Daftar Saham Bank Terbaik di Tahun 2022

08 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 21 Mar 2022

Dengan perkembangan zaman yang semakin maju, sudah pasti banyak perubahan yang terjadi. Termasuk dalam mencari penghasilan baik itu yang utama atau tambahan. Dimana investasi adalah salah satu cara memperoleh pendapatan yang banyak diincar, terutama investasi saham bank.

Daftar Saham Bank Terbaik di Tahun 2022

Bagi para investor pemula, mungkin masih tidak begitu mengetahui bahwa sektor saham dalam bidang perbankan sekarang ini sangatlah menjanjikan. Setiap tahun, nilai saham dari bank mengalami kenaikan. Dimana momen ini tentu harus Anda manfaatkan. 

Tapi, sebelum Anda terjun ke dunia saham perbankan, maka harus tahu terlebih dahulu, bank mana saja yang memiliki performa saham terbaik di tahun 2022 ini. Untuk lebih jelasnya, ikuti terus pembahasannya berikut ini. 

Baca juga: Cara Membuat NFT dan Menjualnya di Open Sea | Kredit Pintar

Daftar Saham Bank Terbaik 

Daftar Saham Bank Terbaik di Tahun 2022

Saham dalam dunia perbankan sebenarnya sudah tidak asing lagi. Dimana memang bank merupakan bisnis konvensional. Sehingga sahamnya bisa diperdagangkan secara umum di Bursa Efek Indonesia. 

Ada beberapa saham yang sudah sangat dikenal dan pada tahun lalu terbilang mempunyai kinerja yang sangat baik. Tentu saja, ada kemungkinan di tahun 2022 inipun, saham perbankan dari beberapa bank masih sangat menjanjikan. Berikut ini adalah daftarnya: 

Bank Bumi Arta 

Dengan kode BEI BNBA, saham dari Bank Bumi Arta ini sendiri mempunyai performa yang terbilang sangat baik. Laba bersih yang didapatkan oleh bank ini sendiri mengalami kenaikan hingga 140% yoy jika dibandingkan dengan tahun lalu, dengan jumlah keuntungan mencapai 47,8 milyar. 

Tidak hanya itu saja, data akan nasabah yang bermasalah (NPL) juga terbilang kecil, dimana jumlahnya hanya 2,1% untuk NPL net. Sedangkan untuk NPL Gross hanyalah 3,17%. Perlu Anda tahu semakin kecil nilai NPL, maka nasabah yang bermasalah juga jumlahnya tidak banyak. Sehingga ada kemungkinan bahwa saham dari bank ini akan terus membaik di tahun 2022. 

Bank Mandiri 

Bank Mandiri juga dikenal mempunyai performa sangat baik. Terlihat dari laba bersih yang didapatkan sepanjang tahun 2021, dimana total kenaikannya mencapai 33% yoy dan berada di angka 22,4 triliun. Tidak hanya itu saja, dari kreditnya pun mengalami kenaikan dibandingkan pada tahun 2020 lalu. 

Tercatat pada Desember 2020, kredit Bank Mandiri tercatat 763 triliun, kemudian pada September 2021 mengalami kenaikan hingga mencapai 808 triliun. Belum lagi konsolidasi dari Bank Syariah Indonesia yang juga mengalami peningkatan hingga 16,4%. Sehingga bisa dipastikan saham Bank Mandiri masih akan menjanjikan di tahun 2022 ini. 

Baca juga: Cara Beli Saham IPO lewat eIPO, Lengkap! | Kredit Pintar

Bank BRI 

Di Bursa Efek Indonesia, Bank BRI mempunyai kode BBRI. Dimana saham Bank BRI pun masih sangat tepat sekali dijadikan investasi jangka panjang. Hal ini tidak lepas dari faktor fundamental yang sangat solid dan resiko kebangkrutan juga sangat minim. Dari total laba yang diperoleh juga sangatlah besar. 

Meski didera pandemi pun, Bank BRI mampu meningkatkan laba bersih mencapai 19 triliun. Lebih tinggi 5 triliun dibandingkan pada tahun 2020 lalu. Hal ini tidak lepas dari inovasi yang lebih condong ke bisnis UMKM dengan memanfaatkan sektor digital. Sehingga pertumbuhan kreditnya pun semakin berkembang sangat pesat. 

Bank BCA 

Saham Bank BCA pun juga tidak banyak mengalami kejatuhan pada tahun 2020 lalu, meski pandemi terus menggempur perekonomian negara ini. Sebagai salah satu bank terbaik di Indonesia, tentu saja ini membuktikan bahwa kiprah dari Bank BCA tetap baik. Tidak heran jika saham dari bank ini mampu masuk ke dalam status saham Blue Chip. 

Harga saham bank BCA sama sekali tidak mengalami masalah. Cenderung stabil pada tahun 2020 hingga 2021. Dimana laba dalam periode berjalan mencapai angka 30 triliun dan mengalami kenaikan sekitar 3 triliun jika dibandingkan pada tahun 2020. 

Sedangkan untuk laba bersih pada periode 6 bulan I berada di angka 14,45 triliun. Sehingga kenaikannya mencapai angka 18,1% yoy. Belum lagi ada dukungan dari peluncuran Blu by BCA Digital serta MyBCA yang terus mengalami perbaikan. Pengamat pun memastikan bahwa saham dari bank ini masih sangat menjanjikan di 2022. 

Bank Syariah Indonesia 

Bank yang baru saja terbentuk dari hasil merger antar Bank Mandiri Syariah, BRI Syariah dan BNI Syariah ini pun memiliki potensi besar di tahun 2022. Hal ini terbukti pada November 2021, BSI berhasil mencatatkan profit sebanyak 2,8 triliun rupiah. Dengan total aset yang dimiliki saat ini adalah 256,5 triliun. 

Tentu saja keuntungan yang akan diperoleh pada tahun 2022 diprediksi terus meningkat. Mengingat pada hingga saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang belum menikmati pelayanan dari BSI. Terlebih lagi saat ini, BSI sudah masuk ke ranah digital. Sehingga, masyarakat pun bisa mendapatkan layanan dari BSI dengan lebih mudah. 

Bank Bukopin 

Setelah PT. Bosowa Corporindo sudah tidak lagi di Bukopin, banyak sekali perubahan yang terjadi. Apalagi setelah OJK telah mengeluarkan larangan bahwa Bosowa sudah tidak boleh lagi menjadi pemegang saham Bank Bukopin. Hal ini sendiri memberikan angin segar terhadap saham dari bank yang satu ini. 

Pengamat dari Asosiasi Analis Efek Indonesia yaitu Reza Priyambada pun mengatakan bahwa belakangan ini, saham dari Bank Bukopin terlihat sangat cemerlang. Tapi, karena ada kisruh akan kepemilikan saham yang terjadi membuat saham dari bank ini sempat loyo. 

Dengan adanya kejelasan akan kepemilikan saham ini, maka ada kemungkinan bahwa saham Bukopin akan mengalami kenaikan di tahun 2022. Tentu saja adanya potensi ini akan menjadi tanda bagi Anda yang ingin berinvestasi disini. 

Bank BTPN Syariah 

Didirikan oleh BTPN pada tahun 2013, nama Bank BTPN Syariah pun mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dimana bank ini telah tercatat di BEI pada tahun 2018 dan menjual saham mereka secara terbuka. Di tengah pandemi yang terjadi pada tahun 2020 lalu pun tidak meruntuhkan harga saham mereka. 

Bahkan di bulan November tahun lalu, saham BTPN Syariah memperoleh keuntungan bersih berjalan hingga mencapai 1,3 triliun rupiah. Kenaikan harga saham dari bank BTPN Syariah ini pun juga sudah terlihat. Sekarang 1 lembar saham dari bank ini sudah mencapai harga 3.600 rupiah. 

Demikianlah daftar saham bank terbaik yang memiliki potensi besar di tahun 2022. Beberapa bank sekarang ini sudah terlihat memiliki harga saham yang stabil. Hal ini tidak lepas dari perbaikan ekonomi yang terus digenjot oleh pemerintah. Sehingga ada peluang besar bahwa saham perbankan tetap menjadi anak emas di tahun ini. 

Baca juga: Rekomendasi Saham Terbaik untuk Investasi | Kredit Pintar

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download