Perjalanan Sejarah Sepak Bola Indonesia!

15 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 21 Mar 2022

Dunia sepak bola Indonesia memang selalu marak dengan kontroversi juga prestasi. Mulai dari penggemarnya yang selalu memberikan dukungan penuh kepada tim favoritnya, hingga tim sepak bola Indonesia yang selalu memberikan permainan terbaik mereka di rumput hijau. Ini Sejarah sepak bola indonesia!

Perjalanan Sejarah Sepak Bola Indonesia!

Akan tetapi, untuk Anda yang merupakan fans berat permainan yang membutuhkan skill menggiring bola dan stamina yang kuat ini, apakah Anda tahu tentang sejarah dunia sepak bola di Indonesia?

Jika Anda belum mengetahuinya, maka di artikel berikut ini, Anda akan mendapatkan informasi paling lengkap seputar sejarah pendiri pemain sepak bola di Indonesia. Hingga serba-serbi informasi tentang dunia sepak bola Indonesia.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang dunia sepak bola Indonesia, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu tentang sejarah awal sepak bola di Indonesia.

Baca juga: Kenali Berbagai Jenis Properti yang Membuat Pertunjukannya Makin Menarik 

Sejarah Sepak Bola Indonesia

Ternyata, dunia sepak bola Indonesia dimulai sejak zaman Hindia Belanda. Lebih tepatnya, di sekitar tahun 1914.

Di zaman tersebut, orang-orang dari Belanda mulai memperkenalkan permainan yang menggunakan bola sebagai objek utamanya. Menurut sejarah, permainan ini berasal dari Cina dan menyebar ke seluruh dunia. Lalu, permainan itupun berkembang dan mulai ada pertandingan bola antar pulau di sekitar Jawa.

Selanjutnya, berdiri NIVB atau Nederlandsch Indische Voetbal Bond. Ya, benar sekali, ternyata PSSI atau Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia bukanlah lembaga sepak bola pertama di Indonesia.

Kembali pada NIVB, selang beberapa lama kemudian, sekitar tahun 1972, NIVB memutuskan untuk mengubah namanya menjadi Nederlandsch Indische Voetbal Uni atau NIVU. Lembaga ini kemudian resmi menjadi lembaga pemersatu sepak bola Indonesia pada zaman tersebut.

Nah, sekarang Anda telah mengetahui sejarah singkat tentang lembaga sepak bola Indonesia pertama. Selanjutnya, mari kita membahas lebih dalam lagi tentang perjalanan dunia sepak bola Indonesia.

Perjalanan Dunia Sepak Bola di Indonesia

Perjalanan Sejarah Sepak Bola Indonesia!

Berikutnya, kita akan membahas perjalanan bagaimana pendiri pemain sepak bola di Indonesia dapat berhasil mendirikan lembaga sepak bola nasional.

Baca juga:Kenali Serba-serbi Sepatu Olahraga Agar Tak Salah Beli 

Dimulai di Yogyakarta

Untuk Anda yang merupakan warga Yogyakarta dan penggemar sepak bola Indonesia, maka Anda patut berbangga. Karena, sejarah pendiri pemain sepak bola di Indonesia berawal di Yogyakarta.

Sejarah ini lebih tepatnya terjadi di tahun 1930, bulan April tanggal 13. Saat itu, nama PSSI atau Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia resmi digunakan di seluruh Indonesia. Akan tetapi, tidak mudah perjalanan ini digapai.

Hal ini karena di tahun tersebut, Indonesia masih bergelut dengan situasi politik yang sangat menentang penjajahan dari Hindia Belanda. Namun, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia tetap berdiri dan mempertahankan eksistensinya hingga kini.

Perkumpulan Tokoh Sepak Bola Indonesia

Awal mula terbentuknya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ditandai dengan berkumpulnya tokoh-tokoh sepak bola Indonesia di Yogyakarta. Tentu saja, pertemuan ini dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Sehingga, PID atau Polisi Belanda tidak mengetahui perihal pertemuan ini.

Awalnya, nama PSSI bukanlah Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia, melainkan Persatuan Sepakraga Seloeroeh Indonesia. Berikutnya, sosok Soeratin Soesrosoegondo pun dilantik menjadi ketua umum PSSI.

Memiliki cita-cita yang tinggi untuk memajukkan dunia sepak bola Indonesia, Soeratin Soesrosoegondo kemudian membentuk Ikatan Sport Indonesia. Lembaga ini kemudian menjadi titik temu antara dunia sepak bola Indonesia dengan sepak bola Hindia Belanda.

Penyelenggaraan Pekan Olahraga

Selanjutnya, sebagai upaya untuk menyatukan dan memajukan perkembangan sepak bola di Indonesia, maka Soeratin Soesrosoegondo, yang kini dikenal sebagai pendiri pemain sepak bola di Indonesia, menyelenggarakan Pekan Olahraga.

Pekan olahraga ini berlangsung sekitar tahun 1938, lebih tepatnya di tanggal 15 hingga 22 Oktober. Dari sinilah kompetisi sepak bola Indonesia mulai semarak diminati masyarakat.

Terbentuknya Liga-Liga di Indonesia

Melihat adanya potensi dari rumpun sepak bola Indonesia, maka hal ini pun tidak disia-siakan oleh PSSI. Beberapa liga-liga pun mulai terbentuk.

Liga pertama yang terbentuk dan berhasil diselenggarakan terjadi pada tahun 1930-an juga. Saat itu, liga tersebut masih dikenal sebagai sebuah “perserikatan”. Walau di zaman tersebut Indonesia masih ada di bawah jajahan koloni Belanda, ternyata liga ini dapat berlangsung cukup lama. Yakni, hingga tahun 1979.

Selanjutnya, liga dengan tingkatan yang lebih baik pun terselenggara di Indonesia. Lebih tepatnya, di tahun 1979 hingga 1980, Indonesia berhasil menyelenggarakan sebuah kompetisi sepak bola yang bernama Liga Sepak Bola Utama atau yang dikenal juga sebagai Galatama.

Galatama ini terdiri atas satu divisi tunggal dan dianggap sebagai pertandingan semi-profesional. tetapi, khusus di tahun 1983 dan 1990, Galatama terdiri atas dua divisi.

Prestasi tersebut kemudian semakin memajukkan dunia sepak bola Indonesia. Karena, Galatama berhasil menjadi pelopor liga sepak bola Asia selain Hong Kong.

Kompetisi Sepak Bola Profesional di Indonesia

Melihat adanya potensi di dunia sepak bola Indonesia, maka PSSI pun terus bersinergi untuk kemajuan kualitas sepak bola Indonesia.

Berikutnya, di tahun 2008, Indonesia pun memiliki sebuah kompetisi bola resmi. Yakni, Liga Super Indonesia. Berlangsung dengan baik, sayang sekali Liga Super Indonesia harus mengalami dualisme kompetisi di tahun 2011. Hal ini terjadi karena adanya penyelenggaraan Liga Prima Indonesia.

Hingga akhirnya di tahun 2014, setelah melalui kongres luar biasa yang diadakan oleh PSSI di tahun 2013, maka Liga Prima Indonesia resmi bergabung dengan Liga Super Indonesia.

Akan tetapi, setelah sekian lama perjalanan sukses yang ditempuh oleh PSSI, di tahun 2015 lalu, PSSI harus dibekukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menpora. Hal ini terjadi karena Menpora menilai PSSI tidak mampu mematuhi peraturan perolahragaan nasional.

Selanjutnya, berkat FIFA, di tahun 2016, lebih tepatnya pada tanggal 13 Mei, PSSI pun berhasil bebas. Sekaligus, surat pembekuan terhadap PSSI akhirnya bisa dicabut.

Setelah mengetahui perjalanan dunia sepak bola Indonesia, berikutnya mari sekilas kita mengenal sosok pendiri pemain sepak bola di Indonesia, yakni Soeratin Soesrosoegondo.

Soeratin Soesrosoegondo, Pendiri Pemain Sepak Bola di Indonesia

Dikenal sebagai sosok pendiri PSSI, Soeratin Soesrosoegondo ternyata merupakan seseorang yang sebelumnya bersekolah di jurusan Teknik. Beliau berhasil menuntut ilmu di Sekolah Teknik Tinggi Hecklenburg pada tahun 1972.

Setelah menyelesaikan studinya di Jerman pada tahun 1978, ia langsung kembali ke Indonesia. Sesampainya di Indonesia, Soeratin lalu meniti karir dengan bekerja di sebuah perusahaan bangunan di Yogyakarta. Di perusahaan yang bernama Sizten en Lausada itu, beliau merupakan satu-satunya orang Indonesia yang berhasil memperoleh jabatan tinggi di perusahaan konstruksi.

Karena dorongan jiwa nasionalismenya yang tinggi, Soeratin kemudian memutuskan untuk berhenti bekerja di perusahaan tersebut. Ia pun melanjutkan perjalanannya sebagai seseorang yang aktif di aktivitas sosial dan bidang-bidang pergerakkan lainnya.

Pertemuan Dengan Soeri

Setelah lama berkecimpung di dunia pergerakkan, Soeratin pun melihat adanya potensi perkembangan dari dunia sepak bola Indonesia. Oleh karena itu, pada kesempatan berkumpulkan ketua-ketua perkumpulan pemuda dan tokoh Indonesia di Binnenhof, Jakarta, beliau pun mengutarakan idenya.

Saat itu, beliau menyampaikan tentang idenya bersama dengan tokoh-tokoh sepakbola yang berasal dari Solo dan Bandung di depan Soeri, pemimpin Voetbalbond Indonesische Jakarta atau VIJ.

Lalu, di pada tanggal 19, bulan April, tahun 1930, ide-ide cemerlang itu dituangkan ke dalam satu wadah. Dan, terciptalah Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia atau PSSI yang masih berdiri hingga saat ini.

Baca juga:Kenapa Penting Untuk Melestarikan Budaya Daerah Indonesia? 

Jadi, demikianlah informasi seputar sejarah perkembangan sepak bola Indonesia. Mulai dari perjalanan pendiri pemain sepak bola di Indonesia, hingga bagaimana PSSI harus menghadapi berbagai rintangan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, ya!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download