Pasti Berhasil! Cara Reset HP Xiaomi Tanpa Repot

12 Nov 2021 by Laruan

Memiliki smartphone saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan alih-alih gaya hidup. Salah satu merek yang dikenal adalah Xiaomi, yang tak kalah dinamis mengeluarkan seri barunya. Namun jika sedang bermasalah, banyak yang belum tahu cara reset hp xiaomi agar bisa pulih dan digunakan seperti semula. Jangan buru-buru menjualnya, karena caranya sangat mudah.

Cara Factory Reset

Jika hp xiaomi bermasalah dan nyaris tidak bisa lagi digunakan, jangan terburu-buru menjualnya. Lakukan beberapa langkah factory reset hp xiaomi, yang fungsi utamanya adalah mengembalikan hp tersebut ke kondisi semula sebelum diisi berbagai data dan aplikasi.

Sesuai namanya, cara reset hp xiaomi dengan factory reset artinya hp tersebut akan kembali kepada menu layaknya hp baru dari pabriknya. Hal itu berarti, pemilik hp xiaomi harus bersiap-siap kehilangan beberapa data di hp tersebut. Maka pastikan melakukan penyimpanan atau back up sebelum me-reset.

Ikuti tahapan berikut ini untuk melakukan reset menjadi setting pabrik:

1. Masuk Menu Setting

Hal pertama yang dilakukan ketika akan melakukan factory reset adalah masuk ke menu pengaturan pada hp xiaomi. Melalui menu ini, reset hp xiaomi akan dilakukan dengan memulihkan kondisi hp seperti baru kembali. Pada menu setting atau pengaturan tersebut, pilih pengaturan tambahan atau additional setting.

2. Back Up

Di dalam menu pengaturan tambahan tersebut, terdapat akses untuk back up. Pilih menu tersebut, maka secara otomatis data di hp xiaomi akan terlebih dahulu ter-back up sebelum dilakukan pemulihan kondisi hp menjadi tampilan pabrikan.

3. Reset

Masih di menu yang sama, klik menu reset. Ketika mengakses menu ini, akan muncul pilihan factory reset. Tekan pada pilihan tersebut, maka handphone akan siap diubah menjadi setelah pabrik. Pilih Reset Phone, dan lanjutkan dengan konfirmasi dengan klik hapus. Dengan demikian, proses untuk reset factory akan berjalan.

4. Proses Reset Selesai

Setelah semua proses selesai, maka hp xiaomi tersebut akan kembali pada settingan pabrik. Hal ini berarti, tidak akan ada data yang tersimpan dan terbaca di hp tersebut, kecuali data yang sudah tersimpan.

5. Restart

Sempurnakan prosesnya dengan melakukan restart. Pada beberapa tipe, proses restart ini akan berlangsung otomatis setelah proses mereset selesai. Jika handphone xiaomi sudah menampilkan menu home screen, maka seluruh proses sudah selesai.

Cara Hard Reset

Selain dengan mengubah menjadi setting pabrik, ada cara reset hp xiaomi lainnya untuk memulihkan kondisi handphone yaitu dengan hard reset. Hal penting untuk diperhatikan yaitu kondisi baterai yang minimal harus berada di 50%. Selanjutnya, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

1. Matikan Perangkat

Jika ingin melakukan hard reset, maka pengguna harus melakukannya dalam keadaan perangkat mati. Namun, seperti disebutkan sebelumnya, pastikan dulu kondisi baterai tidak sedang lowbat. Jika sedang dalam kondisi kurang daya, maka proses ini tidak akan berjalan maksimal.

2. Recovery Xiaomi

Langkah berikutnya yaitu akses menu recovery xiaomi. Caranya adalah dengan menekan tombol power bersamaan dengan volume up. Tekan sampai muncul logo xiaomi, dan proses akan dilanjutkan dengan masuk ke Mi Recovery.

3. Wipe Data

Sebelum melakukan hard reset, langkah berikutnya adalah memilih opsi bahasa. Pilih Bahasa Inggris untuk melanjutkan. Berikutnya, pengguna dapat mengakses Wipe Data/factory Reset, lalu tekan All Wipe Data. Konfirmasi melanjutkan proses dengan klik Yes, dan tunggu proses beberapa saat.

4. Reboot

Jika proses telah selesai, lanjutkan dengan proses Reboot atau Restart hp xiaomi. Dengan demikian, proses telah selesai dan perangkat dapat digunakan seperti baru kembali.

Proses hard restart ini bukan hanya berguna jika handphone mengalami hang, melainkan ketika lupa kata sandi atau pola kunci smartphone xiaomi. Masalah tersebut dapat diatasi karena hp akan kembali ke settingan awal tanpa pola dan kata sandi.

Cara hard reset ini sering juga disebut sebagai recovery mode. Tentu saja, hal itu karena banyak masalah kecil dari smartphone yang bisa diselesaikan dengan merecovery hp ini menjadi settingan semula.

Menggunakan Akses Mi Cloud

Jika kedua cara mereset tersebut tidak berhasil atau terasa ragu-ragu untuk dilakukan, pengguna dapat mengakses Mi Cloud untuk melakukan reset. Situs ini dapat diakses menggunakan PC atau laptop, lalu log in menggunakan akun serta kata sandi yang dipakai di smartphone.

1. Buka Browser

Langkah pertama ketika akan mengakses Mi Cloud adalah membuka situs us.i.mi.com melalui browser di komputer. Berikutnya, lanjutkan dengan log in di Mi Account yang sesuai dengan akun yang dipakai di hp yang akan direset.

2. Log in

Setelah masuk menggunakan user dan password, pengguna juga akan diminta mengetikkan alamat email serta nomor handphone. Lanjutkan kembali dengan klik Sign in. Jika berhasil login, maka akan ditemukan device yang dimiliki pada menu yang tersedia. Klik find device untuk menemukannya, tunggu sampai terdeteksi.

3. Wipe Device

Langkah berikutnya yaitu klik device yang dimiliki, sesuai dengan tipe yang dimiliki. Lanjutkan dengan mengakses menu Wipe Device agar proses hard reset dapat dilakukan oleh Mi Cloud. Tampilan berikutnya adalah data apa saja yang ada di handphone dan akan dihapus.

4. Konfirmasi Penghapusan

Jika sudah pasti akan menghapus semua data yang ditampilkan, maka klik Wipe dan proses akan berlanjut. Proses akan selesai dalam beberapa menit, dan setelahnya perangkat akan melakukan restart otomatis.

Manfaat Reset HP

Melakukan reset dengan berbagai cara ternyata bukan hanya berguna pada saat hp hang. Terdapat beberapa manfaat lain yang bisa didapat oleh pengguna dengan melakukan reset yaitu:

1. Mengoptimalkan Kinerja

Salah satu manfaat dari melakukan factory atau hard reset adalah optimasi kinerja handphone. Adakalanya handphone mulai lemot kinerjanya, terutama setelah penggunaan beberapa tahun. Maka cara ini dapat dilakukan untuk memulihkan fungsi optimalnya kembali.

2. Membersihkan Virus

Sama halnya seperti komputer, smartphone juga menjadi perangkat yang rentan terkena virus atau malware. Melakukan reset ke setting pabrik menjadi salah satu cara efektif untuk membersihkan handphone dari virus, sehingga perangkat bisa berfungsi seperti semula dan bebas malware.

3. Membuang Cache

Kinerja yang sangat sibuk dari handphone membuat adanya tumpukan cache atau file sampah. Apalagi, jika hp memiliki banyak unduhan aplikasi. Factory dan hard reset bisa membersihkan file sampah yang menghambat kinerja hp.

4. Membuat Storage Kembali Luang

Jika file-file sampah dan virus telah terbuang, otomatis ruang penyimpanan akan berkurang isinya. Dengan demikian, factory dan hard reset adalah cara efektif untuk mengosongkan kembali ruang penyimpanan, sehingga bisa digunakan untuk menyimpan file baru.

Beberapa cara reset hp xiaomi tersebut tentu harus dilakukan dengan hati-hati. Terkadang terjadi juga kegagalan ketika melakukan reboot. Maka, pastikan pengguna telah mem-back up semua data di hp, memastikan daya hp minimal 50%, beserta mengatasi masalah di hp sebelum melakukan reset.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
12 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload