Mengenal Apa Itu Bitcoin dan Cara Kerjanya

18 Mar 2021 by Laruan
Mengenal Apa Itu Bitcoin dan Cara Kerjanya

Apa itu bitcoin? Secara singkat, bitcoin adalah jenis dari cryptocurrency. Cryptocurrency merupakan mata uang digital. Seperti namanya, semua transaksi cryptocurrency dilakukan secara virtual melalui jaringan internet. Pada transaksi yang menggunakan cryptocurrency, hubungan hanya dilakukan melalui penjual dan pembeli, tidak ada perantara. Transaksi cryptocurrency tidak bisa dilakukan sembarang.

Pertanyaan apa itu bitcoin tidak hanya membahas tentang pengertiannya saja, melainkan pelaku transaksinya. Menjadi pelaku transaksi bitcoin tak lepas dari istilah penambangan, tambang, dan penambang. Memang cukup rumit jika membahasnya, namun akan dijelaskan satu persatu.

Penambangan Bitcoin (Bitcoin Mining)

Penambangan bitcoin merupakan cara untuk mendapatkan bitcoin. Proses dalam bitcoin dilakukan oleh komputer yang disebut sebagai penambang. Komputer yang digunakan harus bisa melakukan kalkulasi kompleks. Komputer harus bisa menyimpanan computing yang besar dan didukung oleh perangkat pendukung lainnya yang canggih.

Pembahasan apa itu bitcoin berlanjut tentang bagaiamana cara kerjanya. Bitcoin yang diyakini bisa menjadi investasi masa depan, membuat banyak orang penasaran terhadap cara kerjanya.

Cara Kerja Penambangan

Apa itu bitcon? Bagaimana cara kerjanya? Seperti penambangan emas atau mineral dalam tanah, cara kerja penambangan bitcoin juga sama. Perbedaannya, kegiatan penambangan dilakukan melalui server bitcoin. Penambangan atau mining bitcoin bekerja dalam proses verifikasi dan menciptakan bitcoin baru. Komputer yang digunakan untuk penambangan melakukan pengecekan pada setiap block di server.

Komputer mengawasi siaran transaksi melalui jaringan peer-to-peer dan melakukan pekerjaan tertentu. Tujuannya untuk memroses dan mengonfirmasi transaksi-transaksi di dalam server. Perlu diingat bahwa komputer yang digunakan haruslah yang canggih dan memiliki penyimpanan sangat besar.

Modal Bitcoin

Bitcoin bisa menjadi investasi. Sudah mulai banyak pelaku investasi bitcoin di Indonesia. Jika Anda tertartik dengan investasi bitcoin, Anda bisa mengumpulkan modal untuk memulai. Di Indonesia, dengan modal awal Rp 100.000, Anda bisa memulai bitcoin. Berbeda dengan investasi lain, dengan deposit awal Rp 100.000, Anda tidak mendapat 1  bitcoin, melainkan nol koma sekiannya.

Modal bitcoin bisa Anda dapatkan dengan berbagai cara. Sama dengan investasi lainnya, modal menjadi hal penting. Anda bisa menggunakan pinjaman online sebagai modal. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan melalui pinjaman online.

Pinjaman Online

Kredit Pintar, aplikasi pinjaman online tanpa ribet. Pencairan pinjaman mudah dan cepat. Pinjaman online tanpa ribet, hanya dalam 24 jam, pinjaman sudah bisa dicairkan. Tanpa jaminan, tanpa kartu kredit, tanpa perantara. Nominal pinjaman bisa disesuaikan.

kredit pintar

Modal yang Anda butuhkan untuk membeli bitcoin bisa didapatkan sesuai deposit yang direncanakan. Kredit Pintar sebagai pinjaman online tanpa ribet, transaksi dilakukan hanya melalui aplikasi yang bisa di download di google play. Transaksi pinjaman online dilakukan tanpa kartu kredit. Anda hanya perlu memberikan foto KTP pada saat registrasi online. Semoga sudah terjawab semua pertanyaan mengenai apa itu bitcoin dan cara kerjanya. Jika Anda tertartik dengan bitcoin, lebih baik lakukan riset terlebih dahulu. Ketahui kelebihan dan kekurangannya. Jangan sampai modal yang Anda kumpulkan terbuang begitu saja.

mobile-closeKredit PintarDownload