7 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan

23 Jun 2021 by Laruan
7 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan

Sama halnya dengan teh hijau, teh hitam juga berasal dari daun Camellia Sinensis. Namun teh hitam telah melewati proses pengeringan dan oksidasi sehingga berubah warna menjadi hitam pekat dan memiliki rasa yang sangat solid dan lebih kuat ketimbang teh pada umumnya. Setelah melewati proses pengujian oleh ahli kesehatan, faktanya khasiat dan manfaat teh hitam sangat baik untuk tubuh dan kesehatan kita. Salah satunya adalah mencegah penyakit jantung. 

Sebelum membahas manfaat teh hitam untuk kesehatan tubuh kita. Ada baiknya kita mengerti kandungan yang ada pada teh jenis ini. Berdasarkan informasi yang kami temukan, di dalam seduhan 100-gram teh hitam, terkandung nutrisi sebagai berikut ini: 

  • 99,7 gram air 
  • 1 kkal energi 
  • 0,3 gram karbohidrat 
  • 0,02 miligram zat besi 
  • 3 milligram magnesium 
  • 1 milligram fosfor 
  • 37 miligram kalium 
  • 20 milligram kafein
  • katekin, theaflavin, dan thearubigins (sumber antioksidan utama)

Dari kandungan nutrisi yang diberikan oleh teh hitam, lantas apa saja kegunaan teh hitam bagi tubuh kita? Simak 7 manfaat teh hitam berikut ini. 

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Teh hitam sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan teh hitam mengandung antioksidan yakni flavonoid. Dengan mengonsumsi teh hitam minimal 3 gelas per hari dapat meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh kita, sehingga risiko terserang penyakit jantung menjadi sangat rendah.

2. Mengontrol Diabetes

Studi menunjukkan bahwa teh hitam mampu menurunkan kadar gula dalam tubuh. Ini artinya, mengonsumsi teh hitam tanpa gula sangat baik bagi penderita diabetes atau bagi kita yang tidak ingin terserang penyakit diabetes. Kandungan katekin pada teh hitam mampu meningkatkan kadar insulin sehingga tubuh dapat mengontrol metabolisme dengan baik.

3. Mencegah Obesitas

Manfaat teh hitam berikutnya adalah mencegah obesitas. Mengonsumsi lemak dan gula secara terus menerus tentu akan meningkatkan risiko obesitas. Khususnya bagi kita yang memiliki tubuh gemuk. Kandungan polifenol yang dibawa oleh teh hitam dapat menekan penyerapan lemak dan gula kompleks sehingga dapat menghambat pertembungan berat badan kita. Itu sebabnya, teh hitam juga digunakan sebagai metode diet, walaupun tetap harus diimbangi dengan olahraga yang teratur.

teh hitam

4. Mencegah Kanker

Kandungan theaflavin yang merupakan senyawa dari polifenol pada teh hitam faktanya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh kita serta mengurangi pertumbuhan sel kanker baru khususnya kanker payudara. Namun perlu diketahui teh hitam memiliki sifat mencegah kanker bukan mengobati kanker. 

5. Menurunkan Tekanan Darah

Penyakit darah tinggi atau hipertensi dapat meningkatkan risiko penyakit seperti jantung, stroke, ginjal serta gangguan penglihatan. Berdasarkan studi, Kalium pada teh hitam diklaim mempunyai manfaat untuk menjaga keseimbangan serta menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik yang cukup signifikan.

6. Menjaga kesehatan Otak 

 Manfaat teh hitam yang tak kalah penting adalah mampu menjaga kesehatan otak. Teh hitam dipercaya dapat melancarkan aliran darah ke otak dan menurunkan risiko gangguan kognitif. Di sisi lain, teh hitam juga memiliki kandungan kafein seperti halnya pada kopi. Kandungan kafein dapat meningkatkan kadar kewaspadaan dan fokus terhadap objek atau pekerjaan yang tengah kita hadapi. 

7. Melancarkan Pencernaan

Bagi Sobat Pintar yang sulit buang air besar, teh hitam bisa jadi alternatif minuman herbal yang bisa Sobat Pintar konsumsi. Kandungan tanin dan polifenol dalam teh hitam dapat melancarkan proses pencernaan serta mengatasi berbagai penyakit usus dan lambung. Hal ini karena adanya sifat antimikroba pada teh hitam yang dapat membunuh zat berbahaya sekaligus memperbaiki lapisan saluran pencernaan.

Umumnya, kita dapat mengonsumsi teh hitam dengan seduhan air panas. Namun jika dibiarkan terlalu lama, teh hitam akan mengeluarkan zat tanin yang membuat rasanya menjadi lebih pahit. Untuk mengurangi rasa pahit, Sobat Pintar dapat menggunakan madu atau lemon sebagai penyeimbang rasa. Sampai saat ini, manfaat teh hitam masih diuji dan diteliti oleh para ahli kesehatan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk