Cara Membuat NFT dan Menjualnya di Open Sea

18 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 03 Mar 2022

Sejak Ghozali Everyday mendadak viral karena hasil foto selfienya yang dijual dalam bentuk NFT mampu mendulang cuan hingga miliaran rupiah, teknologi ini mulai banyak diperbincangkan khalayak luas. Lantas, apa sebenarnya NFT itu dan bagaimana cara membuat NFT seperti yang dilakukan Ghozali? Simak yuk, penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu NFT?

NFT atau dengan kepanjangannya Non-Fungible Token, merupakan suatu aset digital berbasis teknologi blockchain yang sedang populer di dunia kripto sekarang ini. Nilainya yang mampu mencapai hingga puluhan juta dolar membuat banyak orang tergiur untuk memilikinya. Di dunia bisnis sendiri, sebagian besar NFT diperdagangkan menggunakan koin buatan Ethereum yang bernama Ether (ETH). 

Oleh karena NFT merupakan suatu aset digital yang mewakili suatu barang berharga, maka nilainya tidak dapat diganti atau ditukarkan begitu saja. Setiap NFT mempunyai data yang berisi catatan transaksi di dalam blockchain. Dari data inilah, orang akan mengetahui siapa penciptanya, berapa nominal harganya, bahkan sejarah kepemilikannya.

Baca juga: Sistem Kerja NFT Marketplace

Items yang Bisa Diubah Menjadi NFT

Sebagai informasi, ada beberapa contoh items yang dapat diubah menjadi NFT. Pertama, items ini haruslah berupa gambar dan video. Selain itu, gambar bergerak seperti GIF juga dapat diubah menjadi aset digital NFT.

Bagi Sobat yang memiliki musik karya sendiri, mengubahnya menjadi NFT dapat membuatnya memiliki nilai jual sehingga bisa sangat berharga bagi Sobat di kemudian hari. Belum lagi jika Sobat mempunyai berbagai barang karya seni unik lainnya misalnya saja lukisan. Bahkan bagi siapapun yang memiliki aset game pun dapat diubah menjadi NFT.

Lebih jauh, faktur, dokumen digital, hingga tiket suatu acara pun bisa dijadikan sebagai aset NFT. Kesimpulannya, NFT disini merupakan sebuah item atau aset seperti koleksi fisik namun dalam bentuk digital atau dengan kata lain seperti sebuah sertifikat digital yang bisa mewakili aset Sobat di dunia nyata. 

Dengan mengubah karya seni, musik, gambar, ataupun items yang terdapat pada game menjadi bentuk digitalnya yakni dalam bentuk NFT maka mereka bisa dengan mudah diperdagangkan melalui blockchain.

Cara Mendaftar OpenSea NFT

Meski baru terdengar dan populer beberapa waktu belakangan ini, sebenarnya NFT telah ada sejak tahun 2014. Saat itu, NFT hanya berawal dari game. Namun seiring dengan arus perdagangan yang kian meningkat, ada banyak seniman digital yang mulai memperdagangkan produk-produk mereka sendiri lewat dunia maya.

Salah satu situs marketplace terbesar dan terpopuler saat ini yang sering dijadikan tempat penjualan NFT adalah OpenSea. Adanya platform ini mampu mempermudah seseorang untuk melakukan transaksi pembelian atau penjualan NFT. Tentunya sebelum menjual NFT di platform ini, Sobat Pintar harus menempuh terlebih dahulu setiap detail cara membuat NFT dengan lengkap dari awal hingga akhir.  

Nah, setelah mengubah semua aset Sobat menjadi asset digital NFT barulah Sobat membuat akun MetaMask (Crypto Wallet) dan OpenSea. Kedua cara ini merupakan sebuah langkah awal yang harus ditempuh agar Sobat berhasil menjual aset NFT pribadi di situs tersebut nantinya. 

Jadi, bagaimana cara membuat akun MetaMask dan OpenSea seperti yang dimaksud? Simak yuk, langkah-langkahnya di bawah ini.

Membuat Akun MetaMask (Crypto Wallet)

Hal paling pertama yang harus dilakukan sebelum membuat akun OpenSea adalah membuat akun Crypto Wallet Anda terlebih dahulu. Crypto Wallet yang dimaksud disini adalah seperti MetaMask. Seperti ketahui, membuat NFT itu membutuhkan biaya maka untuk melakukan pembayarannya digunakanlah mata uang kripto paling populer dan dikuasai banyak orang.

Cara Membuat NFT dan Menjualnya di Open Sea

Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Membuka situs resmi OpenSea di browser yaitu OpenSea.io menggunakan smartphone atau PC
  2. Klik menu “MetaMask”
  3. Pilih metode instalasi yang diinginkan apakah itu Chrome, Android, ataupun iOS
  4. Misalnya, jikalau Sobat memilih Chrome, maka klik menu “tambah ke Chrome” yang tersedia di sana
  5. Tekan “Add Extension”
  6. Akhirnya klik “Get Started” untuk menyelesaikan proses instalasi MetaMask Sobat

Baca juga: Apa Itu Aplikasi Tokocrypto?

Membuat Wallet

Setelah menginstal MetaMask, sekarang Sobat Pintar harus membuat Wallet pribadi. Caranya adalah sebagai berikut. 

  1. Pada halaman yang sama, klik “Create Wallet.”
  2. Tekan “I Agree”
  3. Set password pribadi Anda dengan jumlah minimum password sebanyak 8 karakter
  4. Centang tulisan yang berbunyi: “I have read and agree to the Terms of Use.” 
  5. Klik tombol “Create,” 
  6. Tekan “Next” di laman Secure Your Wallet. 
  7. Setelah itu, buat “Secret Recovery Phrase” 
  8. Klik “Next” dan masukkan “Recovery Phrase” Sobat 
  9. Tekan “Next” untuk melanjutkan proses 
  10. Akhirnya setelah semua selesai, klik “All Done”

Mendaftar Akun OpenSea

Setelah menginstal MetaMask dan memiliki wallet, cara membuat NFT selanjutnya adalah dengan mendaftar akun OpenSea. Simak langkah-langkahnya seperti berikut.

  1. Masuk kembali ke website resmi OpenSea, yakni OpenSea.io. 
  2. Klik ikon foto profil atau ikon dompet dan pilih “Connect Wallet”
  3. Pilih dompet digital yang sudah Sobat install sebelumnya yaitu “MetaMask”
  4. Sekarang dompet digital MetaMask Sobat sudah otomatis terhubung dan notifikasinya pun terbuka
  5. Pilih menu “Account” dan juga “Profile” untuk mengatur profil pribadi Sobat di platform
  6. Masukkan data-data yang dibutuhkan seperti username, email dan data-data lainnya
  7. Tekan “Save” 
  8. Tunggu hingga OpenSea mengirimkan pesan email kepada Sobat
  9. Verifikasi email yang sudah Sobat terima dan otomatis sekarang akun OpenSea sudah bisa Sobat Pintar gunakan

Pilih Item atau Aset Digital yang Ingin Dijual

Cara membuat NFT yang pertama adalah memilih item yang akan diperjualbelikan di Open Sea. Klik menu “Create Item”. Lalu pilih item yang secara harfiah dapat diproduksi sebagai file multimedia. Kemudian, isi seluruh deskripsi file yang dibutuhkan. Bila sudah yakin, klik “Simpan.” Ingat, bahwa ukuran maksimum file item sebesar 100 MB.

Cara Membuat NFT di Open Sea

Cara Membuat NFT dan Menjualnya di Open Sea

Setelah akun OpenSea Sobat sudah berhasil dibuat, selanjutnya Sobat bisa membuat NFT langsung pada platform tersebut. Cara membuat NFT langsung pada OpenSea adalah sebagai berikut.

  1. Buka situs OpenSea lalu klik menu “Create” kemudian masukkan file item yang akan Anda jadikan NFT, misalnya saja foto, gambar, video, dan lain-lain
  2. Input nama NFT dan beberapa pengaturan penting lainnya di sana
  3. Pengaturan penting yang dimaksud adalah pengaturan bagi konten-konten yang bermuatan sensitif serta setting blockchain yang dapat Sobat gunakan.
  4. Klik menu “Create” yang ada di bagian bawah website 
  5. Sekarang, NFT sudah bisa untuk dijual

Baca juga: Perkembangan Harga Bitcoin dari Tahun 2009 – 2021 

Cara Menjual NFT

Untuk menjual NFT yang sudah Sobat Pintar buat dan miliki di OpenSea, langkah-langkah yang harus ditempuh sebenarnya cukup mudah. Apa sajakah itu? Berikut urutan lengkapnya.

  1. Masuk ke website resmi OpenSea di OpenSea.io
  2. Log-in ke akun yang sudah dibuatkan sebelumnya
  3. Klik ikon foto profil Sobat yang terletak di bagian kanan atas website
  4. Kemudian buka menu “My Collection” yang ada di situ
  5. Pilih asset digital atau NFT yang akan Sobat jual 
  6. Tekan menu “Sell” agar Sobat bisa berpindah ke halaman penjualan di website
  7. Pilih skema penjualan apa yang Sobat inginkan
  8. Apabila memilih menjual langsung maka klik “fixed price”. Sebaliknya jika memilih skema lelang, maka Sobat Pintar harus klik “time auction”
  9. Untuk skema lelang, jangan lupa masukkan terlebih dahulu harga awalnya, waktu kadaluarsa-nya serta batas ambang harga-nya. 
  10. Input harga NFT Sobat dengan mata uang kripto Ethereum yang diinginkan
  11. Atur lama durasi penjualan NFT Sobat dengan klik kolom “duration.”Perlu diingat bahwa durasi penjualan NFT Sobat bisa berlangsung selama satu hari, tiga hari, atau bahkan seminggu
  12. Cek kembali pengaturan penjualan Sobat. Jikalau dirasa sudah tepat dan selesai, tekan menu “Complete Listing” untuk menyelesaikan proses pengaturan penjualan
  13. Apabila ini adalah penjualan pertama Sobat, maka proses verifikasi wallet perlu dilakukan dengan cara menyelesaikan dua buah transaksi di akun
  14. Kegunaannya adalah pertama untuk menginisiasi akun Sobat untuk melakukan penjualan
  15. Dan kedua untuk memberikan akses item Sobat ke OpenSea saat proses penjualan berlangsung
  16. Selanjutnya, OpenSea akan membuat ektension Metamask agar bisa melakukan konfirmasi rincian penjualan NFT beserta NFT yang ingin Sobat jual di OpenSea
  17. Sekarang, asset digital yang Sobat buat sudah bisa dijual
  18. Pada kolom “Activity” yang berada di sebelah kiri daftar dapat digunakan untuk melihat apa saja aset digital yang sedang dijual

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai apa itu NFT, cara membuat NFT hingga cara menjualnya melalui OpenSea. Tertarik untuk membuat NFT dan menjualnya? Pastikan Sobat Pintar sudah memahami mekanisme kerja NFT dengan sungguh-sungguh terlebih dahulu agar tidak mengalami kerugian di kemudian hari.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang terdaftar dan sudah diawasi OJK yang memudahkan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Yuk, ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download