Apa Itu Daring dan Luring?

22 Oct 2021 by kreditpintar

Karena adanya pandemi, bisa jadi Sobat Pintar cukup akrab  mendengar kata “daring” dan “luring” yang berkaitan dengan berbagai aktivitas dari pembelajaran dan pekerjaan yang dikerjakan dari rumah, misalnya “kebijakan pembelajaran daring dan luring”. Maka wajar saja apabila Google banyak mendapatkan pertanyaan “apa itu daring dan luring?”. 

Dalam artikel kali ini Kredit Pintar mencoba mengulas dan membahas secara menyeluruh mengenai perbedaan daring dan luring secara lengkap agar Sobat Pintar bisa mengenali dan memahami apa itu daring dan apa itu luring. Inilah penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Kenali apa Itu Blended Learning di masa pandemi. 

apa itu luring

Apa Itu Daring dan Luring?

Mungkin untuk bisa memahami jawaban dari apa itu daring dan apa itu luring  secara menyeluruh, lebih baik Sobat Pintar memahami pengertiannya masing-masing terlebih dahulu. 

Daring adalah singkatan dari “dalam jaringan” atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai online. Jaringan yang dimaksud mengarah pada jaringan internet. Secara luas pengertian daring adalah suatu aktivitas atau kegiatan yang mengarah langsung pada jaringan internet, baik menggunakan smartphone, laptop, dan PC. 

Lalu, apa itu luring?

Jika daring artinya adakah dalam jaringan, luring merupakan antonimnya. Arti luring adalah luar jaringan yang dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai istilah offline atau tatap muka secara langsung. 

Untuk pengertian lebih lengkap, luring merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan secara langsung atau tatap muka untuk melakukannya. 

Apa Saja Ciri Aktivitas Daring?

apa itu daring

1. Mengandalkan penggunaan teknologi

Teknologi yang mumpuni adalah salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi agar Sobat Pintar aktivitas agar dapat berjalan lancar dan tidak berkonflik satu sama lain. Selain itu,  aktivitas daring yang dilaksanakan wajib terhubung dengan jaringan internet. 

Biasanya dalam praktek aktivitas daring, Sobat Pintar  bisa menggunakan smartphone, laptop, atau komputer yang didukung oleh aplikasi tertentu, seperti Google Meet, Zoom, dan lain-lain.

2. Menggunakan sistem dan media

Apabila Sobat Pintar ingin beraktivitas secara daring,  akan ada medium atau media khusus untuk dapat menyelenggarakan suatu acara tanpa tatap muka. 

Sobat Pintar bisa gunakan beberapa aplikasi yang tersedia di komputer atau sesuai rekomendasi dari penyelenggara acara.

Jadi, sebelum acara tersebut berlangsung, pastikan Sobat Pintar sudah memahami cara penggunaannya dengan baik. 

Baca Juga : Tips cari tahu kecepatan internet

3. Bisa diselenggarakan dimanapun tanpa terbatas lokasi

Hal menarik dari aktivitas daring, adalah aktivitas  dapat dilakukan dimanapun dan tidak terpengaruh oleh lokasi atau tempat. 

Kapanpun Sobat Pintar menginginkannya, aktivitas ini masih bisa terus dilakukan selama acara tersebut bisa diakses dan ada koneksi internet yang memadai.

Dengan demikian aktivitas daring dapat berjalan lancar tanpa ada kendala. 

Apa Saja Ciri Aktivitas Luring 

1. Lokasi atau Tempat Sama 

Dalam melakukan aktivitas luring harus menentukan tempat dan lokasinya secara jelas dan lengkap, sehingga aktivitas dapat dilakukan secara maksimal. 

Dalam tahap ini harus ada kesepakatan bersama dan tidak bisa dilakukan pada lain tempat karena partisipan dan penyelenggara acara wajib berada dalam tempat yang sama.. 

2. Tidak Menggunakan Jaringan Internet 

Aktivitas ini tidak perlu membutuhkan kualitas jaringan internet yang stabil dan kuat, karena semua partisipan dan penyelenggara acara berkumpul bersama di tempat pelaksanaan.

Aktivitas luring sangat cocok dijadikan pilihan apabila acara yang dilaksanakan mewajibkan adanya tatap muka antara peserta dan diselenggarakan dengan kuota terbatas, mengingat ada berbagai wilayah yang memiliki pembatasan terkait kebijakan pandemi. 

Baca juga: 9+ Aplikasi Translate Inggris-Indonesia Selain Google Translate

Itulah jawaban lengkap bagi Sobat Pintar yang mempertanyakan apa itu daring dan luring yang sering sekali didengar terutama ketika masyarakat mulai beradaptasi melaksanakan kebiasaan baru akibat adanya pandemi.

daring dan luring

Menurut Sobat Pintar, manakah yang cukup bijak untuk diselenggarakan saat ini? Apakah aktivitas daring, atau justru malah aktivitas luring? Manapun jenis aktivitas pilihanmu, tetap jaga protokol kesehatan apabila harus berkegiatan di luar rumah, ya, Sobat Pintar!


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

25 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload