Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

05 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 18 Mar 2022

Apa pentingnya posisi tidur yang baik untuk ibu hamil? Setiap ibu yang sedang menjalani masa kehamilan biasanya akan kesulitan dalam mencari posisi tidur yang nyaman. Kesulitan ini akan semakin meningkat seraya usia kehamilan bertambah dan perut semakin membesar.

Banyak ibu yang suka tidur tengkurap atau terlentang adalah para ibu yang paling kesulitan dalam menemukan posisi tidur yang paling nyaman. Saat ibu sedang hamil muda, penyesuaian mungkin lebih mudah dibuat. Bagaimana dengan ibu yang sedang hamil tua? Solusinya ada di bawah ini.

Baca juga: 5+ Aplikasi Edit Video Terbaik 2021 Rekomen

Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester 1

Trimester pertama adalah masa kehamilan awal yang berlangsung dari bulan pertama hingga bulan ketiga. Masa kehamilan ini masih terhitung masa kehamilan yang cukup mudah karena ibu biasanya bisa menemukan posisi tidur yang nyaman. Beberapa posisi tidur yang aman dan nyaman adalah:

  1. Tidur tengkurap

Apakah tengkurap merupakan salah satu posisi tidur yang baik untuk ibu hamil? Tidur tengkurap adalah posisi yang aman jika kehamilan ibu belum terlalu besar. Di usia kehamilan sebelum 16 hingga 18 minggu, ibu masih boleh tidur dengan posisi tengkurap.

Setelah 18 minggu, ibu bisa jadi akan merasa tidak nyaman saat tidur dengan posisi tengkurap. Apakah aman untuk tidur tengkurap di usia kehamilan 1 bulan? Jawabannya adalah aman. Cairan ketuban dan dinding rahim bisa melindungi janin sehingga janin tidak akan terjepit.

  1. Tidur terlentang

Di usia kehamilan 2 bulan, posisi tidur yang baik untuk ibu hamil adalah terlentang. Tapi jangan keterusan hingga usia kehamilan memasuki trimester kedua apalagi hingga ke trimester ketiga. Di trimester pertama, ibu masih boleh tidur terlentang dengan satu syarat.

Ibu sebaiknya tidur terlentang sesekali saja. Saat tidur dengan posisi terlentang pada usia kehamilan 2 bulan, letakkan bantal di bagian belakang punggung ibu. Ketika ibu akan berguling terlentang, aliran darah akan tetap lancar dan bayi pun bisa tetap mendapatkan makanan dengan baik.

  1. Tidur menyamping

Posisi tidur lain yang sangat disarankan berdasarkan bulan adalah menyamping ke arah kiri. Ginekolog mengatakan bahwa posisi menyamping ke sebelah kiri adalah posisi terbaik untuk ibu hamil. Mengapa begitu? Lateral kiri adalah posisi yang paling ideal karena bisa mengurangi tekanan.

Dengan posisi ini, ibu tidak akan memberi tekanan berlebihan terhadap hati. Posisi ni juga bisa mengurangi pembengkakan di kaki dan tangan karena kesehatan ginjal bisa meningkat berkat posisi tidur yang satu ini.

Baca juga: 7 Aplikasi Trading Terbaik 2021: Aman dan Terpercaya

Ragam Keluhan Ibu Hamil dan Cara Praktis Mengatasinya - Alodokter

Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester 2

Pada trimester yang kedua, perut ibu sudah semakin membesar dan kenyamanan dalam tidur semakin sulit didapat. Ibu perlu mempelajari beberapa posisi tidur yang tidak hanya nyaman tapi juga aman. Ibu juga harus mengetahui posisi tidur apa saja yang sebaiknya dihindari selama trimester kedua ini.

  • Tidak boleh tidur terlentang

Setelah memasuki trimester kedua, mulai dari bulan keempat, ibu tidak boleh lagi tidur terlentang. Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil di trimester kedua bukan posisi terlentang. Dengan tidur terlentang, beban berat bayi yang sudah semakin besar akan ditanggung oleh punggung ibu.

Kalau ibu terus menerus tidur terlentang, beberapa masalah kesehatan seperti wasir, sakit punggung, dan sistem pencernaan yang tidak efisien bisa muncul. Ada banyak masalah lain yang bisa muncul dengan tidur terlentang seperti sesak nafas pada ibu dan bayi meninggal saat berada di kandungan.

  • Tidur menyamping lebih baik

Posisi tidur paling ideal selama trimester yang kedua adalah menyamping ke arah kiri. Selain mengurangi sakit punggung, posisi ini bisa membantu ibu mengirimkan asupan nutrisi dan oksigen ke janin dengan lebih lancar sehingga pertumbuhan janin akan lebih bagus.

Kalau ibu merasa tidak nyaman dengan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil ini, tambahkan bantal di bawah perut sehingga ibu bisa tidur menyamping dengan lebih nyaman. Lanjutkan posisi tidur menyamping ini sampai trimester ketiga saat mendekati kelahiran bayi.

  • Tidur menyamping ke kanan sesekali saja

Menyamping ke arah kiri adalah posisi tidur terbaik selama masa kehamilan. Tapi kalau ibu merasa bosan atau belum nyaman dengan posisi ini, ibu boleh mencoba miring ke kanan sesekali saja. Tujuannya adalah untuk mengurangi tekanan yang diterima oleh pinggul sebelah kiri.

Meskipun ibu boleh tidur menyamping ke arah kanan, sebaiknya lakukan sesekali saja. Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil mulai dari trimester awal hingga akhir adalah menyamping ke arah kiri. Darah bisa mengalir ke plasenta dengan lebih lancar.

Baca juga: Get Contact: Fitur, Kegunaan, dan Cara Kerja

Ibu Hamil yang Divaksin Covid-19 Menurunkan Antibodi pada Bayinya Halaman  all - Kompas.com

Cara Tidur Lelap dengan Nyaman di Trimester 3

Saat usia kehamilan memasuki 7 bulan, perut akan semakin membesar dan pergerakan ibu pun menjadi lebih terbatas. Sangat sulit untuk menemukan posisi terbaik untuk tidur di usia kandungan ini. Tapi ada beberapa tips yang bisa membantu ibu tidur dengan lebih lelap.

  • Letakkan bantal untuk menopang tubuh

Gunakan bantal di bagian bawah perut ibu saat ibu tidur dalam posisi menyamping. Bantal akan menopang tubuh ibu, terutama bagian atas tubuh dengan sudut sekitar 45 derajat. Adanya penopang pada perut membuat ibu merasa jauh lebih nyaman saat akan tidur.

Selain itu, bantal yang menopang perut ibu menjaga ibu agar tetap tidur dengan posisi menyamping ke arah kiri dan tidak terlentang. Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil ini bisa membuat ibu tidur dengan lelap tanpa membahayakan kesehatan calon bayi.

  • Tambahkan bantal di antara paha ibu

Cara lain agar ibu bisa tidur dengan lebih nyenyak adalah menggunakan bantal diantara kedua paha ibu. Dengan menggunakan car aini, otot kaki ibu akan lebih rileks. Selain itu, aliran darah ibu juga akan semakin lancar. Ibu pun bisa tidur dengan lebih nyenyak dan nyaman.

Selain membuat ibu merasa lebih nyaman dan bisa tidur dengan lebih lelap, bantal yang diletakkan diantara kedua paha ibu dan aliran darah yang lebih lancar bisa membuat tumbuh kembang bayi menjadi lebih optimal.

  • Gunakan bantal khusus untuk kehamilan

Banyak sekali bantal kehamilan yang dirancang untuk mendukung posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Ibu bisa membeli salah satu bantal kehamilan yang sudah dirancang agar sesuai dengan kondisi seluruh ibu hamil. Dengan bantuan bantal ini, ibu bisa tidur menyamping sepanjang malam.

Bantal khusus untuk kehamilan biasanya berbentuk U terbalik. Ada tempat untuk ibu meletakkan kepala, memeluk bantal saat tidur menyamping, dan bagian khusus yang menahan ibu agar tidak tidur terlentang.

Ini Penjelasan Kenapa Ibu Hamil Butuh Tidur Siang

Baca juga: Vivo V23 5G: Smartphone Keren Dapat Berubah Warna

Tips Ekstra untuk Tidur Lebih Nyaman

Kredit Pintar dengan senang hati membantu ibu untuk tidur lebih nyenyak. Unduh aplikasi Kredit Pintar untuk memperoleh pinjaman dana sesuai dengan kebutuhan. Kemudian gunakan dana tersebut untuk membeli bantal khusus kehamilan yang bisa membantu ibu merasa nyaman selama kehamilan.

Dengan demikian, ibu bisa menikmati istirahat yang jauh lebih nyaman dan lelap sambil membantu perkembangan bayi agar bisa lahir dengan sehat. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
18 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download