Nggak Mau Krisis Keuangan? Hindari 4 Hal Ini!

16 Jan 2018 by Edwin

Kondisi keuangan tiap orang tentunya berbeda-beda, tapi ada kesamaan antara yang satu dengan yang lain, yaitu keinginan untuk terhindar dari krisis keuangan. Gaya hidup yang glamor dan tingkat konsumsi yang tinggi emang udah terbukti jadi salah satu penyebab krisis keuangan pribadi. Nah, artikel kali ini akan membahas apa aja yang bisa bikin keuanganmu krisis. Yuk, langsung cek aja!

  1. Gaya Hidup Berlebihan
    Yang dimaksud dengan gaya hidup berlebihan adalah gaya hidup yang konsumtif, pengeluaran yang nggak sesuai dengan pemasukan dan berakibat pada masalah keuangan. Makanya, kalo Kamu nggak ingin kondisi keuanganmu krisis, terapkan gaya hidup sederhana dan jangan menghambur-hamburkan uang untuk hal yang nggak penting.
  2. Gaji Habis, Nggak Sempat Menabung
    Menabung, meskipun kelihatannya simpel, tapi masih diremehkan banyak orang. Menghabiskan semua uang bulanan yang kamu punya tanpa menyisihkan sebagian bisa jadi bencana lho, karena Kamu tidak punya alokasi untuk hal-hal yang sifatnya mendadak dan nggak terduga. Coba deh mulai memprioritaskan untuk menyisihkan sebagian uangmu untuk ditabung. Nggak usah banyak-banyak kok, asal rutin dan bisa menyisihkan sebagian penghasilan, pasti kedepannya Kamu bakal rajin menabung.
  3. Terlilit Hutang
    Nggak ada yang salah dengan berhutang, kalo Kamu emang butuh dan bisa melunasi kewajibanmu nanti. Tapi beda dengan kebiasaan berhutang yang membuat orang bisa menunggak dan terlilit hutang, akibatnya lebih parah dari nggak punya uang lho. Kamu bisa aja dikejar-kejar penagih hutang, punya reputasi buruk di kantor atau lingkungan pertemanan, bahkan kondisi keuangan yang nggak sehat.
  4. Menggadaikan Hal Penting
    Rumah, mobil, atau barang mewah dan penting lainnya emang kadang sering kita jadikan barang jaminan untuk berbagai keperluan. Sadar nggak sih kalo nggak cermat, pemanfaatan hal-hal penting tersebut untuk menggelar acara pernikahan, bayar biaya kuliah, atau kepentingan lainnya bisa jadi salah satu masalah keuangan di masa depan. Kalo meleset sedikit, Kamu bisa kehilangan hal penting dalam hidupmu hanya karena nggak bisa mengatur kondisi keuangan lho. Kamu nggak mau hal itu kejadian dalam hidupmu, kan?

Makanya, hindari krisis keuangan dengan memahami 4 poin di atas supaya kondisi keuanganmu makin sehat!

mobile-closeKredit PintarDownload