Spesifikasi Xiaomi Redmi 10A dan Harga

27 May 2022 by Rindang Maulidia, Last edit: 27 May 2022

Xiaomi baru saja merilis handphone kelas entry-level terbaru dengan nama Xiaomi Redmi 10A. Hadir dengan harga merakyat bagi seluruh kalangan, handphone ini cocok untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dan hiburan ringan. Namun, apakah fitur yang tersedia sudah sesuai dengan harga yang ditetapkan?

redmi 10a

Cari tahu spesifikasi Xiaomi Redmi 10A selengkapnya, dalam artikel berikut.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 10A Sebagai Handphone Entry-level

Kehadiran Xiaomi Redmi 10A sebagai handphone entry-level dengan harga terjangkau, kemungkinan akan disambut dengan baik oleh pecinta Xiaomi di seluruh Indonesia. Namun, perlu diketahui, tidak semua orang cocok menggunakan handphone kelas entry-level. Handphone kelas entry-level biasanya dibuat untuk sekadar memenuhi kebutuhan komunikasi seperti berkirim pesan dan multimedia dengan resolusi terbatas, sehingga wajar jika handphone tersebut dirilis dengan harga yang sangat terjangkau.

Kalau kamu masih mempertimbangkan membeli Xiaomi Redmi 10A, pelajari spesifikasinya berikut. 

Baca juga: Review Lengkap Xiaomi Note 7

1. Layar

Layar handphone ini cocok untuk pengguna yang menyukai handphone dengan layar besar ukuran 6.53 inci, yang mana menjadi ciri umum pada handphone masa kini. Xiaomi Redmi 10A menghadirkan layar berjenis IPS LCD dengan resolusi HD+. Dengan resolusi tersebut, pengguna bisa cukup nyaman menikmati hiburan melalui video YouTube maupun mobile game.

2. Kamera

Handphone ini menyediakan 1 lensa kamera depan dan 3 lensa kamera belakang yang dilengkapi dengan lampu flash. Kamera depan pada Xiaomi Redmi 10A memiliki resolusi 5MP. Dengan resolusi tersebut, pengguna bisa mendapatkan hasil gambar yang cukup layak saat video call serta foto selfie yang memuaskan. 

Sedangkan, dengan kamera belakang yang memiliki resolusi 13MP, 5MP, dan 2MP para reviewer gadget berpendapat bahwa hasil foto bisa dibilang cukup layak meskipun warna yang ditampilkan tidak tajam. Namun, kekurangan tersebut bisa diperbaiki dengan menggunakan fitur HDR yang tersedia pada kamera. 

Baca juga: Tips Reset Xiaomi Tanpa Repot

3. Baterai

Dengan bodi unit yang cukup bongsor, Xiaomi menanamkan kapasitas baterai yang sebanding untuk mendukung kinerja unit ini, yaitu sebesar 5000mAh. Dalam penggunaannya, baterai Xiaomi Redmi 10A diklaim bisa bertahan sehari penuh untuk menikmati konten media sosial dari berbagai aplikasi, seperti; YouTube, Instagram, TikTok, dan lain-lain. 

Sementara itu, dalam berbagai ulasan yang beredar, ditemukan bahwa pengguna membutuhkan waktu sekitar 270 menit untuk mengisi ulang baterai dari level 2% ke 100%. 

Diduga, lamanya durasi pengisian ulang baterai diakibatkan oleh perangkat pengisian yang tersedia yang memiliki kecepatan 10W dilengkapi dengan kabel Micro USB. 

4. Performa

Xiaomi Redmi 10A dirilis dalam dua kapasitas penyimpanan yang berbeda, yaitu 32GB dan 64GB. Namun keduanya memiliki kapasitas RAM yang sama, yaitu 3GB. Dengan besaran RAM tersebut, banyak ulasan yang menyebutkan bahwa unit ini tidak mendukung multitasking dibuktikan dengan adanya perpindahan aplikasi yang terasa tersendat. 

Selain itu, handphone ini juga tidak memberikan pengalaman yang menyenangkan untuk memainkan Mobile Legend. Untuk menyiasati hal tersebut, pengguna bisa mengubah pengaturan grafis seminimal mungkin. 

5. Fitur keamanan

Handphone ini menyediakan fitur keamanan berupa pembaca sidik jari yang berada pada bodi belakang, satu area dengan lensa kamera belakang. Di era saat ini, pembaca sidik jari merupakan fitur keamanan yang sangat praktis untuk mengakses aplikasi pada handphone terutama yang membutuhkan otentikasi pengguna.

Namun, letak pembaca sidik jari pada bodi belakang dianggap sebagai letak yang sulit diakses oleh beberapa pengguna. Sementara itu, ada juga sebagian besar pengguna yang menganggap letak pembaca sidik jari pada bodi belakang terasa lebih aksesibel.

6. Harga, paket penjualan dan garansi unit

Xiaomi Redmi 10A tersedia dalam 3 pilihan warna yang menarik yaitu, silver, biru, dan hitam. Handphone ini memiliki garansi 15 bulan yang berlaku untuk unit perangkat dan baterai bawaan. Untuk harga penjualannya Xiaomi Redmi 10A 3/32 dibanderol dengan harga Rp1.500.000,- dan 3/64 dirilis dengan harga Rp 1.900.000,-.

Adapun kelengkapan unit yang disertakan pada paket penjualan adalah handphone, SIM ejector, buku petunjuk, charger 10W, dan kabel micro USB. 

Baca juga : Daftar Harga Xiaomi 11 2022

Kesimpulan

Meskipun dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, berdasarkan spesifikasi di atas, tidak semua pengguna akan memiliki pengalaman menyenangkan menggunakan Xiaomi Redmi 10A, khususnya pada fitur kamera dan performa mengingat ini adalah unit gadget dalam kelas entry-level. 

Redmi 10A

Jadi, jika kamu mencari handphone untuk memenuhi kebutuhan komunikasi, ponsel ini cocok untuk jadi pilihanmu. Sementara, jika kamu membutuhkan ponsel dengan kemampuan multitasking, pertimbangkan untuk mencari ponsel dengan kelas mid-range dan flagship. 


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

27 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download