8 Tahapan untuk Mendaftar Sekolah Online

10 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 13 Dec 2021

Sekolah online atau sekolah virtual adalah suatu proses belajar mengajar yang dilakukan dengan menggunakan metode online. Sekolah virtual ini dilakukan tanpa melibatkan proses belajar tatap muka di suatu ruangan pertemuan fisik. Metode ini sudah diterapkan di banyak sekolah di Indonesia.

Proses belajar dengan metode online ini bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone maupun perangkat komputer yang tersambung ke jaringan internet. Sebenarnya metode belajar virtual ini sudah dikenal sejak pertengahan 1990 an tapi baru terkenal setelah pandemi.

Baca juga: 4+ Cara Registrasi Kartu Telkomsel

Berbagai Kelebihan dan Kekurangan Sekolah Online

Dibandingkan dengan sekolah konvensional yang mengharuskan siswa untuk datang ke gedung sekolah dan belajar tatap muka bersama dengan siswa lain dan guru, sekolah virtual lebih unggul dalam beberapa aspek. Beberapa keunggulan sekolah virtual antara lain:

  1. Lebih hemat biaya karena siswa tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk pulang pergi ke sekolah.
  2. Para siswa yang mempunyai masalah kesehatan dan tidak bisa pergi ke sekolah karena kondisi tertentu tetap bisa belajar dengan baik berkat penerapan sekolah virtual ini.
  3. Keluarga atau individu yang sering pindah lokasi karena beberapa alasan bisa sangat terbantu dengan adanya sekolah virtual karena proses belajar bisa diakses kapanpun dan dimanapun selama pelajar tersambung ke jaringan internet.
  4. Sekolah online cocok untuk semua siswa dari kalangan manapun tanpa melihat latar belakang siswa yang seringkali menjadi penghalang saat siswa mendaftar di sekolah konvensional.
  5. Pelajar yang terpaksa belajar sambil bekerja paruh waktu bisa tetap mendapatkan Pendidikan yang dibutuhkannya karena sekolah virtual menawarkan fleksibilitas yang jauh lebih tinggi daripada sekolah konvensional.

Sayangnya, sekolah virtual juga hadir dengan beberapa kekurangan atau kelemahan. Salah satunya adalah siswa menjadi kurang aktif atau kurang terlibat dalam berbagai kegiatan sosial karena tidak bisa berinteraksi secara langsung dengan para siswa lainnya. Beberapa kekurangan sekolah online adalah:

  1. Tidak semua siswa mempunyai teknologi dan alat yang diperlukan untuk terhubung ke sekolah virtual dan berbagai program yang dijalankan oleh sekolah virtual.
  2. Adanya kesenjangan di daerah terpencil sehingga akses digital sulit untuk diperoleh. Banyak siswa di daerah terpencil belum bisa menikmati sekolah virtual.
  3. Di Indonesia sendiri masih belum ada metode dan standarisasi yang efektif untuk melakukan evaluasi performa terhadap sekolah virtual.

Pertimbangkan kekurangan dan kelebihan yang dibawa oleh sekolah virtual sebelum Anda memutuskan untuk mendaftarkan buah hati ke sekolah virtual maupun sekolah konvensional. Saat ini, sekolah virtual menjadi pilihan banyak orangtua.

Baca juga: 5 Cara Cek Nomor XL

Pelajari Alur dan Cara Daftar Sekolah Online 

Pendaftaran sekolah virtual setiap tahunnya tidak terlalu jauh berbeda. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh para siswa saat akan melakukan pendaftaran ke sekolah virtual. Sekolah yang akan dituju harus sudah bergabung dalam SIAP-PPDB online.

Setelah memastikan bahwa sekolah yang diinginkan sudah terdaftar dalam SIAP-PPDB online, pastikan untuk mengikuti beberapa tahapan berikut ini agar proses pendaftaran ke sekolah virtual bisa berlangsung dengan lancar.

  1. Lakukan pendataan berbagai berkas yang nantinya akan dibutuhkan selama proses PPDB online. Berkas yang diminta sebagai syarat harus dibawa oleh calon siswa ke sekolah yang dituju.
  2. Calon siswa perlu meminta formulir untuk pendaftaran pada panitia sekolah yang mengurus bagian informasi dan bagian formulir. Formulir harus diisi dengan data yang benar secara lengkap sebelum dikembalikan ke panitia sekolah online.
  3. Selanjutnya, proses entry data akan dilaksanakan oleh panitia sekolah dengan bantuan komputer. Selain proses entry data, proses verifikasi juga akan dilakukan terhadap semua berkas pendaftaran yang telah diserahkan oleh calon siswa.
  4. Setelah data selesai dimasukkan dan diverifikasi, panitia sekolah akan memberikan sebuah bukti pendaftaran pada siswa. Bukti ini harus disimpan dan digunakan di proses selanjutnya, yaitu mendaftar di PPDB online.
  5. Untuk mendaftar di PPDB online, buka situs web resmi SIAP PPDB online di siap-ppdb.com. Klik tombol Login di bagian kanan atas halaman utama SIAP PPDB online hingga muncul sebuah halaman baru.
  6. Kalau Anda pernah mendaftar sekolah online sebelumnya, klik tombol Masuk. Tapi kalau belum pernah mendaftar klik tombol Mendaftar. Proses login ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan akun Twitter dan Facebook.
  7. Bagi yang baru melakukan pendaftaran, akan muncul sebuah halaman pendaftaran yang wajib untuk diisi. Masukkan semua data seperti alamat email, nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, dan sebagainya. Lalu klik tombol Lanjut untuk melanjutkan proses pendaftaran.
  8. Kode aktivasi akan dikirim ke alamat email yang Anda masukkan tadi. Periksa email Anda dan masukkan kode yang diberikan ke kolom aktivasi pendaftaran di situs SIAP PPDB Online. Lalu klik lagi pada tombol Lanjut dan proses pendaftaran sekolah online sudah selesai.

Sekarang Anda sudah terdaftar di SIAP PPDB Online dan bisa mengakses berbagai menu yang tersedia untuk melengkapi profil maupun melakukan interaksi dengan semua peserta sekolah virtual yang lainnya.

Sumber Daya untuk Mendukung Program Sekolah Virtual

Ada berbagai sumber daya yang bisa dimanfaatkan oleh para siswa dalam menjalankan program belajar secara online. Sumber daya yang diberikan akan bergantung pada sekolah maupun institusi yang dipilih oleh setiap siswa. Beberapa sumber daya yang ditawarkan biasanya mencakup:

ebook, Jurnal, dan Buku Teks

Materi tertulis merupakan sumber daya yang sangat penting di hampir semua sekolah online. Banyak sekolah memberikan eBook yang sangat berguna karena sifatnya yang portabel fleksibel sehingga bisa diakses untuk belajar dimanapun melalui tablet, smartphone, maupun komputer.

Siswa pun tidak perlu membawa-bawa buku tebal yang membebani untuk bisa belajar dengan nyaman kapanpun dan dimanapun.

Sesi Interaktif

Sesi interaktif biasanya melibatkan sesi tanya jawab serta diskusi antara pelajar dengan pengajar. Ada forum khusus yang digunakan oleh sekolah virtual agar bisa terhubung dengan para siswanya. Misalnya menggunakan aplikasi Google Meet, Zoom, atau aplikasi sejenis lainnya.

Rekaman Pelajaran

Agar para siswa bisa menyerap sejumlah besar pelajaran dalam waktu yang cukup singkat, berbagai sekolah virtual menawarkan video rekaman pelajaran yang bisa diputar kembali oleh para siswa sehingga bisa mempelajari lagi materi yang kurang dipahami.

Persiapan Dana untuk Kebutuhan Sekolah Online

Sekolah virtual membutuhkan persiapan yang matang dan serius karena mengharuskan para siswa untuk mempunyai perangkat yang memadai, serta koneksi internet yang kuat dan lancar agar bisa mengikuti kegiatan belajar online dengan baik.

Persiapan ini membutuhkan dana yang tidak sedikit. Tapi, hal ini tidak perlu dipermasalahkan lagi sejak ada solusi terbaik pinjaman uang, yaitu Kredit Pintar. Kredit Pintar memungkinkan Anda dan siswa online lainnya untuk mendapatkan dana yang diperlukan demi mendukung program belajar online.

Dengan solusi aman dari Kredit Pintar, Anda bisa mendapatkan perangkat yang memenuhi syarat dan mempersiapkan koneksi internet yang dibutuhkan. Kegiatan belajar mengajar di sekolah online pun bisa berlangsung dengan lebih optimal.

Baca juga: Proses Melakukan Leasing Mobil: Proses, Pengertian, dan Contoh

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
13 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download