Mempelajari Teknik Jalan Cepat dan Manfaat

31 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 25 Apr 2022

Saat ini olahraga jalan cepat telah menjadi tren kebugaran terbaru dan banyak dilakukan oleh masyarakat. Apakah Anda juga tertarik mempelajari teknik jalan cepat untuk menjaga kebugaran tubuh? 

Seperti yang dilaporkan American Heart Association, berjalan cepat dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan risiko diabetes, dan meminimalisir resiko  cedera jika Anda berlari. Dan semakin cepat Anda melakukannya, semakin banyak manfaat yang Anda dapatkan.

Kali ini kita akan membahas manfaat yang akan Anda dapatkan jika Anda melakukan jalan cepat dan juga hal yang perhatikan sebelum Anda meningkatkan teknik jalan cepat Anda.

Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari jalan cepat

Sebelum membahas tentang teknik jalan lebih cepat secara mendalam, ada baiknya Anda mengetahui alasan mengapa Anda harus melakukannya. Beberapa alasan bagus untuk mempercepat langkah Anda meliputi:

Workout lebih singkat

Jika Anda melakukan olahraga jalan cepat di rute yang sama setiap kali, Anda akan selesai lebih cepat seiring Anda melakukannya. Lalu, jika Anda berjalan berdasarkan jangka waktu tertentu, Anda akan melangkah lebih jauh dan akan membakar lebih banyak kalori.

Meningkatkan kebugaran

Dengan berjalan cepat, Anda juga akan meningkatkan kebugaran dan mengurangi risiko penyakit, dan ini untuk kesehatan Anda. Studi terbaru juga menunjukan bahwa jalan cepat dapat meningkatkan detak jantung sehingga bisa meningkatkan respon dan reflek pada diri Anda.

Membakar lebih banyak kalori

Anda juga akan membakar lebih banyak kalori dengan berjalan jauh dalam waktu yang sama atau dengan meningkatkan kecepatan yang melibatkan lebih banyak otot, terutama di otot kaki Anda.

Meningkatkan kecepatan

Jika Anda sudah terbiasa berjalan cepat, Anda akan terbiasa dengan ritme jalan yang telah terbangun. Pada akhirnya, ini juga akan berdampak pada kebiasaan Anda untuk melakukan pekerjaan yang lebih cepat dari biasanya.

Perhatikan hal ini untuk meningkatkan teknik jalan cepat Anda

Gunakan sepatu yang sesuai

Sepatu Anda bisa memperlambat Anda. Anda perlu memastikan Anda memiliki sepatu yang tepat untuk berjalan lebih cepat. Sepatu ini harus fleksibel dan ringan.

Jumlah bantalan yang Anda butuhkan akan bergantung pada jarak yang akan Anda tempuh (lebih banyak bantalan untuk berjalan lebih lama). Untuk memastikan Anda memiliki yang terbaik, Anda harus mempelajari cara memilih sepatu yang tepat untuk berjalan lebih cepat.

Baca juga: Rekomendasi Sepatu Olahraga Yang Nyaman

Jika Anda tidak memiliki anggaran untuk melakukan pembelian sepatu baru, Anda bisa mencoba mengajukan pinjaman di Kredit Pintar dengan bunga rendah dan proses yang cepat melalui tautan ini.

Pastikan Anda melakukan pemanasan dan cool-down 

Untuk meningkatkan teknik jalan cepat, pemasaran dan cooling down selama masa latihan adalah hal penting. Jadi pastikan untuk menyertakan fase pemanasan dan cool-down di setiap latihan.

Mulailah setiap latihan berjalan dengan langkah yang lambat dan mudah. Habiskan lima menit pertama berjalan dengan santai dan beralih ke postur berjalan yang baik. Anda juga bisa berhenti setelah lima menit dan melakukan peregangan atau latihan fleksibilitas agar tubuh Anda beradaptasi.

Di akhir latihan jalan cepat Anda, luangkan waktu lima menit sebagai cool-down sehingga memungkinkan pernapasan dan detak jantung Anda kembali ke tahap normal.

Pastikan posisi kepala dan tubuh Anda benar

Bagaimana Anda memposisikan tubuh Anda sangat penting untuk berjalan dengan nyaman dan mudah. ​​Dengan postur yang baik, Anda akan dapat bernapas lebih mudah dan Anda akan terhindar dari sakit punggung.

  • Jangan bersandar atau duduk bersandar pada pinggul Anda.
  • Jangan condong ke depan (ini direkomendasikan oleh beberapa pelatih)
  • Pastikan mata Anda melihat ke depan, melihat 7 meter ke depan.
  • Jaga agar dagu Anda tetap tegak dan sejajar dengan tanah.
  • Angkat bahu sekali dan biarkan bahu Anda turun dan rileks, dengan bahu sedikit ke belakang.
  • Jaga agar otot perut tetap kencang dan kencang.
  • Berdiri tegak.
  • Kepala Anda harus tetap datar saat berjalan.
  • Pinggul Anda akan berputar dari depan ke belakang saat Anda berjalan. Hindari bergoyang dari sisi ke sisi, ini merupakan gerakan yang membuang energi.

Perhatikan gerakan lengan Anda

Menggunakan lengan dengan benar adalah hal penting dalam teknik jalan cepat. Namun, beberapa gerakan lengan dapat memperlambat Anda. Berikut adalah cara melakukannya dengan benar:

  • Saat lengan Anda maju ke depan, jangan mengangkatnya melebihi tingkat tulang dada Anda.
  • Saat lengan Anda maju ke depan, jaga agar tetap bergerak lurus ke depan daripada menyilangkan tubuh Anda. Ini seperti mengulurkan tangan untuk berjabat tangan. Mengayunkan tangan Anda dengan tidak benar akan membuang-buang energi dan dapat memperlambat Anda.
  • Tekuk siku Anda pada 90 derajat.
  • Jaga siku Anda tetap dekat dengan tubuh Anda saat berayun ke depan dan ke belakang. Jangan biarkan siku melebar ke samping.
  • Rilekskan tangan Anda, tidak terkepal erat. Yang terbaik adalah tidak membawa apa pun di tangan Anda.
  • Lengan Anda akan berayun berlawanan dengan kaki Anda. Santai dan biarkan lengan Anda melakukan gerakan alami ini pada awalnya.

Baca juga: 5 Cara untuk Membentuk Otot Lengan dengan Olahraga

Perhatikan gerak kaki Anda

Kaki Anda akan berperan aktif dalam teknik jalan cepat. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam gerakan kaki Anda:

  • Tumit Anda harus menyentuh tanah terlebih dahulu, sebelum sisa kaki Anda.
  • Bagian kekuatan langkah Anda adalah dorongan ke belakang saat kaki Anda berada di belakang tubuh Anda. Saat Anda mendorong dengan kaki belakang, kaki Anda yang berlawanan maju dengan tumit Anda menyentuh tanah.
  • Kekuatan dan kecepatan dalam langkah Anda akan berasal dari dorongan yang baik dengan kaki belakang Anda.
  • Ingatlah ini bukan berlari. Saat satu kaki terangkat, kaki lainnya harus berada di tanah. Hal ini  yang membedakan antara berlari dan berjalan cepat.

Tingkatkan langkah Anda

Untuk berjalan lebih cepat, Anda harus mengambil lebih banyak langkah dalam waktu yang lebih singkat daripada mengambil langkah panjang yang akan menyulitkan Anda. Banyak orang membuat kesalahan dengan melangkah berlebihan ketika mencoba berjalan lebih cepat. 

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan

  • Pejalan cepat mengambil lebih banyak langkah yang lebih kecil daripada langkah yang lebih panjang.
  • Cobalah untuk menjaga kaki belakang Anda di tanah lebih lama untuk memberikan dorongan penuh dengan jari-jari kaki Anda.
  • Pinggul Anda harus berputar secara alami dengan setiap langkah dari depan ke belakang, bukan dari sisi ke sisi. Saat kaki kanan Anda maju ke depan, pinggul kanan Anda akan mengikuti, dan kemudian pinggul kiri Anda akan mengikuti kaki kiri Anda. Jangan mencoba menambahkan lebih banyak gerakan pinggul.

Baca juga: Macam-macam Olahraga di Rumah yang Murah, Mudah, dan Efektif

Tingkatkan kecepatan dengan baik

Gunakan teknik jalan cepat Anda selama latihan berjalan secara rutin. Buat waktu yang lebih baik secara bertahap dari waktu ke waktu. Saat Anda terbiasa dengan cara baru menggunakan postur tubuh, lengan, kaki, dan kaki Anda.

Anda dapat memperpanjang waktu ini setelah beberapa hari jika Anda tidak merasakan sakit atau nyeri di tubuh Anda. Nyeri tulang kering sering terjadi saat Anda mengubah teknik berjalan, jadi hal ini bukanlah hal yang perlu Anda takuti.

Setelah Anda membangun waktu berjalan cepat menjadi 20 hingga 30 menit dan Anda terbiasa dengan teknik baru, Anda dapat mulai menggunakannya dengan latihan kecepatan. Dan pastikan juga Anda tidak melupakan waktu istirahat untuk mencegah cedera dan kelelahan akibat proses meningkatkan teknik jalan cepat Anda. Jika Anda adalah seorang pemula, Anda bisa melakukan latihan ini maksimal tiga kali dalam seminggu. Jangan lakukan lebih dari empat kali dalam seminggu, karena ini sangat berisiko.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download