Mengenal Cara Kerja Vaksin Corona dalam Tubuh

12 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 12 Nov 2021

Di tengah situasi pandemi seperti sekarang, masyarakat dianjurkan untuk segera mengikuti program vaksinasi. Pemberian vaksin memang sedang dilakukan di berbagai wilayah dan ditargetkan untuk selesai secara merata secepat mungkin. Lalu, seperti apa cara kerja vaksin COVID-19 yang saat ini didistribusikan kepada masyarakat? Kali ini akan dibahas lebih lengkap mengenai bagaimana cara kerja vaksin tersebut.

Mengenal Vaksin

Terlebih dahulu mari berkenalan dengan vaksin. Vaksin itu sendiri merupakan jenis antigen atau mikroorganisme yang dilemahkan atau dijadikan dalam kondisi tidak aktif. Kemudian antigen tersebut akan disuntikkan kepada manusia sehat agar bisa menimbulkan antibodi yang spesifik.

Secara sederhana memang benar jika vaksin adalah virus yang dilemahkan dan dimasukkan secara sengaja ke tubuh manusia. Hanya saja pengertian ini seringkali membuat masyarakat salah kaprah dan menganggap bahwa pemberian vaksin sama saja dengan menimbulkan penyakit. Padahal pemikiran tersebut salah besar karena virus atau antigen dalam vaksin sudah dalam kondisi lemah atau tidak aktif.

Pembuatan vaksin itu sendiri bukanlah hal yang mudah dan harus melalui sederet proses panjang. Seperti diketahui bahwa masyarakat dunia telah lama menunggu kehadiran vaksin COVID-19. Dibutuhkan rangkaian penelitian yang panjang agar bisa diperoleh vaksin yang aman sekaligus efektif untuk digunakan. Jadi ketika vaksin telah resmi didistribusikan itu berarti sudah teruji klinis dan dijamin aman bagi manusia.

Sejak pandemi meluas dan vaksin mulai didistribusikan, banyak sekali mitos bermunculan mengenai cara vaksin corona bekerja. Tak sedikit pula yang berpikir bahwa pemberian vaksin ini justru akan meningkatkan angka infeksi. Bahkan banyak yang berpendapat bahwa vaksin merupakan bentuk konspirasi dan menjadi kepentingan oknum tertentu.

Semua mitos yang mengatakan bahwa vaksin berbahaya dan harus ditolak adalah salah. Vaksin COVID-19 yang didistribusikan saat ini telah menjalani rangkaian tahap pengujian yang ketat. Vaksin juga telah dibuktikan aman bekerja pada tubuh manusia dan efektif membentuk antibodi terhadap virus Corona.

Cara Kerja

Mari bicarakan seperti apa vaksin COVID-19 yang saat ini beredar di masyarakat bekerja. Sistem kerja vaksin umumnya sama saja untuk semua jenis vaksin. Agar lebih spesifik dan lebih mudah untuk dipahami, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai cara kerja vaksin COVID-19:

  • Vaksin COVID-19 akan bekerja merangsang pembuatan antibodi dalam tubuh yang berfungsi untuk melawan virus corona.
  • Virus corona yang terkandung dalam vaksin COVID-19 sebelumnya telah diubah menjadi non-aktif memakai bahan kimia betapropiolakton. Artinya, virus tersebut tidak akan bisa melakukan replikasi lagi namun struktur proteinnya tetap dalam posisi utuh.
  • Saat vaksin COVID-19 disuntikkan ke tubuh manusia maka tubuh secara otomatis akan merespon adanya antigen virus tersebut. Antigen tersebut akan dikalahkan oleh sistem imunitas tubuh yang dikenal dengan nama sel pembawa antigen.
  • Sel pembawa antigen akan merusak virus corona yang dimasukkan melalui vaksin tadi sehingga muncul beberapa fragmen di permukaan virus. Nantinya sel di dalam tubuh akan mendeteksi fragmen tersebut.
  • Lewat proses mendeteksi fragmen permukaan tubuh virus ini kemudian akan muncul antibodi spesifik yang bisa melawan virus crona.
  • Tubuh akan menyimpan semua informasi terkait virus corona yang tadi telah disuntikkan melalui vaksin. Tubuh juga secara otomatis sudah membentuk sistem pertahanan yang akan melawan virus tersebut. Memori ini akan diingat untuk jangka waktu yang lama sehingga begitu ada virus corona yang masuk ke tubuh akan langsung dikenali.

Kesimpulannya, vaksin akan bekerja merangsang pembentukan antibodi spesifik dalam tubuh. Antigen atau virus yang terdapat dalam vaksin akan mudah dikenali dan dilemahkan oleh antibodi dalam tubuh. Kemudian tubuh akan mengingat kondisi tersebut dan sudah punya sistem pertahanan yang tepat jika sewaktu-waktu ada antigen atau virus yang sama masuk ke tubuh.

Manfaat Pemberian Vaksin

Kini sudah dipahami seperti apa cara kerja vaksin COVID-19. Tentunya dengan memahami cara kerja tersebut, seseorang bisa semakin yakin untuk menerima vaksin. Agar keyakinan untuk mendapatkan vaksin semakin kuat, perlu dipahami juga beberapa manfaat pemberian vaksin berikut ini:

1. Mencegah Infeksi

Sudah bisa dipastikan bahwa pemberian vaksin COVID-19 akan membantu mencegah tubuh terinfeksi. Vaksin akan memberikan perlindungan optimal kepada tubuh dalam melawan infeksi virus corona. Begitu virus masuk ke tubuh maka sudah ada antibodi spesifik yang secara optimal akan melawan virus tersebut.

Dengan kata lain, vaksin akan membantu tubuh seseorang selalu dalam kondisi yang sehat. Risiko untuk terinfeksi dan jatuh sakit akan semakin rendah. Di tengah situasi pandemi seperti ini tentunya sangat penting untuk memastikan tubuh tetap sehat dan tidak terinfeksi virus corona.

2. Melindungi Orang-Orang di Sekitar

Pandemi ini tidak hanya menuntut kita untuk menjaga keselamatan diri sendiri tapi juga orang lain. Vaksin COVID-19 tidak hanya akan memberikan perlindungan pada individu yang menerima vaksin melainkan orang-orang di sekitar. Seperti diketahui bahwa virus Corona mudah sekali menular dari satu individu ke individu lain. Jika satu individu sudah divaksin maka potensi menularkan ke yang lain akan berkurang. 

Selama masih ada kesadaran untuk melindungi diri sendiri dan orang lain maka penting sekali untuk segera menerima vaksin. Sama saja dengan menjaga protokol kesehatan, menerima vaksin juga akan melindungi diri sendiri juga orang-orang di sekitar. Tak hanya tubuh diri sendiri yang sehat namun juga orang-orang di sekitar juga terbebas dari infeksi.

3. Menurunkan Angka Penularan

Berdasarkan penjelasan di poin sebelumnya, maka jelas sekali bahwa vaksin bermanfaat untuk menurunkan angka penularan virus corona. Semakin banyak orang yang menerima vaksin maka risiko penularan akan semakin rendah. Jumlah penularan akan berkurang banyak karena ada semakin banyak  jumlah orang yang divaksin dan kebal terhadap infeksi virus.

Selama pandemi berlangsung, catatan jumlah virus terus mencapai angka yang fantastis. Sejak vaksin didistribusikan, faktanya angka penularan virus terus menurun. Kondisi inilah yang diharapkan sehingga nantinya pandemi bisa segera tuntas dan berakhir sesuai harapan banyak orang.

4. Mempermudah Mobilitas

Vaksinasi di masa pandemi ini ternyata juga bermanfaat untuk mempermudah mobilitas dalam beraktivitas. Saat ini vaksin menjadi salah satu syarat perjalanan. Hal ini dilakukan demi menjaga keamanan dan menurunkan risiko penularan selama situasi pandemi. Jadi, akan sangat merugikan diri sendiri apabila enggan menerima vaksin karena mobilitas lebih terbatas.

Orang-orang yang sudah menerima vaksin kini bisa bepergian ke berbagai tempat. Tentunya masih ada banyak aturan dan ada protokol kesehatan yang harus ditaati. Selama semua aturan dipenuhi, termasuk masalah vaksinasi, maka masyarakat kini bisa mendapatkan akses ke berbagai tempat.

Vaksin COVID-19 yang beredar di masyarakat saat ini dibedakan dalam beberapa jenis. Cara kerja vaksin COVID-19 secara garis besar adalah sama untuk semua jenis varian. Bagian yang membedakan adalah tingkat efikasi vaksin ketika sudah masuk ke dalam tubuh. Tentunya jenis vaksin apapun akan bekerja optimal untuk mencegah infeksi virus Corona.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
12 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload