Simak 5+ Tata Cara Cuci Tangan yang Baik dan Benar

17 Sep 2021 by Laruan

Cuci tangan termasuk ke dalam salah satu protokol kesehatan yang mesti Sobat Pintar patuhi. Kegiatan sederhana, namun penting ini bisa membuat Sobat Pintar dan keluarga terhindar dari virus menular. Tentunya, Sobat Pintar mesti mengetahui tata cara cuci tangan yang baik dan benar sesuai yang diperintahkan. Hal ini dikarenakan masih banyak orang yang menyepelekan tata cara cuci tangan. Mereka sering mencuci tangan dengan asal-asalan, tanpa memperhatikan tata cara yang disarankan. Nah, agar cuci tangan yang Sobat Pintar lakukan efektif menghilangkan kuman dan virus, maka bisa simak beberapa Langkah-langkah mencuci tangan berikut ini.

Hindari FIntech Ilegal Yang Meminta Selfie KTP, Ini Ciri-cirinya

Simak 5+ Tata Cara Cuci Tangan yang Baik dan Benar

5+ Tata Cara Cuci Tangan yang Baik dan Benar Bisa Sobat Pintar Lakukan 

Perlu Sobat Pintar ketahui, virus dan kuman lebih mudah menyebar melalui tangan yang sudah menyentuh benda terkontaminasi. Jika saat ini Sobat Pintar langsung menyentuh muka atau memakan sesuatu tanpa cuci tangan, maka virus maupun kuman akan langsung masuk ke dalam tubuh. Hal inilah yang membuat Sobat Pintar akan memiliki suatu penyakit di dalam tubuh.

Apabila tidak ingin hal itu terjadi, maka Sobat Pintar bisa mencuci tangan dengan baik dan benar seperti berikut ini. 

1. Basahi Tangan dengan Air Mengalir

Langkah-langkah mencuci tangan pertama adalah Sobat Pintar perlu membasahi kedua telapak tangan sampai bagian pertengahan lengan. Cucilah tangan dengan air yang mengalir, baik itu air dingin maupun hangat. 

2. Gunakan Sabun Khusus Cuci Tangan

Jika tangan sudah dibasahi dengan air, Sobat Pintar bisa menggunakan sabun khusus cuci tangan yang dioleskan ke kedua telapak tangan. Tuangkan secukupnya saja dan pastikan busa dari sabun menutupi seluruh bagian permukaan tangan.

Biar lebih praktis, Sobat Pintar bisa cuci tangan menggunakan sabun cair khusus, ya. Sebenarnya, cuci tangan juga bisa menggunakan sabun batangan. Tetapi, sabun batangan lebih mudah terkontaminasi, apalagi jika digunakan oleh banyak orang. 

Kecuali, jika Sobat Pintar tinggal sendiri dan hanya Sobat Pintar seorang yang menggunakannya. Maka, mencuci tangan menggunakan sabun batangan bisa sah-sah saja.

3. Gosok Kedua Telapak Tangan dan Punggung Tangan

Langkah-langkah mencuci tangan ketiga adalah saatnya Sobat Pintar menggosok kedua telapak tangan serta punggung tangan secara bergantian. Tak hanya itu, Sobat Pintar juga harus menggosok jari-jari tangan beserta sela-sela jari agar tidak ada kotoran maupun kuman tersisa.

Jangan lupa untuk membersihkan ibu jari tangan secara bergantian. Caranya dengan menggenggam serta memutarnya selama berulang-ulang. 

4. Gosok Tangan Selama 20 Detik

Sobat Pintar bisa menggosok tangan kurang lebih selama 20 detik. Apabila bingung dengan cara penghitungannya, maka bisa gunakan patokan dengan lagu ‘Selamat Ulang Tahun’. Nyanyikan lagu tersebut selama dua kali pengulangan. 

Hal itu tentu akan membuat kegiatan cuci tangan menjadi lebih menyenangkan. Kalau lagu sudah berakhir, maka Sobat Pintar bisa segera membilas tangan yang penuh busa dengan air bersih mengalir kembali.

5. Bilas Tangan dengan Air Bersih

Langkah-langkah mencuci tangan berikutnya adalah Sobat Pintar bisa membilas tangan menggunakan air bersih yang mengalir. Bersihkan sampai tidak ada busa atau licin di tangan. Kalau sudah terasa bersih dan tidak ada sabun yang tertinggal, Sobat Pintar bisa mengeringkannya saat itu juga.

6. Keringkan Tangan 

Apabila Sobat Pintar mencuci tangan di suatu tempat, biasanya sudah disediakan hand dryer untuk mengeringkannya. Nah, Sobat Pintar bisa menggunakan alat itu dengan menempatkan tangan tepat di bagian bawahnya. Tunggulah sekitar 20-30 detik sampai tangan terasa benar-benar kering.

Tetapi, jika tidak ada hand dryer di tempat Sobat Pintar mencuci tangan, maka bisa gunakan tisu maupun handuk bersih. Sehingga, seluruh bagian tangan menjadi bersih dan terhindar dari berbagai kuman maupun virus yang suka menyebarkan penyakit.

Kapan Saat yang Tepat untuk Mencuci Tangan? 

Langkah-langkah mencuci tangan di atas wajib Sobat Pintar lakukan, apalagi di keadaan seperti sekarang ini. Walaupun kegiatan cuci tangan sangat sederhana, namun hal ini sangat efektif untuk menghentikan penyebaran virus. 

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, Sobat Pintar bisa mencuci tangan saat akan melakukan hal di bawah ini.

  1. Sobat Pintar wajib mencuci tangan sebelum, selama atau sesudah menyiapkan makanan dan minuman.
  2. Pastikan untuk mencuci tangan ketika hendak atau sesudah makan.
  3. Lakukan cuci tangan sebelum dan sesudah merawat orang sakit diare dan muntah di rumah sakit.
  4. Lakukan cuci tangan sebelum dan sesudah merawat orang yang terluka.
  5. Cuci tangan dengan sabun setelah Sobat Pintar menggunakan toilet, terutama toilet umum.
  6. Cuci tangan dengan bersih setelah Sobat Pintar memakaikan popok pada anak di toilet.
  7. Cuci tangan tatkala Sobat Pintar sudah membuang ingus, batuk, serta bersin.
  8. Cuci tangan setelah Sobat Pintar menyentuh berbagai macam hewan, pakan ternak, maupun kotoran hewan tersebut.
  9. Cuci tangan setelah Sobat Pintar membuang sampah.
  10. Cuci tangan sebelum dan setelah keluar rumah. 

Jika dilihat dari daftar di atas, mencuci tangan mesti dilakukan setelah Sobat Pintar melakukan suatu aktivitas sehari-hari. Meskipun terlihat banyak, namun ketika Sobat Pintar mulai melakukannya dan menjadi kebiasaan, maka beberapa poin di atas tidak akan terasa sulit. Bahkan, Sobat Pintar bisa menikmatinya dan tidak menganggap cuci tangan merupakan suatu kegiatan yang sulit. 

Apa Saja Penyakit yang Ditimbulkan Oleh Tangan Penuh Virus dan Kuman?

Langkah-langkah mencuci tangan yang baik akan menghindarkan Sobat Pintar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dan kuman. Ketika Sobat Pintar enggan mencuci tangan saat akan melakukan aktivitas tertentu, maka kuman dan virus akan masuk ke dalam tubuh dan menjadi berbagai penyakit, seperti:

1. Hepatitis A

Hepatitis A merupakan suatu penyakit yang menyerang fungsi organ hati, sehingga mengalami peradangan. Penyakit ini bisa timbul karena Sobat Pintar tidak mencuci tangan saat hendak makan atau minum. 

2. Influenza

Penyakit influenza seringkali disebut sebagai penyakit flu atau pilek yang menyerang sistem pernafasan. Ciri dari penyakit ini adalah hidung tersumbat, terdapat lendir, serta pusing, bahkan demam. 

Influenza bisa timbul akibat Sobat Pintar malas cuci tangan setelah melakukan berbagai aktivitas. Akibatnya, saat Sobat Pintar hendak makan, maka virus dan kuman yang ada di tangan akan masuk ke dalam tubuh bersama makanan yang kamu santap. 

3. Tifus

Salah satu penyebab tifus adalah bakteri salmonella typhi yang hinggap di tangan setelah terkontaminasi. Jadi, saat Sobat Pintar hendak makan menggunakan tangan yang sudah terkontaminasi oleh bakteri ini, maka tifus bisa menyerang tubuh Sobat Pintar. 

Gejala tifus yang bisa Sobat Pintar waspadai terdiri dari sakit kepala, lemas, sembelit, demam, diare, dan lainnya. 

Oleh karena itu, tata cara cuci tangan bisa menjadi solusi ampuh yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk melawan virus dan kuman berbahaya. Ditambah lagi, cuci tangan dapat dilakukan secara gratis tanpa perlu membayar, lho. Beda lagi kalau Sobat Pintar sudah terserang penyakit, tentu ada biaya yang harus dikeluarkan. Jika itu terjadi dan Sobat Pintar memerlukan dana darurat, maka bisa mengajukan pinjaman online melalui Kredit Pintar dengan proses yang aman karena telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Waspada Penipuan Melalui Telepon Yang Mengatasnamakan Kredit Pintar

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload