Cara Menggunakan Google Meet di 2 Device

29 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 25 Apr 2022

Saat ini, bahkan orang tua pun perlu mempelajari cara menggunakan Google Meet. Semuanya disebabkan oleh pandemi yang membuat para siswa harus belajar dari rumah menggunakan koneksi internet yang stabil dan kuat serta aplikasi video conference seperti misalnya Google Meet.

Padahal aplikasi Google Meet ini sudah ada sejak lama dan beberapa orang sudah terbiasa untuk menggunakannya. Tapi jika Anda belum bisa menggunakannya karena memang belum pernah memakai aplikasi video conference sebelumnya, cari tahu cara menggunakannya di bawah ini.

Baca juga: 4 Rekomendasi Pemberi Pinjaman Uang Pribadi

Google Meet Gratis Selama 24 Jam Diperpanjang

Cara Menggunakan Google Meet di Perangkat Komputer

Google selalu merilis aplikasi yang bisa diakses dari berbagai platform dan perangkat. Misalnya, Google Meet sendiri bisa diakses melalui browser di komputer, iOS, maupun ponsel Android. Jika Anda akan menggunakan perangkat komputer untuk mengakses Google Meet, ikuti beberapa langkah ini.

  1. Pertama-tama, Anda perlu masuk ke halaman Google meet. Caranya adalah dengan membuka aplikasi Google Chrome yang ada di perangkat komputer. Kemudian ketikkan alamat Google Meet di address bar, yaitu meet.google.com.
  2. Di halaman awal Google Meet akan muncul dua pilihan. Pilihan pertama adalah membuat rapat baru dan yang kedua adalah bergabung ke rapat yang sudah ada. Cara menggunakan Google Meet untuk ikut rapat adalah dengan memasukkan kode rapat.
  3. Biasanya, kode rapat akan dibagikan oleh orang yang membuat rapat atau pertemuan secara online. Masukkan kode rapat tersebut ke kolom yang berwarna putih. Anda juga bisa langsung memasukkan link untuk masuk ke rapat tersebut. Klik tombol Join untuk masuk ke rapat.
  4. Langkah selanjutnya adalah menerapkan pengaturan mikrofon dan kamera. Ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa kedua alat tersebut berfungsi dengan baik saat rapat berlangsung. Klik di tombol pengaturan yang letaknya di bagian bawah.
  5. Anda sudah berhasil masuk ke pertemuan online dan bisa segera berpartisipasi dalam pertemuan tersebut. Selama meeting berlangsung, Anda bisa mengubah background virtual, mengirimkan pesan via chat, menampilkan presentasi, dan melakukan hal yang lainnya.

Cara menggunakan Google Meet di atas bisa sangat mudah untuk dilakukan karena Anda tidak perlu memasang aplikasi khusus. Cukup gunakan saja aplikasi Google Chrome yang sangat serbaguna lalu gunakan untuk membuka Google Meet saat akan bergabung ke setiap pertemuan online.

Baca juga: Inilah Jenis dan Syarat Pinjam Uang di Pegadaian

Google Meet kembali kedatangan update, apa saja yang baru?

Cara Menggunakan Google Meet di Perangkat Seluler

Google Meet juga bisa diakses melalui perangkat seluler, baik ponsel yang sistem operasinya iOS maupun Android. Untuk bisa menggunakannya, Anda perlu memasang aplikasi Google Meet yang tersedia secara gratis. Setelah memasang Google Meet, ikuti beberapa langkah di bawah ini.

  1. Jalankan aplikasi Google Meet yang sudah terpasang di ponsel Anda. Jika Anda menggunakan Android, aplikasi ini bisa ditemukan di Play Store dan bisa didownload dengan cepat dan gratis. Para pengguna iPhone bisa menemukan Google Meet gratis di App Store.
  2. Setelah aplikasinya terbuka, Anda wajib melakukan login terlebih dahulu dengan menggunakan Gmail. Untuk bisa mengikuti dan membuat rapat atau pertemuan secara online, Anda perlu memberikan akses ke mikrofon serta kamera.
  3. Pilih menu join with a code jika Anda berencana untuk bergabung ke pertemuan online yang diadakan oleh pihak lain. Ketikkan kode pertemuan online di dalam kolom khusus yang sudah disediakan. Lalu klik tombol Join di bagian kanan atas jendela Google Meet.
  4. Cara menggunakan Google Meet yang lainnya adalah jika Anda ingin membuat meeting atau pertemuan sendiri. di halaman utama aplikasi Google Meet, pilih tombol biru New Meeting untuk membuat meeting online baru. Sentuh bagian Start an instant meeting.
  5. Anda akan langsung masuk ke jendela meeting yang baru. Untuk mengundang orang lain, sentuh tombol biru Share invite kemudian pilih aplikasi untuk membagikan undangan meeting. Misalnya, pilih aplikasi WhatsApp.
  6. Pilih beberapa kontak WhatsApp kemudian sentuh ikon kirim di bagian bawah jendela WhatsApp. Setelah semua undangan terkirim, kembali lagi ke aplikasi Google Meet, kemudian tunggu partisipan lain bergabung ke meeting yang Anda buat.

Cara menggunakan Google Meet yang kedua ini dinilai cukup praktis. Dengan menggunakan ponsel saja, seseorang sudah bisa bergabung ke pertemuan online atau bahkan membuat pertemuan online sendiri. Pilih salah satu cara yang paling sesuai dengan perangkat yang Anda miliki.

Baca juga: 3 Cara Pinjam Uang di Lazada Beserta Syarat

Fitur Premium Google Meet Gratis hingga September

Keunggulan Meeting dengan Aplikasi Google Meet

Sebenarnya ada banyak aplikasi serupa yang bisa digunakan untuk melakukan video conference. Tapi banyak yang masih bertahan dengan Google Meet. Hal ini karena Google Meet membawa banyak sekali keunggulan, seperti yang akan Anda lihat dibawah ini.

  1. Terintegrasi dengan akun Google

Akun yang digunakan untuk menggunakan ponsel Android adalah akun Google. Integrasi dengan akun ini tentu akan memudahkan setiap pengguna dalam memakai aplikasi yang ada di ponsel Android, terutama akun Google Meet.

  1. Proses pendaftaran yang sangat mudah

Para pengguna Google Meet rata-rata merupakan para pelajar hingga para pekerja yang terpaksa bekerja dari rumah. Cara menggunakan Google Meet serta cara mendaftar Google Meet yang sangat mudah tidak akan membuat semua partisipan tersebut merasa terbebani untuk menggunakannya.

  1. Interaksi bersifat langsung dan sederhana

Tampilan beranda Google Meet hanya terdiri dari dua menu saja, yaitu membuat rapat baru atau bergabung ke rapat yang dibuat oleh orang lain. Kesederhanaan dalam tampilan ini membuat semua orang tertarik untuk mempelajari cara menggunakan Google Meet yang tidak rumit sama sekali.

  1. Ukuran aplikasinya termasuk ringan

Aplikasi Google Meet yang dirancang untuk perangkat seluler berukuran kecil sehingga bisa digunakan di banyak ponsel dengan lancar. Dibandingkan dengan aplikasi serupa seperti Zoom yang berukuran 155 MB, Google Meet yang hanya berukuran 55 MB tentu terasa sangat ringan.

  1. Akses meeting sangat mudah dan praktis

Pengguna bisa mengakses meeting di Google Meet dengan sangat mudah. Untuk pengguna yang memakai PC, tidak perlu memasang aplikasi khusus. Dengan begitu, pengguna Google Meet versi PC bisa dengan mudah membuat meeting, mengundang partisipan, atau masuk ke meeting dengan cepat.

Baca juga: Cara Download Gambar di Google, Lewat HP dan Laptop

Hore! Google Meet Segera Hadirkan Latar Belakang Video di Android -  Teknologi Bisnis.com

Gabung ke Google Meet dengan Perangkat Terbaik

Dibutuhkan perangkat yang dilengkapi dengan kamera serta mikrofon untuk bisa mempelajari cara menggunakan Google Meet secara optimal. Tanpa mikrofon serta kamera, Anda hanya bisa mengamati partisipan lain yang saling berdiskusi dalam pertemuan yang dilakukan secara online ini.

Jika Anda membutuhkan perangkat yang bisa mengakses Google Meet dengan baik, unduh aplikasi Kredit Pintar terlebih dahulu. Aplikasi Kredit Pintar memungkinkan Anda untuk mengajukan pinjaman dana dengan mudah dan tanpa bunga yang membebani. Kredit Pintar juga aman untuk digunakan.Dengan dana pinjaman dari aplikasi Kredit Pintar, Anda bisa memperlengkapi PC dengan kamera tambahan yang sudah dilengkapi dengan mikrofon. Atau Anda bisa juga membeli ponsel yang bisa digunakan untuk mempelajari cara menggunakan Google Meet dengan benar.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download