Mau Tes Covid Gratis? Begini Prosedurnya!

20 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 28 Jan 2022

Walaupun tidak sebanyak tahun lalu, nyatanya kasus Covid-19 di Indonesia masih terbilang tinggi. Menurut data yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia melalui sebuah website bernama covid19.go.id bahwa hingga kini total kasus Covid-19 di Indonesia adalah mencapai 4,27 jiwa. Jumlah itu sempat turun beberapa bulan yang lalu, namun naik lagi di bulan ini dengan kedatangan varian virus terbaru bernama omicron yang membuat masyarakat berlomba-lomba untuk mendapatkan tes covid gratis.

Baca juga: Mengenal Cara Kerja Vaksin Corona dalam Tubuh

Apa itu tes covid dan apa saja jenisnya?

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai tes covid gratis, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu tes covid. Jadi, tes covid merupakan sebuah prosedur kesehatan yang dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang terpapar virus Corona atau tidak. 

Hingga saat ini, jenis tes covid yang pernah dilakukan di Indonesia dan umumnya dilakukan oleh banyak negara adalah tes swab PCR, swab antigen dan rapid antibodi. Awalnya, ketika covid baru saja melanda Indonesia, masyarakat berduyun-duyun memeriksakan kesehatannya dengan melakukan tes rapid antigen. Namun, seiring berjalannya waktu tes tersebut terbukti kurang efektif dalam mendiagnosa keberadaan virus Corona dalam tubuh seseorang.

Banyaknya masyarakat yang tidak merasakan gejala apapun padahal baru saja berkontak langsung dengan orang yang berstatus positif Covid, membuat pemerintah menyarankan masyarakat untuk melakukan tes yang lebih akurat, seperti swab antigen atau swab PCR. Untuk melakukan tes ini, masyarakatnya hanya perlu menunjukkan KTP sebagai syarat utama dan terdapat juga tes Covid gratis yang disediakan oleh pemerintah.

1. Swab PCR

Apa itu swab PCR? Apakah jenis tes ini bisa diperoleh dengan gratis? Yang jelas swab PCR merupakan salah satu bentuk deteksi keberadaan virus Corona dalam tubuh seseorang dengan melakukan pengambilan lendir yang ada pada hidung dan juga tenggorokan pasien. Sample tersebut dikirim ke lab untuk dilihat keberadaan RNA virus Corona yang menandakan bahwa orang tersebut telah terinfeksi Covid-19.

Dibandingkan dengan dua metode lainnya, tes swab PCR disebut-sebut sebagai tes yang paling akurat. Namun, sayangnya tes ini memiliki harga yang cukup mahal sehingga jarang dilakukan oleh masyarakat biasa. Tes swab PCR disebut-sebut bisa mendeteksi keberadaan virus yang masih hidup atau sudah mati, namun selama masih ada virus di dalam tubuh pasien hidup atau mati akan tetap terbaca positif pada hasil tes.

2. Swab antigen

Beberapa kondisi menyebabkan masyarakat lebih menyukai jenis tes swab antigen, selain karena harganya lebih murah tes ini juga bisa memberikan hasil yang cepat. Swab antigen memang tidak seakurat swab PCR, tetapi tes ini jauh lebih akurat jika dibandingkan dengan rapid antibodi.

Untuk meminimalisir kesalahan, untuk beberapa tujuan pemerintah mengharuskan masyarakat untuk melakukan tes covid swab PCR apalagi bagi yang belum mendapatkan vaksin sama sekali. Hal ini bertujuan agar penyebaran Covid-19 bisa dicegah lebih luas lagi di Indonesia. Masyarakat juga disarankan untuk selalu mencari informasi untuk mendapatkan layanan tes covid gratis dari fasilitas kesehatan yang ada.

3. Rapid antibodi

Model tes yang paling awal digunakan ini ternyata terbukti tidak mampu memberikan hasil yang akurat. Tes ini tidak mampu menunjukkan keaktifan virus Corona dalam tubuh manusia, sehingga tes ini sudah lama ditinggal dan hampir tidak berlaku untuk banyak kebutuhan. Tes ini dilakukan dengan mengecek keberadaan antibodi yang telah terbentuk akibat terpapar virus Corona.

Mengapa tes covid penting?

Tes Covid-19 perlu dilakukan oleh siapa saja yang merasa dirinya mengalami gejala Covid-19, baru saja berkontak dengan seseorang yang diduga memiliki gejala Covid-19, berkontak dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19, dan keperluan lainnya yang menyangkut keselamatan orang banyak. 

Tes ini perlu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia serta memberikan ruang kepada pemerintah untuk membuat kebijakan yang tepat terkait penangan Covid-19 yang tepat serta memberitahu masyarakat terkait keberadaan Covid-19 di sekitar mereka. 

Baca juga: Kredit Pintar Donasikan Vaksin Covid-19

Cara tes covid gratis

Setelah banyaknya kasus Corona baru yang datang pada awal tahun 2022 ini, muncul satu pertanyaan dari masyarakat, yaitu apakah pemerintah menyediakan tes covid gratis? Jika ada, bagaimana cara melakukannya?

Pertanyaan ini adalah lumrah karena sejatinya masyarakat adalah golongan yang paling terdampak dari adanya wabah penyakit ini di Tanah Air. Keterbatasan ekonomi yang diakibatkan oleh pembatasan aktivitas diluar rumah membuat warga bertanya-tanya bagaimana cara melakukan tes kalau uang saja sulit mereka dapatkan. Maka, tes covid gratis adalah solusi tengah yang dapat dilakukan oleh pemerintah.

Nah, kabar baiknya ternyata pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah memberikan layanan gratis ini di puskesmas-puskesmas yang ada di tingkat kecamatan di seluruh Indonesia. Adapun mekanisme yang dilakukan adalah dengan penelusuran kontak. 

Warga yang merasa dirinya pernah berkontak dengan orang yang positif covid-19 atau memiliki gejala Covid-19, seperti panas tinggi, sakit kepala, batuk, pilek, diare dan lain sebagainya bisa melakukan swab gratis langsung di puskesmas. Hal ini bertujuan agar kita bisa memutus mata rantai penyebaran virus Corona secepat mungkin. 

Untuk saat ini, tes swab gratis ini hanya bisa dilakukan di puskesmas atau lembaga kesehatan milik pemerintah. Belum ada konfirmasi lebih lanjut terkait ketersediaan tes gratis di tempat lainnya. Untuk masyarakat yang dengan ekonomi menengah ke atas disarankan untuk mengambil tes Covid-19 berbayar yang tersedia di banyak pelayanan kesehatan swasta.

Syarat tes covid gratis

Meskipun dinyatakan gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia selama memenuhi kriteria yang telah disebutkan diatas. Selain itu, inilah beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan pendaftaran tes covid gratis:

1. Pengisian formulir

Formulir ini hanya berupa isian singkat terkait informasi dan data diri dari pasien yang diduga terjangkit virus corona. Pengisian data tidak akan memakan waktu lama, masyarakat pun dapat bertanya pada petugas kesehatan apabila ada pertanyaan yang tidak dimengerti.

2. KTP

Ini adalah syarat wajib yang harus dibawa ketika hendak melakukan tes covid gratis di puskesmas. KTP ini akan menunjukkan jika kamu adalah warga kecamatan tempat tes.

Hanya itu saja syarat tes yang diperlukan untuk mendapatkan swab gratis di puskesmas. Syarat ini terbilang sangat mudah untuk dipenuhi oleh masyarakat. Tes tidak berlaku untuk keperluan bepergian seperti akan menggunakan jasa pesawat terbang dan lain sebagainya.

Adanya layanan tes covid gratis, membuat masyarakat menjadi lebih mudah untuk melakukan pencegahan terhadap dirinya dan orang-orang disekitarnya. Selain itu, tes ini sangat membantu masyarakat dengan keterbatasan ekonomi yang mereka alami selama pandemi. Lagipula, hal ini sebagai bukti yang menunjukkan kepedulian pemerintah terhadap rakyatnya.

Baca juga: Vaksin Booster: Apakah Berbayar atau Gratis?

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
28 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download