaganya tetap berlapis pelumas dengan baik. Catatan penting: Makanan yang mengandung banyak air adalah makanan ringan yang sangat baik untuk hidrasi, termasuk apel, pir, semangka, persik, melon, anggur, plum, dan paprika.

2. Istirahatkan Suara

Jangan lupa untuk mengistirahatkan suaramu setiap hari, terutama selama periode penggunaan yang lama. Misalnya, guru harus menghindari berbicara terus-menerus selama jam istirahat. Lebih baik mengambil jeda untuk tidak bersuara dengan menghabiskan jam makan siang daripada berbicara atau berbincang-bincang dengan rekan kerja. Ini tips suara bagus yang dapat diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari.

3. Hindari Rokok

Jangan merokok, atau jika Sobat Pintar sudah melakukannya, maka berhentilah. Menghirup asap rokok juga dapat mengiritasi pita suaramu. Dengan tidak merokok, Sobat Pintar bisa menjaga pita suara tetap bagus. Zat di dalam rokok, seperti tembakau, nikotin, dan bahan kimia lainnya justru dapat membuat pita suara bengkak dan rusak. Merokok hanya akan meningkatkan risiko untuk terkena kanker laring atau tenggorokan.

4. Jangan Memaksakan Kerja Pita Suara

Jangan memaksakan kerja pita suaramu, misalnya dengan menghindari berteriak atau menjerit, atau cobalah untuk tidak berbicara dengan sangat keras di tempat yang bising. Jika tenggorokan terasa kering atau lelah, atau suaramu semakin serak, kurangi penggunaan suara. Suara serak adalah tanda peringatan bahwa pita suaramu sedang mengalami iritasi.

5. Jaga Otot Tenggorokan dan leher

Sebagai tips suara bagus, jaga otot tenggorokan dan leher tetap rileks bahkan saat menyanyikan nada tinggi dan nada rendah. Beberapa penyanyi memiringkan kepala ke atas saat menyanyikan nada tinggi dan ke bawah saat menyanyikan nada rendah untuk menjaga otot tenggorokan dan leher. Ketika nada tinggi, Sobat Pintar bisa melihat langit-langit. Ketika nada rendah, Sobat Pintar bisa melihat lantai.

6. Perhatikan Cara Berbicara

Perhatikan caramu berbicara setiap hari. Bahkan penyanyi yang memiliki kebiasaan bernyanyi yang baik pun dapat berpotensi mengalami kerusakan suara saat mereka berbicara. Untuk menjaga suara tetap bagus, tetap perhatikan aliran nafas ketika berbicara.

7. Jangan Terlalu Sering Membersihkan Tenggorokan

Saat Sobat Pintar membersihkan tenggorokan, itu seperti menggores pita suara. Melakukannya terlalu banyak dapat melukai pita suara dan membuatmu bersuara serak. Cobalah minum seteguk air atau berkumur untuk dapat membersihkan tenggorokan. Jika Sobat Pintar merasa harus sering membersihkan tenggorokanmu, periksakan diri ke dokter misalnya jika Sobat Pintar memiliki keluhan penyakit tenggorokan, alergi, atau kondisi sinus.

8. Jangan Berbicara Ketika Sakit

Saat Sobat Pintar sakit, ambillah jeda untuk tidak bersuara dan istirahatkan suaramu. Hindari berbicara saat Sobat Pintar sedang dalam kondisi serak karena pilek atau infeksi. Jika Sobat Pintar sedang sakit, istirahat cukup dan berbicaralah dengan tidak mengeluarkan suara berlebihan agar suara tetap bagus. Jika Sobat Pintar sudah merasakan sakit tenggorokan, istirahatkan suara dan jangan berbicara karena hal itu justru hanya akan memperparah kondisi pita suaramu.

9. Jaga Udara Lingkungan Tetap Baik

Tips suara bagus adalah dengan menjaga kualitas udara tetap baik dan hindari lingkungan dengan udara yang buruk. Kualitas udara tentu sangat berdampak pada sistem pernapasan manusia. Ruangan yang panas, ruangan yang dingin, serta kelembaban udara yang rendah bisa mengakibatkan tenggorokan menjadi cepat kering. Sobat Pintar bisa menghindari ruangan ber-AC dan berada di luar pada malam hari dengan waktu yang lama. 

Baca juga: Jaga Kesehatan Tubuh Sekaligus Jaga Pita Suara dengan Tips Ini

10. Lakukan Pemanasan

Sobat Pintar bisa melakukan gerakan bibir atau lidah di pagi hari (cobalah saat mandi atau saat berkendara ke tempat kerja) untuk memfasilitasi penggunaan aliran udara dan napas yang lebih baik. Lakukan senandung dan bisikan lembut untuk menghangatkan suara Anda di pagi hari. Jika Sobat Pintar akan melakukan pemanasan yang lebih kompleks secara vokal, seperti tangga nada vokal, lakukan pemanasan sederhana terlebih dahulu. Ulangi latihan ini sepanjang hari untuk mengurangi ketegangan otot di leher, bahu, dan rahang.

11. Olahraga dengan Teratur

Olahraga mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan, termasuk bagi pernapasan manusia. Olahraga teratur bisa berdampak pada pernapasan yang lebih kuat dan lebih lama. Seseorang yang berolahraga secara teratur akan mempunyai sistem imun tubuh yang bagus dan tidak rentan sakit. Di samping itu, seseorang yang berolahraga secara teratur juga akan mempunyai pernapasan yang lebih kuat.

12. Jaga Kesehatan dan Kebersihan

Cuci tanganmu secara teratur dan menyeluruh. Jika terkena infeksi, cobalah untuk menghindari obat pilek dan alergi yang menyebabkan dehidrasi. Sebagai gantinya, konsultasikan dengan dokter untuk perawatan yang lebih baik pada pita suaramu. Jauhi obat kumur dengan alkohol atau iritasi kimia lainnya. Sama seperti minuman beralkohol, ini bisa mengeringkan pita suaramu.

12. Gunakan Mikrofon

Jika Sobat Pintar perlu berbicara di depan umum kepada orang banyak, gunakan mikrofon dan amplifikasi. Cobalah untuk melatih teknik pernapasan yang baik saat berbicara, seperti napas dalam-dalam, menarik dari diafragma, karena menggunakan tenggorokan saja dapat membuat suara menjadi tegang dan serak. Jangan memberi tekanan pada suaramu, tetaplah untuk menghindari berteriak.

Kesehatan suara mengacu pada fungsi pita suara, yang merupakan dua pita otot yang terletak di laring yang bergetar saat Sobat Pintar berbicara atau bernyanyi. Banyak hal yang dapat mempengaruhi kesehatan suara, mulai dari merokok hingga pembersihan tenggorokan. Hal ini sangat penting bagi penyanyi maupun aktor untuk memprioritaskan kesehatan vokal, karena penggunaan suara sehari-hari yang sederhana dapat membahayakan suara mereka.

Baca juga: Segarkan Pita Suara dengan Teh Hitam, Simak Manfaatnya!Menjaga suara tetap sehat dan bagus sangat penting untuk membangun hubungan dan berkomunikasi dengan baik dengan orang lain selain bernyanyi. Suaramu sangat berharga untuk interaksi sosial dan penting untuk banyak pekerjaan. Sobat Pintar dapat menyimak tips suara bagus di atas untuk mencegah maupun mengurangi masalah yang terkait dengan suara yang buruk seperti serak dan dapat melindungi suara bagus sepanjang waktu.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Dec 2021
mobile-closeKredit PintarDownload