5 Cara Cek Nomor XL

24 Nov 2021 by Rindang Maulidia

XL merupakan salah satu penyedia layanan telekomunikasi seluler dengan banyak pengguna yang tersebar di seluruh Indonesia. Jaringan XL tersedia di seluruh Indonesia bahkan hingga ke daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar di Indonesia). 

Dengan kualitas jaringannya, tidak heran jika provider tersebut mampu menjangkau jumlah pelanggan yang cukup besar. Masalahnya, terkadang ada juga pelanggan yang lupa nomor handphone miliknya dan tidak mengetahui cara cek nomor XL miliknya. 

Baca juga: Cara Mengaktifkan Kartu XL dan Penyebab Gagal Aktivasi

cara cek nomor XL

Untuk itu, artikel ini hadir menjelaskan cara cek nomor XL Axiata jika pengguna lupa dengan nomornya sendiri. 

1. Cara Cek Nomor XL Sendiri Melalui Kode USSD

Pengguna XL bisa cek nomor miliknya secara mandiri melalui aplikasi panggilan telepon dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Pada menu panggilan, buat panggilan seluler ke nomor *123#.
  2. Kemudian, pada menu yang ditampilkan pilih nomor 7.
  3. Pilih opsi “Kartu XL-ku”.
  4. Pilih “Detail Nomor XL Anda”.
  5. Klik pilihan “cek profil & cek layanan”.
  6. Nomor XL milikmu akan ditampilkan pada layar ponsel.

2. Cara Cek Nomor XL Axiata Melalui Email

Selain menggunakan cara pertama, untuk cek nomor XL, Sobat Pintar bisa melakukannya melalui email dengan cara mengirimkan email ke customerservice@xl.co.id

Demi menjaga privasi pengguna, ada kemungkinan tim layanan pelanggan akan meminta berbagai data diri lengkap sesuai yang telah didaftarkan saat melakukan registrasi kartu SIM sebagai langkah verifikasi bahwa pengirim dan penerima pesan adalah pemilik nomor tersebut.

3. Cek Nomor XL Melalui Telepon Customer Service

Sobat Pintar pengguna XL bisa memanfaatkan telepon Customer Service XL yang tersedia dengan tarif pulsa di nomor 817 maupun telepon ke 818 yang akan menyambungkan penelpon ke mesin penjawab otomatis dari XL.

Cara cek nomor XL sendiri

Sebaiknya Sobat Pintar menggunakan sambungan telepon layanan pelanggan ke nomor 818 karena, meskipun terhubung dengan mesin penjawab otomatis, nomor ini tetap bisa memberikan instruksi bagi pengguna untuk mengetahui nomor handphonenya secara gratis.

4. Cek Nomor XL Dengan Menghubungi Orang Terdekat

Cara lain untuk melakukan cek nomor adalah dengan menghubungi orang terdekat melalui SMS atau panggilan telepon. Dengan memilih metode ini, maka Sobat Pintar wajib bekerja sama dengan penerima telepon/SMS untuk membagikan nomor Sobat Pintar yang digunakan untuk mengirimkan SMS/melakukan panggilan telepon.

Untuk menghubungi orang terdekat menggunakan panggilan telepon, buka aplikasi telepon dan lakukan panggilan tanpa perlu diangkat oleh nomor tujuan. Setelahnya, Sobat Pintar perlu meminta informasi nomor yang masuk ke nomor tujuan untuk bisa mengetahui nomor XL milik Sobat Pintar.

Baca juga: Cara Mematikan NSP Untuk Semua Jenis Provider

Lakukan hal serupa untuk mengetahui nomor XL pribadi dengan cara mengirimkan SMS ke orang terdekat.

5. Cek Gunakan Aplikasi MyXL

Cara ini hanya kompatibel untuk digunakan apabila pengguna telah melakukan login di aplikasi MyXL sebelumnya. Untuk memilih cara ini, pastikan Sobat Pintar telah memiliki aplikasi MyXL. 

Cek nomor XL

Hanya dengan membuka aplikasi MyXL, Sobat Pintar bisa menemukan nomor telepon karena ditampilkan pada halaman utama.

Kenapa Penting Untuk Mengetahui Nomor Telepon Sendiri?

Di tengah popularitas akses internet melalui wifi untuk berkomunikasi melalui berbagai aplikasi, rasanya pengguna telepon seluler sudah tidak memerlukan nomor telepon lagi. Namun, sebenarnya, penggunaan nomor telepon masih diperlukan agar Sobat Pintar bisa menikmati pengalaman penggunaan aplikasi yang terpasang di Smartphone.

Selain itu, nomor handphone juga masih diperlukan untuk pengisian pulsa agar nomor tidak mengalami masa tenggang dan paket data internet agar pemilik nomor bisa menikmati komunikasi dengan leluasa.

Selebihnya, inilah berbagai keperluan yang membutuhkan nomor telepon aktif.

  1. Pengiriman OTP untuk transaksi atau pendaftaran aplikasi yang memerlukan otorisasi pengguna.
  2. Transfer dana via e-wallet.
  3. Transfer dana melalui surat elektronik, seperti PayPal.
  4. Transaksi pembelanjaan melalui e-commerce, dan lain-lain.

Pastikan Nomormu Telah Terdaftar Agar Tetap Bisa Menikmati Layanan dan Produk dari XL

Sejak 2017, Kemenkominfo mewajibkan seluruh pengguna layanan komunikasi seluler di Indonesia untuk mendaftarkan nomornya dengan memberikan data berupa NIK dan Nomor KK. Kewajiban tersebut ditetapkan untuk memberantas adanya penyebaran hoax dan penipuan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Registrasi kartu baru bisa dilakukan dengan mudah melalui sms ke 4444 dengan format Daftar#NIK#No. KK dan bisa dilakukan secara gratis.

Jika registrasi berhasil dilakukan, pemilik nomor akan menerima konfirmasi melalui SMS dari 4444.

Baca juga: Ini Cara Pinjam Pulsa XL, Sangat Mudah!

Selain itu, registrasi nomor telepon juga bisa dilakukan dengan datang ke Gerai XL, kode USSD, dan menelpon customer service untuk mendapatkan panduan lebih lanjut agar proses registrasi bisa berjalan dengan lebih transparan.

Setelahnya, pemilik nomor akan diminta untuk registrasi ulang dalam jangka waktu 4 tahun ke depan.

Itulah 5 cara untuk cek nomor XL milikmu. Semoga membantu!


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

24 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload