Cara Membuat Suara Bagus dan Tetap Sehat

03 Nov 2021 by Laruan

Kalau kamu adalah seorang penyanyi, baik dalam paduan suara atau band rock, di atas panggung atau di kamar mandi, kamu harus tahu bagaimana menjaga suara nyanyianmu tetap sehat. Bagaimanapun, kondisi kesehatan vokal bisa meningkatkan atau menghancurkan performa kamu. Untungnya, cara membuat suara bagus dan tetap sehat tidak terlalu rumit. 

Yuk, simak beberapa fakta dan tips kesehatan vokal di bawah ini, sehingga kamu bisa terus bernyanyi sepenuh hati dengan merdu.

  1. Pita suara yang sehat penting untuk menyanyi 

Pita suara adalah instrumen musik seorang penyanyi. Pita suara yang sehat akan memungkinkan kamu untuk menghasilkan suara yang penuh, alami, dan merdu. Jadi, kesehatan vokal harus kamu jadikan prioritas nomor satu.

Apa itu pita suara 

Pita suara, juga disebut vocal chord, adalah dua pita jaringan berbentuk segitiga yang terletak di bagian atas tenggorokan. Mereka terbuka saat kamu bernapas, dan ketika kamu berbicara atau bernyanyi, mereka menutup, menarik lebih ketat untuk nada yang lebih tinggi, tetap longgar untuk nada yang lebih rendah. Kamu ingin pita suaramu lembut, halus, fleksibel dan bebas dari peradangan.

Apa yang merusak pita suara

Alergi, asap, ketegangan dan penggunaan berlebihan berpotensi merusak suaramu. Pita suara yang teriritasi atau meradang tidak akan menutup secara efisien, mencegahmu untuk mencapai nada yang lebih tinggi dan malah menghasilkan suara yang lebih kasar.

Jaga agar suaramu tetap fleksibel dan sehat, dan kamu akan bisa bernyanyi dengan gaya apa pun yang kamu pilih.

  1. Cara menjaga suara supaya tetap sehat

Berikut tujuh saran cara untuk menjaga kesehatan vokal bagi penyanyi.

  1. Warm up dan cool down

Seperti berolahraga, kamu perlu meregangkan suara sebelum bernyanyi. Dan ada berbagai latihan yang sesuai untuk segala usia, rentang vokal, dan tingkat pengalaman. Selalu santai dengan meregangkan otot-otot wajah, kendurkan otot bibir dan rahang dengan meniup melalui bibirmu, julurkan lidahmu sejauh mungkin dan pijat wajahmu.

Kemudian bersenandunglah dalam seluruh jangkauan suaramu. Hanya setelah kamu merasa wajah, mulut, dan suara kamu mengendur, kamu bisa mulai menyanyikan nada yang sebenarnya. Seluruh proses harus memakan waktu antara 10 hingga 20 menit.

Setelah bernyanyi, jangan lupa untuk menenangkan diri. Meskipun sering dilupakan, pendinginan suara adalah cara yang sederhana untuk mendukung kesehatan vokal bagi penyanyi. Bersenandung dengan nada menurun. Lakukan beberapa gerakan bibir yang lembut, sekali lagi biarkan suaramu turun dengan lembut. Luangkan waktu 5 hingga 10 menit supaya suaramu kembali ke nada berbicara yang normal.

  1. Hidrasi pita suara

Air adalah salah satu minuman terbaik untuk suara penyanyi. Dan teh herbal hangat adalah yang kedua. Minum air sepanjang hari, dan simpan botol air di dekatmu selama latihan. Dan jangan berpikir bahwa satu atau dua teguk air sudah cukup. Pita suaramu bekerja paling baik ketika dibasahi dengan baik, dan itu berarti menjaga seluruh tubuh kamu terhidrasi.

Pita suara yang kering dengan cepat menjadi pita suara yang teriritasi, dan itu akan merusak suaramu. Semakin banyak air yang kamu minum, semakin baik suaramu. Inilah cara membuat suara bagus yang termudah. 

  1. Melembabkan rumah 

Meskipun tidak ada minuman yang bisa secara langsung melembabkan pita suara, kamu bisa meningkatkan suara dengan menghirup udara yang dilembabkan dengan benar. Udara yang terlalu kering sangat membebani pernapasan dan suaramu.

Pertimbangkan untuk melembabkan rumahmu. Menggunakan pelembab udara bisa mendukung kesehatan pernapasan sekaligus mencegah pita suara kering.

  1. Istirahat vokal

Suara yang lelah, seperti halnya dengan tubuh yang lelah, lebih rentan terhadap cedera. Kalau kamu sakit, kalau alergi kamu bergejolak atau bahkan kalau kamu baru saja banyak melatih suaramu, luangkan waktu untuk beristirahat.

Tapi bukan berarti kamu tidak berbicara, tidak bernyanyi, dan jelas tidak berbisik, yang sangat buruk untuk pita suaramu. Suara lelah membutuhkan waktu untuk pulih, jadi semakin lama kamu mengistirahatkannya, semakin baik. 

  1. Hindari zat berbahaya

Merokok atau vaping benar-benar adalah cara terbaik dan tercepat untuk merusak suaramu secara permanen. Saat kamu menghirup asap, kamu pada dasarnya meracuni pita suaramu. Segala sesuatu yang kamu hirup, setiap polutan, setiap zat beracun, setiap partikel debu, akan melewati pita suaramu yang akan menyebabkan kekeringan dan kerusakan.

Alkohol mungkin tidak langsung menimbulkan efek buruk, tetapi alkohol menyebabkan dehidrasi dan peradangan. Dan kandungan gula yang tinggi dari kebanyakan soda juga buruk untuk suaramu. Kalau kesehatan vokal penting bagimu, minum air sudah cukup.

  1. Jangan bernyanyi dari tenggorokan

Terlepas dari semua pembicaraan tentang pita suara yang sehat, pita suara hanyalah satu bagian dari sistem kompleks yang menghasilkan suara nyanyian. Untuk bernyanyi dengan baik dan untuk menjaga kesehatan vokal, kamu perlu memahami tubuhmu dan mengetahui dari mana suaramu berasal. 

Kamu tidak boleh bernyanyi dari tenggorokanmu, kekuatan di balik suaramu adalah napas yang ditopang oleh diafragma. Bernyanyilah dari perut, biarkan pita suaramu rileks, dan biarkan suaramu bergema di dada, faring, dan wajahmu.

Jangan khawatir kalau ini tidak langsung masuk akal untukmu. Kamu butuh waktu untuk melatih tubuh untuk mendukung suaramu, meskipun kamu bisa mempercepat prosesnya dengan belajar pada pelatih vokal.

  1. Jangan bernyanyi kalau itu menyakitkan

Kita merasakan sakit karena satu alasan sederhana, yaitu karena tubuh kita memberitahu kita untuk berhenti. Kalau tenggorokan sakit, kalau kamu mengalami infeksi apa pun, atau kalau suaramu terlalu keras karena terlalu sering digunakan, jangan bernyanyi. 

Istirahatkan pita suaramu. Minum banyak air. Tidur lebih banyak. Jaga diri dan suara lelahmu. Tapi yang terpenting, jangan memaksakan rasa sakit. Kamu bisa merusak suaramu secara permanen dengan bernyanyi saat suaramu tegang atau tenggorokanmu sakit.

  1. Cara membuat suara bagus

Ada beberapa cara untuk meningkatkan dan memperkuat suara nyanyianmu, tetapi cara terbaik dan paling produktif adalah dengan pelajaran menyanyi yang diajarkan oleh pelatih vokal. Suaramu unik, dan meskipun tips dan video online pasti bisa membantu, itu bukan pengganti pelatih vokal profesional yang bisa menyesuaikan teknikmu saat berlatih dan bisa mengajarkan kamu latihan yang paling bermanfaat bagi dirimu sendiri.

Seorang pelatih vokal bisa membantumu menentukan jangkauan vokalmu, mengajarkan kamu untuk memuluskan suara dan membantu menjaga suaramu sesehat mungkin.

Pita suara adalah instrumen musik seorang penyanyi. Tidak ada yang lebih penting saat membuat musik selain memastikan instrumen musikmu dalam keadaan baik dan siap untuk dimainkan. Kalau kamu adalah seorang penyanyi, menjaga pita suara untuk tetap sehat adalah seperti menyetel piano atau gitar. 

Nah, penjelasan di atas adalah beberapa cara membuat suara bagus yang bisa kamu lakukan untuk membantumu terdengar merdu dan alami. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload